Akreditasi | SIM SEVIMA | Success story

Simulasi Penilaian Akreditasi, Permudah Prodi Menyusun Borang Akreditasi

SEVIMA.COM – Sevima menyelenggarakan Bimbingan Teknis penggunaan simulasi siakad akreditasi secara daring, Kamis (4/2/2021). Kegiatan ini dihadiri Tim LPM IAIN Parepare yakni, Kepala LPM Dr. Herdah, Kepala Pusat Akreditasi Islamul Haq, dan penjaminan mutu FUAD Sulvinajayanti.

Simulasi penilaian akreditasi menggunakan aplikasi siakad ini dibimbing langsung oleh Rima Ika sebagai product consultan dari sevima. Rima Ika memaparkan tujuan simulasi penilaian akreditasi cloud sevima di antaranya, prodi atau perguruan tinggi dapat melakukan uji coba penilaian sesuai matriks Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tujuannya agar mengetahui gambaran nilai dan peringkat akreditasi prodi ataupun Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).

Baca juga : Yuk Targetkan Akreditasi Unggul dengan “Simulasi Penilaian Akreditasi”

Kedua, simulasi bertujuan sebagai evaluasi indikator-indikator nilai BAN-PT sehingga nilai yang masih diasumsikan belum maksimal dapat dilakukan perbaikan sebelum pelaksanaan akreditasi oleh BAN-PT.

Ketiga, simulasi itu dapat digunakan sebagai audit mutu internal, agar indikator sesuai dengan BAN-PT.
Sulvinajayanti usai mengikuti kegiatan tersebut membeberkan sejumlah kelebihan aplikasi dalam menunjang akreditasi.

“Kemarin ikut bimbingan simulasi sangat baik karena penilaian asesor internal disesuaikan dengan lembar penilaian asesor BAN-PT. Aplikasinya keren dan selalu update dengan perkembangan di BAN-PT, paling menarik karena lembar penilaian aplikasi sama dengan lembar penilaian Asesor BAN-PT,” urai Sulvinajayanti.

Ketua Pusat Lembaga Penjaminan Mutu juga menyampaikan keunggulan akreditasi cloud dengan fasilitas simulasi penilaian borang. Herdah mengungkapkan bahwa aplikasi sangat bagus. “Jadi setelah mengikuti simulasi akreditasi siakad cloud menurut saya sepertinya lebih praktis dan meringankan prodi yang akan diakreditasi. Harapannya aplikasi ini betul-betul dapat digunakan dalam persiapan akreditasi prodi ke depan,” harap Herdah. (nhq/mif)

Sumber Artikel: http://www.iainpare.ac.id/simulasi-siakad-akreditasi-permudah-prodi-menyusun-borang-akreditasi/

Bagikan artikel ini

Komentar