Dunia Kampus | Tips & Trik

Siapkan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Mengikuti Kegiatan Magang

SEVIMA.COM – Selain melakukan kegiatan organisasi, mahasiswa biasanya juga melakukan kegiatan magang pada semester akhir. Kegiatan ini tentunya sangat berguna dan bermanfaat untuk mengasah skill mahasiswa. Terutama mengasah skill di dalam dunia kerja agar mahasiswa tahu dan mampu menghadapi dunia kerja dengan baik.

Sayangnya, masih ada dari kamu yang mungkin masih bingung atau belum tahu tentang apa saja yang disiapkan saat magang. Nah, Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan sebelum magang.

1. Cari informasi dan detail perusahaan tempat magang

Sebelum melakukan kegiatan magang, hendaknya kamu harus mencari tahu mengenai perusahaan yang akan kamu tuju. Carilah detail informasi mengenai perusahaan terkait. Pastikan dulu perusahaan yang akan kamu tuju memiliki kuota untuk magang atau tidak. Setelah itu segeralah catat mengenai prosedur yang harus kamu penuhi bilang akan magang di tempat tersebut.

2. Cari informasi detail pekerjaan yang kamu pilih

Jika kamu sudah tahu mengenai detail perusahaan, sekarang tugas kamu adalah mencari informasi mengenai tugas yang akan kamu kerjakan selama magang. Dengan mengetahui detail job description dan informasi mengenai pekerjaan saat magang, maka kamu akan tahu bagaimana gambarannya. Jangan lupa untuk selalu belajar di setiap kegiatan yang kamu lakukan. Yang seperti ini sangat bermanfaat, lho.

Baca juga: SEVIMA EdLink: Metode Baru Menjalankan Perkuliahan

3. Persiapkan proposal dan laporan kegiatan magang

Proposal dan laporan kegiatan magang biasanya dibutuhkan oleh setiap mahasiswa yang akan magang. Tujuannya adalah agar mahasiswa tersebut benar-benar mendapatkan izin dari kampus untuk mengikuti kegiatan magang tersebut. Di beberapa Perguruan Tinggi biasanya proposal dan laporan kegiatan ini juga digunakan untuk kepentingan penilaian dari pihak kampus. So, pastikan proposal dan laporan kegiatan magang ini dengan baik dan benar ya.

4. Persiapkan dokumen pribadi yang dibutuhkan

Setiap kegiatan magang, pasti membutuhkan data pribadi dari setiap peserta. Beberapa data yang harus kamu siapkan seperti Curriculum Vitae (CV), KTP, kartu mahasiswa, kartu keluarga dan pas foto. Beberapa perusahaan juga membutuhkan surat keterangan sehat dari rumah sakit atau dokter, lho. Jadi siapkan aja deh data tersebut sebelum kamu apply untuk magang. Nah, makanya siapkan datanya ya, jangan sampai terhambat ya gara-gara kamu gak prepare.

5. Persiapkan finansial dengan baik

Siapa bilang kalau magang gak butuh mempersiapkan finansial? Saat magang kamu harus menyiapkan budget yang pas. Karena beberapa kegiatan magang biasanya dilakukan di luar kota, jadi kamu harus mempersiapkan masalah finansial ini dengan baik. Pikirkan dengan matang mengenai kos, biaya makan, dan biaya transportasinya. Jangan sampai kamu gak menyiapkan sama sekali.

6. Persiapkan mental dan target kerja

Selain menyiapkan dokumen dan data, kamu juga harus menyiapkan mental. Lingkungan kerja sangat beda dengan lingkungan di dunia kampus. Di lingkungan kerja, kamu diwajibkan untuk memiliki target dan sasaran yang pas. Biasakan dirimu untuk memiliki target dan tujuan saat menjalani pekerjaan di tempat magang. Agar kamu tidak kaget, hendaknya kamu harus mempersiapkan sedini mungkin, yah.

Itulah 6 tips yang bisa kamu terapkan ketika akan magang. Utamakan prepare yang matang agar kegiatan magangmu berjalan lancar. Jangan sampai kegiatan magangmu terhambat gara-gara kamu gak prepare ya. Good Luck!

Bagikan artikel ini
Premium WordPress Themes DownloadDownload Best WordPress Themes Free DownloadDownload Nulled WordPress ThemesDownload Premium WordPress Themes Freeudemy free downloaddownload intex firmwareDownload Premium WordPress Themes Freelynda course free download

Komentar