Dunia Kampus | Featured | Lawan Covid-19

Strategi Kampus Menghadapi Wabah Covid-19

SEVIMA.COM – Semua perguruan tinggi pasti sudah mempunyai planning matang untuk menghadapi tahun ajaran baru 2020. Namun, dengan adanya Wabah Covid-19 ini tentu rencana-rencana perguruan tinggi harus berbelok tajam. Seperti rencana akreditasi, rencana penerimaan mahasiswa baru, dll., semua jadi tertunda dan tidak optimal.

Adanya Wabah Covid-19 ini mengharuskan perguruan tinggi menyusun strategi yang berbeda untuk menghadapinya. Namun, masih banyak perguruan tinggi yang mungkin bingung untuk membuatnya? Untuk itu, pada tanggal 7 April 2020 kemarin, tim SEVIMA mengadakan Webinar dengan mengangkat tema bagaimana strategi kampus menghadapi wabah Covid-19 ini.

Webinar ini diperuntukan untuk mewadahi pimpinan kampus berdiskusi untuk penyusunan strategi. Salah satu narasumber Bapak Ari Wibowo selaku Direktur LPP Jogja memberikan materi penting yang bisa dijadikan referensi untuk perguruan tinggi lain, berikut strategi yang diterapkan Bapak Ari Wibowo di Kampus LPP Jogja.

1. Keselamatan dan kesehatan mahasiswa

Melihat situasi penyebaran Covid-19 semakin merajalela, keselamatan dan kesehatan mahasiswa harus diutamakan. Berikut kebijakan-kebijakan yang diambil LPP Jogja untuk keselamatan mahasiswa, seperti:

  1. Penerapan kuliah online s.d. 7 Juni 2020
  2. Pembuatan satgas COVID-19
  3. Penetapan Prosedur Covid-19 di Asrama
  4. Prosedur Pulang kampung untuk mahasiswa

2. Keselamatan dan Kesehatan Dosen

Bukan hanya mahasiswa, keselamatan dan kesehatan dosen dan para pegawai di LPP Jogja menjadi prioritas. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kerja dari rumah
  2. Prosedur masuk ke kantor
  3. Satgas Covid-19 memantau kondisi kesehatan keluarga
  4. Penugasan pelaksanaan program

3. Kuliah dan Ujian Online

Yang tidak boleh ketinggalan lagi tentu kebijakan tentang proses belajar mengajar, kebijakan yang bisa diambil seperti: 

  1. Kuliah online dengan Platform (EdLink, GCR, Siakad, Zoom, WA)
  2. Meminimalisir tugas
  3. Mengutamakan kuliah Asinkron
  4. UTS : Online dan Take Home

4. Praktik, PKL, Magang dan TA

Strategi selanjutnya yang bisa diterapkan kampus untuk solusi tugas akhir sebagai berikut:

  1. Seluruh Praktikum ditunda, direncanakan setelah 7 Juni
  2. Pengembangan program pengganti PKL dan magang
  3. Modifikasi tugas akhir

Itulah beberapa strategi yang bisa dijadikan referensi untuk perguruan tinggi anda dalam menghadapi Wabah Covid-19 ini. Memang untuk menghadapi Covid-19 ini berbagai solusi harus dilakukan tak terkecuali solusi keuangan yang harus dilakukan untuk mengantisipasi hal buruk lainnya yang bisa saja terjadi ke depan.

Bagi perguruan tinggi yang ingin mendapat bantuan pinjaman pembiayaan untuk kelangsungan operasional dan peningkatan kualitas belajar mengajar atau fasilitas kampus bisa langsung bekerja sama dengan Pintek. Pintek, sebagai perusahaan financial technology yang memiliki fokus terhadap pendidikan, bersedia memberikan pendanaan kepada seluruh lembaga pendidikan dalam penanganan COVID-19 untuk melanjutkan operasional serta peningkatan kualitas belajar mengajar melalui fasilitas yang memadai.

Sejak Oktober 2018, Pintek sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan berkomitmen menjadi penggerak dalam transformasi pendidikan melalui inovasi keuangan. Jika ingin berdiskusi dan mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi Pintek di 021 – 30060799 atau whatsapp di: bit.ly/081211833340

Bagikan artikel ini

Komentar