7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 18 May 2022

Stop! Ini Dia 5 hal yang Bikin Gagal UTBK!

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – UTBK lagi dimulai nih dari hari Selasa (18/05) kemarin. Buat kamu yang belum mengikuti tes UTBK, pastinya kamu bisa melakukan beberapa persiapan penting sebelum mengikuti tes tersebut. Nah, biar kamu gak gagal saat melakukan tes, pastinya ada beberapa arahan penting yang harus diperhatikan. 

Terkadang beberapa arahan penting tersebut seringkali disepelekan oleh para pendaftar nih. Ini nih yang sering kali bikin kamu gagal dalam mengikuti UTBK SBMPTN. Mau tahu apa saja sih yang bikin kamu gagal? Yuk simak ulasan di bawah ini. 

Baca juga: Siap Lolos PTN: 5 Persiapan UTBK-SBMPTN 2022

5 Hal yang Menyebabkan Gagal UTBK

1. Terlalu santai

Menjelang UTBK pastinya kamu harus menyiapkan beberapa hal penting. Sayangnya tak semua orang melakukan persiapan dengan detail. Banyak di antara mereka yang terlalu santai saat melakukan persiapan UTBK tersebut. Alhasil banyak hal yang terlewatkan akibat terlalu santai. 

2. Pola belajar yang salah

Buat kamu yang belum tes, jangan terlalu memforsir kondisi kamu. Ini akan memperburuk kondisi yang ada. Kamu akan sakit dan bisa membuat ujian yang kamu lakukan gagal total. Duh, jangan sampai dong!

Makanya, meskipun ujian sudah di depan mata, kamu harus belajar dengan cara smart. Kamu bisa membaca ulang dengan santai materi yang ada. Dengan begitu kamu tetap belajar namun dengan kondisi yang lebih santai. 

3. Tidak memperhatikan informasi

Tidak memperhatikan informasi yang ada sama saja tidak mempersiapkan tes dengan baik. Dengan memperhatikan informasi yang ada sama saja dengan memaksimalkan peluang sebelum kamu bertanding di UTBK 2022 ini. 

Jadilah seseorang yang aktif mencari informasi terkait materi dan sistem ujian yang akan dikerjakan. Jadi ketika ujian nanti kamu gak akan bingung saat mengerjakannya. 

4. Tidak percaya diri saat ujian

Waduh, masalah gak percaya diri saat ujian sih bikin kamu gagal total. Makanya kamu harus benar-benar yakin dengan kemampuan yang kamu miliki. 

Sekali kamu tidak yakin dengan kemampuan yang ada, maka akan membuat kamu ragu saat melakukan tes yang akan kamu hadapi. Yaps, faktor tidak percaya diri ini bisa membuat sebuah kesempatan sirna begitu saja. 

5. Tidak membawa dokumen lengkap

Seperti yang dibahas pada poin ketiga, memperhatikan informasi adalah sangat penting saat mengikuti tes. Biasanya dokumen ini diinformasikan melalui informasi yang sudah diumumkan sebelum ujian. 

Nah, dokumen ini merupakan sebuah kelengkapan yang harus kamu bawa saat mengikuti tes. Jika kamu tidak memperhatikan dengan baik, maka kamu tidak bisa membawa kelengkapan dokumen tersebut. Sementara dokumen ini sangat penting sekali sebagai syarat wajib kamu ujian. Satu dokumen saja yang tidak kamu bawa saat ujian, maka akan menggagalkan keikutsertaan kamu saat UTBK. 

Baca juga: Jadwal Lengkap UTBK-SBMPTN 2022: Syarat, Materi & Biaya Pendaftaran

Jadi gimana nih sobat, sudah paham kan dengan 5 hal yang bikin gagal saat kamu ujian? So, buat kamu yang belum mengikuti ujian, kamu harus bersiap dengan baik agar ujian kamu tidak gagal akibat kecerobohan kamu. Yuk semangat sobat! Perjuangan tinggal sebentar lagi nih. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×