Aplikasi Online | Solusi SEVIMA | Teknologi

Siap-siap, Sistem Proctoring (Pengawasan Ujian) Akan Hadir di SEVIMA EdLink

SEVIMA.COM – Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan wajib dalam perkuliahan. Evaluasi berguna untuk mengukur pemahaman mahasiswa atas materi kuliah. Ada banyak cara untuk melakukan evaluasi pembelajaran, diantaranya menggunakan ujian, tes atau kuis.

Perkuliahan secara online membuat kita merasa pesimis akan pelaksanaan evaluasi pembelajaran ini. Banyak yang beranggapan jika pelaksanaan ujian atau tes online tidak begitu efektif. Alasannya, banyak peluang kecurangan yang nantinya akan terjadi, karena mahasiswa yang melakukan ujian online belum tentu mengerjakan sendiri bisa juga diwakilkan, istilah anak muda sekarang “di joki”.

Banyak dosen di perguruan tinggi juga meresahkan hal yang sama. Untuk mengatasi masalah tersebut, sistem manajemen pembelajaran online SEVIMA EdLink akan mengeluarkan fitur yang sangat menarik yaitu Proctoring/Pengawasan Online.

Sebelum adanya fitur Proctoring/Pengawasan Online ini, SEVIMA EdLink juga telah menyediakan fitur yang berguna untuk meminimalisir kecurangan dalam kegiatan kuis online yaitu pendeteksi kecurangan. Fitur ini mencegah mahasiswa melakukan kecurangan seperti perpindahan tab untuk melakukan browsing jawaban, atau membuka ebook materi. Nah untuk melengkapi itu, SEVIMA EdLink akan mengeluarkan fitur Proctoring/Pengawasan Online.

Apa itu Proctoring/Pengawasan Ujian di SEVIMA EdLink?

Sistem Online Proctoring adalah sebuah sistem pengawasan online yang dilakukan dengan cara memfoto wajah peserta ujian melalui kamera smartphone atau webcam. Ini dilakukan dengan menggunakan cloud service yang dapat mengirimkan foto ke server. Kemudian dosen atau pengawas ujian dapat membuka di komputer yang memiliki akses.

Dengan teknologi pemeriksaan foto ini, pengawas bisa langsung memverifikasi identitas mahasiswa dengan memeriksa ID foto dan kemudian memastikan pedoman integritas akademik diikuti selama ujian.

Setelah ujian selesai, laporan rinci dan optimal dari sesi pengawas diberikan kepada administrator ujian (yaitu fakultas, administrasi, dll) untuk ditinjau. Instruktur dan administrator dapat masuk ke dasbor ulasan Proctoring di fitur kuis untuk menyortir dan melihat hasil dengan mudah.

Semoga fitur Proctoring/Pengawasan Online di aplikasi SEVIMA EdLink menjadi solusi kita bersama untuk memudahkan perkuliahan online dan meminimalisir kecurangan mahasiswa dalam melakukan ujian online. Bagaimana kampus Anda siap melakukan perkuliahan online yang optimal? yuk bergabung dengan 200 perguruan tinggi yang telah merasakan kemudahan kuliah online dengan SEVIMA EdLink.

Bagikan artikel ini

Komentar