Dunia Kampus | Solusi SEVIMA | Tips & Trik

STOP Krisis Kampus Gara-gara Pendaftar Mahasiswa Baru Merosot Tajam

SEVIMA.COM – Penerimaan mahasiswa baru sudah menjadi agenda wajib bagi perguruan tinggi. Pada tahun akademik 2020/2021 lalu, Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI), Budi Djatmiko mengeluhkan, jumlah pendaftar mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) merosot akibat pandemi virus korona (covid-19).

Bahkan hasil konfirmasi dari beberapa perguruan tinggi swasta, jumlah pendaftar mahasiswa baru tahun 2020 mengalami penurunan lebih dari 25 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kita Tidak Ingin Hal Itu Terulang, Kita Harus Berinovasi!

Untungnya, kita hidup di zaman yang serba digital. Dengan teknologi, kampus bisa melakukan inovasi-inovasi untuk menjawab tantangan tersebut. Lalu, inovasi apa yang dapat menarik minat calon mahasiswa baru agar mendaftar di perguruan tinggi Anda. 

1. Gunakan Digital Marketing untuk Promosi Kampus

Di situasi sekarang promosi dengan konvensional tidak memungkinkan, salah satu solusinya adalah memanfaatkan teknologi digital yang mudah dijangkau oleh banyak orang. Seperti melakukan promosi di sosial media, membuat video di youtube dan juga membuat artikel untuk menarik pembaca di Google.

2. Permudah Cara Penerimaan Mahasiswa Baru

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mempermudah jalur penerimaan mahasiswa baru, karena di situasi saat ini tidak memungkinkan untuk keluar rumah dan datang ke kampus untuk melakukan pendaftaran di kampus.

Sudah semestinya kampus menerapkan sesegera mungkin penerimaan mahasiswa baru dengan cara online atau sering dikenal dengan PMB online. PMB online ini sangat memudahkan para pencari kampus dan juga memudahkan perguruan tinggi.

3. Permudah Proses Pembayaran

Berikutnya yang harus dilakukan kampus adalah mempermudah proses pembayaran, karena pembayaran yang menyulitkan akan membuat calon pendaftar enggan melakukan pembayaran dan akhirnya tidak jadi daftar di kampus Anda.

Pembayaran online bisa menjadi solusi yang tepat untuk situasi sekarang ini, tidak mengharuskan tatap muka untuk melakukan pembayaran. Tiga strategi itu wajib hukumnya kalau kampus Anda ingin menghindari krisis gara-gara pendaftar mahasiswa baru merosot tajam. Permudah PMB online dan pembayaran online di kampus Anda dengan siAkad Cloud

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar