Beasiswa | Siaran Pers

Strategi Memenangkan Hibah Penelitian Nasional dan Internasional

SEVIMA.COM – Sebagai seorang dosen, melakukan sebuah penelitian memang menjadi sebuah kewajiban. Sebuah penelitian ini bisa dibilang sebagai salah satu bentuk abdi seorang dosen kepada negeri terutama dalam bidang ilmu dan research. 

Untuk bisa mendapatkan hasil penelitian yang sukses, seorang peneliti harus memiliki strategi tepat dalam proses pelaksanaan penelitian. Menurut Assoc. Prof. Wahyudi Agustiono, M.Sc., Ph.D, Dosen Universitas Trunojoyo Madura, hal utama yang bisa dimiliki adalah menguatkan passion.

“Passion adalah kunci paling utama jika Anda ingin melakukan sebuah penelitian. Kalau bisa dibilang passion ini seperti istilah bonek. Yang mana keinginan yang kuat harus disertai dengan usaha maksimal,” ujar peraih Australian Grant Scheme 2018/2019 saat Webinar SEVIMA Selasa (12/10) lalu. 

Baca juga: Tips Membuat Proposal Hibah Penelitian dari Reviewer Hibah Nasional

Lantas bagaimana strategi yang tepat untuk mendapatkan hibah penelitian tersebut?

Dalam informasi yang disampaikannya, ada beberapa hal yang harus ditata untuk memenangkan hibah penelitian tersebut. Berdasarkan hasil pengalaman yang pernah dilakukan oleh Wahyudi, ada beberapa poin yang harus diperhatikan ketika merancang sebuah proposal penelitian. 

1. Seorang dosen harus mampu mempelajari terlebih dahulu sebuah alur dari penelitian. 

Di sini dosen bisa belajar dari pengalaman yang sudah dilakukan tersebut. Roadmap ini bisa menjadi salah satu kunci untuk menyatakan arah dan tujuan kemana larinya penelitian yang Anda lakukan. 

2. Dosen harus melakukan sebuah penelitian terapan. 

Yang mana penelitian terapan ini dapat membantu dosen untuk melakukan publikasi. 

3. Dosen harus melakukan follow up dari rencana project yang sudah dilakukan tersebut.

Agar proses penelitian tersebut bisa berjalan dengan lancar, dosen harus follow up terkait rencana proyek. Terlebih jika karya tersebut sangat berpengaruh besar terhadap hasil yang terbaik. 

4. Harus dikenal media massa

Dosen tak hanya persiapan saja. Namun menurut Prof. Wahyudi, sebuah proses pemenangan hibah juga akan lebih lengkap jika dikenal oleh media massa. Media massa ini akan membantu penelitian Anda menjadi lebih mudah untuk disebarluaskan manfaatnya kepada banyak pihak. 

Prof. Wahyudi mengatakan, proses hibah penelitian kelas Internasional akan lebih menantang dan menarik untuk diikuti. Bagaimana tidak, tak hanya mendapatkan penelitian dan ilmu saja yang didapat. Namun Anda juga lebih mudah mendapatkan relasi yang cukup luas. 

Baca juga: 10 Kampus Terbaik di Indonesia Berdasarkan Kinerja Penelitian

Apa saja yang diperlukan untuk pendanaan nasional atau internasional?

Lagi-lagi, sebuah penelitian memang membutuhkan sebuah ide yang fresh dan cemerlang. Oleh karena itu ide yang dijabarkan harus benar-benar fresh dan tahu arah serta tujuan dari ide yang akan Anda jalankan. Anda harus jelas ketika membuat input yang akan dimasukkan dalam proses penelitian tersebut. 

Selain itu, Anda juga harus memastikan berapa lama jangka waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan proyek penelitian tersebut. Setelah bisa memetakan proses pelaksanaan proyek tersebut, Anda harus bisa memikirkan tentang ekspektasi yang akan muncul ketika hasil penelitian tersebut diketahui dan digunakan oleh banyak orang.

Hal menarik yang disampaikan oleh Prof. Wahyudi, sebuah penelitian harus memiliki 5 komponen agar diterima idenya. Yang pertama adalah feasible. Feasible merupakan sebuah komponen yang dibutuhkan mengenai apa saja yang harus dibutuhkan oleh sebuah penelitian. 

Sementara itu ide yang harus dilakukan harus memiliki bahasan menarik (interesting) dan merupakan sebuah karya asli (novel). Sementara itu, sebuah etika dalam penelitian juga harus dijunjung tinggi karena berkaitan dengan sebuah karya. Yang terakhir, karya yang Anda ajukan haruslah relevan. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar