4 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 24 Aug 2023

Sistem Informasi Akademik yang Sudah Support Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM)

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Sistem Informasi Akademik (SIA) merupakan layanan yang wajib digunakan untuk mendukung perguruan tinggi dalam pengelolaan data dan informasi. Ibaratnya, seperti otak yang menyimpan ingatan dan pengetahuan, sistem ini dapat menyimpan data lengkap aktivitas mahasiswa seperti data pribadi, Kartu Rencana Studi (KRS), transkrip akademik, dan data pendukung lainnya. Selanjutnya, data  yang tersedia dapat digunakan untuk evaluasi internal atau mendukung akreditasi program studi melalui Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Akreditasi menjadi penilaian yang digunakan untuk menentukan kelayakan Perguruan Tinggi dan program studi dengan melalui serangkaian proses mulai dari pengajuan dokumen, audit oleh asesor, hingga akhirnya keluar hasil akreditasi. Terdapat beberapa kriteria akreditasi berdasarkan Permendikbud No. 5 tahun 2020, meliputi Unggul, Baik Sekali, Baik, dan tidak terakreditasi. Tentu perguruan tinggi yang memiliki akreditasi yang unggul dapat meningkatkan citra perguruan tinggi.

Baca juga : Jangan Salah! Status Akreditasi Kampus Tak Lagi Model A, B, dan C Tapi?

Tantangan Akreditasi LAM di Indonesia

Kenyataannya, pengelolaan data yang buruk bisa menimbulkan banyak tantangan dalam hal akreditasi kampus. Permasalahan yang sering muncul di perguruan tinggi pada momentum akreditasi yaitu tidak tersedianya data atau data tercecer. Hal ini dapat disebabkan karena banyaknya data yang harus diproses namun waktu yang tersedia sangat singkat. Contohnya menjelang semester baru dimulai, Admin perguruan tinggi akan disibukkan mendata informasi pribadi mahasiswa, mata kuliah, jadwal kuliah, transkrip nilai, dan masih banyak lainnya. Ini baru segelintir dari banyaknya aktivitas akademik dan non akademik yang harus dicatat.

Mirisnya lagi, disadur dari Statistik Pendidikan Tinggi 2020, berdasarkan kelompok perguruan tinggi, prodi pada Perguruan Tinggi Kementerian (PTK), Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dominan berakreditasi B, sedangkan untuk PTA dominan belum terakreditasi. PTN, PTK dan PTS sudah memiliki prodi yang terakreditasi unggul. Akan tetapi PTA, PTK, PTN dan PTS masih terdapat prodi yang belum terakreditasi.

Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi di Indonesia

Sumber: Statistik Pendidikan Tinggi 2020

Fakta-fakta tersebut membuka pandangan kita bahwa pentingnya pengolahan data akademik dan non akademik yang tersistem efektif dan efisien. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem terintegrasi yang dilengkapi fitur-fitur yang dapat memudahkan perguruan tinggi dalam proses akreditasi.

Sistem Informasi Akademik yang sudah support Akreditasi LAM

SEVIMA Platform menyediakan sistem yang sudah dilengkapi fitur-fitur yang up-to-dete untuk mengikuti perkembangan peraturan dan kebijakan pemerintah dalam pendidikan tinggi. Sistem ini sangat sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi karena sudah dilengkapi fitur export data ke format database yang digunakan untuk pelaporan DIKTI ataupun akreditasi. Alhasil, Admin perguruan tinggi perlu repot-repot untuk memasukkan data secara berulang saat dibutuhkan.

Berikut adalah beberapa keunggulan SEVIMA Platform yang sudah support Akreditasi LAM:

1. Alat Rekam Segala Aktivitas Kampus

Setiap kegiatan akademik dan non akademik akan masuk dan tercatat di SEVIMA Platform  sehingga semua data dapat dengan mudah diakses kembali. Admin perguruan tinggi tidak perlu khawatir kalau akan ada data  luput atau terlewat karena semua sistem sudah bekerja otomatis.

2. Selalu Up-to-date dengan Regulasi 

SEVIMA Platform memiliki sistem informasi pengelolaan perguruan tinggi yang terbukti terpercaya dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan perubahan regulasi yang berlaku. Dengan tetap mematuhi peraturan dan mengikuti segala arahan dapat menunjukkan komitmen perguruan tinggi untuk mencapai akreditasi unggul.

3. Langsung Terintegrasi dengan PDDIKTI

Pelaporan PDDIKTI yang tertunda atau tidak lengkap, maka hasil akreditasi bisa tertunda atau bahkan tidak dikeluarkan. Itu menunjukkan pentingnya pelaporan PDDIKTI untuk mendorong kesuksesan akreditasi LAM. Namun Anda tidak perlu khawatir, proses penginputan data sudah melalui sistem yang sudah terintegrasi, jadi tidak perlu pendataan berulang. Tentu, lebih hemat waktu dan tenaga, bukan?

Tidak berhenti disitu saja, sistem ini juga sudah dilengkapi dengan simulasi akreditasi yang dapat memberikan kesempatan Anda untuk mencoba melihat hasil akreditasi melalui simulasi yang disediakan SEVIMA Platform.

Baca juga: Pedoman Penting Pelaksanaan Penjaminan Mutu untuk Akreditasi

Banyak keunggulan Sistem Informasi Akademik SEVIMA Platform untuk support akreditasi LAM. Sudah praktis dalam membuat laporan, juga dapat  membuat borang untuk persiapan akreditasi atau reakreditasi. Jadi, yuk beralih menggunakan Sistem Informasi Akademik SEVIMA Platform yang sudah terintegrasi. Hubungi kami melalui https://wa.me/6282261610404 dan kunjungi https://sevima.com/, tim kami akan siap menjawab pertanyaan Anda.

Gambar: Canva.com

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×