12 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Solusi SEVIMA • 11 Apr 2023

SEVIMAPay, Solusi Pembayaran Mudah dan Aman di Perguruan Tinggi

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM– Menjelang pergantian semester seperti saat ini, mahasiswa akan dihadapkan dengan pembayaran kuliah. Registrasi ulang dan pembayaran kuliah tidak hanya dilakukan oleh segelintir orang tetapi mencangkup seluruh mahasiswa.

Bayangkan saja, saat melakukan pembayaran secara manual, mahasiswa akan mengantre, mengisi berkas dan rentetan proses lainnya hingga pembayaran selesai. Tentu saja, prosedur tersebut akan sangat memakan waktu, padahal durasi yang tersedia sangat terbatas. 

Akibatnya, perguruan tinggi  yang masih  menggunakan sistem pembayaran manual akan rentan mengalami beberapa permasalahan, di antaranya.

Permasalahan Menggunakan Pembayaran Manual

 1. Mahasiswa Harus Mengantre Panjang

Saat melakukan pembayaran dengan sistem pembayaran manual, mahasiswa harus siap untuk berdiri dalam antrean panjang. Apalagi, jika kampus tersebut memiliki jumlah mahasiswa yang sangat banyak mulai dari ratusan hingga ribuan.

Dari segi kenyamanan, cara ini tidak terlalu efektif karena membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Baik mahasiswa maupun pegawai akan merasakan kelelahan.

2. Rentan Terjadi Kesalahan

Pembayaran dengan cara manual rentan terhadap human error. Banyaknya data yang harus di-input dengan segera sementara jumlah petugas minim, dapat berujung dengan salah input atau duplikasi data. 

Hal-hal seperti itu dapat menyebabkan data menjadi berantakan. Tentu saja, pegawai harus memperbaiki kesalahan pada data, yaitu dengan mengoreksi data secara berulang. 

3. Minimnya keamanan

Ketika mahasiswa melakukan pembayaran secara manual, maka mereka akan membawa uang tunai  dengan jumlah besar ke kampus. Hal ini sangat rentan terhadap pencurian karena minimnya keamanan.

Demikian pula, jika uang dibayarkan dari mahasiswa kepada pegawai tidak langsung disetor ke bank, maka akan rentan dicuri atau jumlahnya berkurang.

Pernahkah Anda mengalami permasalahan-permasalahan di atas saat menggunakan sistem pembayaran manual? Jika pernah, kini saatnya perguruan tinggi beralih menggunakan SevimaPay.

SevimaPay adalah solusi pembayaran mahasiswa yang mudah dan aman. Layanan pembayaran ini dapat dilakukan melalui bank terkemuka dan beberapa mitra. Jadi, bisa dipastikan Anda tidak akan mengalami permasalahan seperti poin-poin di atas.  

SevimaPay menawarkan berbagai keuntungan yang dapat memudahkan perguruan tinggi dalam proses pembayaran kuliah. Apa saja sih keuntungan yang bisa didapatkan? Simak di bawah ini ya. 

Keuntungan Menggunakan SevimaPay

1. Sangat Efisien

Dengan menggunakan SevimaPay, pembayaran kuliah dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Mahasiswa tidak perlu datang ke kampus hanya untuk melakukan pembayaran.

Bahkan, mahasiswa dapat melakukan pembayaran hanya dengan menggunakan handphone.  Tanpa perlu ribet, dalam hitungan detik pembayaran uang kuliah pun selesai.

2. Tersedia Banyak Cara Pembayaran

Terkait dengan poin sebelumnya, pembayaran secara online akan sangat memudahkan mahasiswa dan pegawai. Mahasiswa dapat melakukan pembayaran melalui teller bank, ATM, Mobile Banking dan saluran e-banking lainnya.  

Tidak hanya sampai di situ, mahasiswa juga dapat melakukan pembayaran melalui gerai ataupun e-commerce seperti Indomaret, Tokopedia, Shopee dan instansi lainnya.

3. Pencatatan Transaksi Realtime

Ketika  pembayaran dilakukan oleh mahasiswa, informasi pembayaran akan langsung diproses oleh sistem SevimaPay. Selanjutnya, Informasi pembayaran tersebut tersimpan di sistem keuangan mahasiswa. Data tersebut disimpan secara real time sehingga pengelola keuangan dapat langsung melihat data pembayaran mahasiswa.

4. Laporan Lengkap dan Akurat

Keuntungan lainnya yang akan dirasakan oleh pegawai kampus adalah pencatatan transaksi yang akurat. Terlebih lagi, Anda tidak perlu membuang waktu untuk melakukan pengecekan berkali-kali akibat data keselip ataupun catatan yang kurang.

Hasil pencatatan data yang akurat akan menghasilkan pelaporan yang baik dan tepat. Sehingga, pimpinan akan menerima laporan yang lengkap terkait semua transaksi yang telah dilakukan.

5. Aman dan Profesional

Dana yang ditransfer oleh mahasiswa langsung masuk ke rekening perguruan tinggi. Sehingga, dapat dipastikan bahwa dana tersebut akan aman dan tidak berpindah tangan.

Dengan adanya perkembangan teknologi, perguruan tinggi mendapatkan kesempatan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Semakin baik sistem yang digunakan, semakin tinggi kepercayaan masyarakat terhadap kredibilitas kampus tersebut. 

Pembayaran secara online dengan menggunakan SevimaPay dapat menjadi langkah baik bagi perguruan tinggi Anda untuk meningkatkan pelayanan, khususnya pembayaran yang aman dan mudah. Ingin segera merasakan manfaatnya? segera kunjungi di sevimapay.com.

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×