Akreditasi | siAkad Cloud

Keren! Ada “Simulasi Penilaian Akreditasi” di Sistem SEVIMA Akreditasicloud

SEVIMA.COM – Semua kampus berpeluang untuk akreditasi A (Unggul). Namun, untuk mewujudkannya perguruan tinggi atau program studi harus secara aktif membangun sistem penjaminan mutu internal. Dan untuk membuktikan bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar, program studi harus diakreditasi oleh Lembaga penjaminan mutu eksternal dalam hal ini BAN-PT.

Kriteria untuk mengevaluasi dan menilai komitmen tersebut dijabarkan dalam sejumlah standar akreditasi beserta parameternya (Instrumen Akreditasi BAN PT Terbaru). Namun, seringkali nilai akreditasi yang diperkirakan suatu perguruan tinggi lebih buruk dari nilai resmi yang dikeluarkan oleh BAN-PT. Mengingat banyaknya aspek atau penilaian instrumen akreditasi, perguruan tinggi tidak dapat mengantisipasi jatuhnya beberapa poin akreditasi pada beberapa instrumen tertentu. 

Oleh karena itu, diperlukan suatu alat bantu yang diharapkan mampu membantu di dalam penilaian instrumen akreditasi perguruan tinggi atau program studi, sehingga suatu perguruan tinggi dapat memperhitungkan terlebih dahulu skor akreditasi yang akan diperoleh dengan menggunakan bantuan sistem sebagai alat simulasi penilaian instrumen akreditasi perguruan tinggi program studi ini. Sehingga, akhirnya nilai akreditasi yang diperoleh sesuai harapan.

Apa itu Alat Bantu “Simulasi Penilaian Akreditasi”?

Untuk membantu perguruan tinggi dan prodi, SEVIMA Akreditasi Cloud telah mengembangkan modul “Simulasi Penilaian Akreditasi” yang dapat digunakan untuk uji coba melakukan penilaian atau asesmen akreditasi program studi atau perguruan tinggi terkait isian laporan kinerja dan evaluasi diri sesuai Indikator yang dinilai berdasar pada matriks penilaian BAN PT. Seperti gambar berikut:

Apa Manfaat Alat Bantu “Simulasi Penilaian Akreditasi” untuk Perguruan Tinggi?

Selain untuk untuk uji coba melakukan penilaian atau asesmen akreditasi program studi dan perguruan tinggi, fitur “Simulasi Penilaian Akreditasi” juga dapat membantu kampus untuk: 

1. Mengetahui gambaran nilai akreditasi yang diperoleh hingga peringkat akreditasi yang akan didapatkan oleh Prodi atau PT.

2. Dapat digunakan sebagai bahan evaluasi pada indikator yang nilainya masih kurang, sehingga bisa ditingkatkan untuk pengajuan akreditasi.

3. Dapat digunakan sebagai audit mutu internal oleh PT atau prodi sehingga poin-poin audit sudah sesuai dengan poin akreditasi.

Dengan adanya modul ini, diharapkan bisa membantu semua program studi atau perguruan tinggi di Indonesia mendapatkan akreditasi yang maksimal yaitu A (unggul). Itulah persembahan tim SEVIMA, untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi di Indonesia. Anda bisa mendapatkan Alat Bantu “Simulasi Penilaian Akreditasi” di akreditasicloud.com, selamat mencoba!

Bagikan artikel ini

Komentar