Kampus Merdeka | siAkad Cloud | Solusi SEVIMA

siAkad Cloud Siap Adaptasi Kebijakan Kampus Merdeka

SEVIMA.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejak 2020 kemarin telah mengeluarkan kebijakan yang diberi tajuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kebijakan ini dibuat atas dasar perkembangan industry dan teknologi yang selalu berubah dari waktu ke waktu.

Sehingga diharapkan dengan adanya kebijakan baru ini bisa membantu mahasiswa untuk bisa menghadapi kultur masyarakat serta industry yang selalu inovatif. Serta diharapkan agar mahasiswa nantinya lebih cepat mengenal dunia kerja dan bisa mengembangkan diri dengan lebih baik pada bidang yang diminati.

Kebijakan Kampus Merdeka merupakan lanjutan dari konsep Merdeka Belajar. Pelaksanaannya hanya mengubah peraturan menteri, tidak sampai mengubah Peraturan Pemerintah atau Undang-Undang.

Inilah 4 poin kebijakan Kampus Merdeka :

1. Pembukaan prodi baru

Program ini memberikan otonomi kepada PTN (Negeri) maupun PTS (Swasta) untuk membuka program studi baru.

Namun otonomi ini tak cuma-cuma diberikan. PTN dan PTS harus memiliki akreditasi A dan B, dan telah melakukan kerja sama dengan universitas yang masuk dalam QS Top 100 World Universities. Pengecualian untuk prodi kesehatan dan pendidikan.

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Sistem Career Center & Tracer Study

2. Sistem akreditasi Perguruan Tinggi

Program re-akreditasi akan bersifat otomatis untuk seluruh peringkat dan bersifat sukarela untuk perguruan tinggi dan prodi yang sudah siap naik peringkat.

Sedangkan akreditasi yang sudah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), tetap berlaku hingga 5 tahun namun akan diperbaharui secara otomatis. Pengajuan akreditasi Perguruan Tinggi dan Prodi dibatasi paling cepat 2 tahun setelah akreditasi sebelumnya.

3. Kemudahan menjadi PTN-BH

Kebijakan ini terkait kebebasan bagi PTN Badan Layanan Umum (BLU) dan Satuan Kerja (Satker) menjadi PTN Badan Hukum (PTN-BH). Kemendikbud akan mempermudah persyaratannya tanpa terikat status akreditasi.

Baca juga: Agar Bisa Menjadi PTN-BH, Kampus Harus Punya Manajemen Keuangan yang Baik

4. Hak belajar 3 semester di luar prodi

Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah di luar prodi dan melakukan perubahan definisi Satuan Kredit Semester (SKS). Perguruan tinggi wajib memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela, jadi mahasiswa boleh mengambil ataupun tidak SKS di luar kampusnya sebanyak dua semester atau setara dengan 40 SKS.

Ditambah, mahasiswa juga dapat mengambil SKS di prodi lain di dalam kampusnya sebanyak satu semester dari total semester yang harus ditempuh. Ini tidak berlaku untuk prodi kesehatan. Di sini pengertian SKS diartikan sebagai ‘jam kegiatan’, bukan lagi ‘jam belajar’. Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan di kelas, magang, praktik kerja industri, riset, studi independen, dan lainnya.

siAkad Cloud Adaptasi Kebijakan Pendidikan Terbaru Kampus Merdeka

Dengan adanya kebijakan baru ini tentunya banyak memberikan kesempatan, baik itu bagi mahasiswa maupun Perguruan Tinggi tersebut untuk lebih berkembang. Setelah kebijakan ini keluar maka SEVIMA sebagai pengembang sistem informasi di Perguruan Tinggi mulai menyesuaikan diri.

Tim SEVIMA saat ini sedang merancang fitur terbaru untuk siAkad Cloud sebagai bentuk adaptasi adanya kebijakan Kampus Merdeka, dimana nantinya kampus bisa memanfaatkan siAkad Cloud untuk mendata mahasiswa bisa belajar lintas prodi di dalam Universitas yang sudah menggunakan siAkad Cloud.

Baca juga: Update Patch PDDikti Feeder 4.0, Apa Saja yang Baru?

Bahkan saat ini, siAkad Cloud telah disesuaikan dengan kebutuhan pelaporan perguruan tinggi yaitu PDDIKTI Feeder 4.0 Kampus Merdeka. Sehingga pelaporan perguruan tinggi yang sudah menggunakan siAkad Cloud tidak pusing lagi terkait pelaporan ke PDDikti terkait implementasi Kampus Merdeka di kampusnya.

Apakah kampus Anda sedang menuju penerapan Kampus Merdeka, dan mencari sistem yang dapat memudahkan dalam menjalankannya? siAkad Cloud siap mendukung perguruan tinggi di Indonesia menjalankan Kampus Merdeka dengan lancar dan terlapor dengan baik di PDDikti. siakadcloud.com

Bagikan artikel ini

Komentar