7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 24 Aug 2023

Tingkatkan Capaian IKU 1 Perguruan Tinggi dengan Tracer Study dan Career Center SEVIMA Platform

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Sudah kita ketahui bersama bahwa pelacakan alumni menjadi salah satu poin penting dari 8 indikator yang ada di dalam Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU PTN) sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3/M /2021 tentang Indikator Kinerja Utama.

Tentu, penilaian alumni menjadi salah satu poin yang harus diperhatikan, apalagi jika mengingat zaman yang semakin kompetitif seperti saat ini. Namun, nyatanya pil pahit masih harus ditelan karena lulusan dari perguruan tinggi ternyata belum sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Dikutip dari LLDIKTI 6, (Kamis, 06/08/2023), bahwa pihak pengguna produk Perguruan Tinggi banyak yang mengeluhkan produk lulusan maupun penelitian yang dihasilkan belum sesuai dengan harapan stakeholder.

Untuk itu, penting adanya tracer study bagi perguruan tinggi. Tracer study adalah pelacakan alumni yang dilakukan perguruan tinggi agar dapat mengetahui kondisi para lulusan setelah menyelesaikan pendidikan mereka. Adapun informasi yang dikumpulkan yaitu, masa tunggu, gaji, serta kesesuaian pendidikan dengan pekerjaan.

Walaupun dalam praktiknya, saat penyebaran kuesioner tracer study dihadapkan permasalahan-permasalahan seperti, minimnya alumni yang mengisi, form  tidak sampai ke alumni, bahkan kuesioner yang tidak sesuai dengan standar DIKTI.

Baca juga: Tracer Study Masih Jadi Momok Bagi Perguruan Tinggi, Ini Solusinya!

Tingkatkan Capaian IKU 1 Perguruan Tinggi melalui Tracer Study dan Career Center SEVIMA Platform

SEVIMA Platform menyediakan layanan yang memudahkan admin perguruan tinggi untuk mendapatkan data alumni dengan praktis dan terpercaya. Apalagi, melalui sistem ini juga perguruan tinggi sudah dapat mengoptimalkan career center.

Bukan hanya untuk mencari kerja! Career center juga dapat menjadi salah satu strategi untuk mencapai IKU. Lalu, apa saja keunggulan SEVIMA Platform untuk tingkatkan IKU 1 perguruan tinggi?

1. Penyebaran Kuesioner sesuai Standar DIKTI

Dalam proses mendapatkan data, perguruan tinggi seringkali menjumpai beberapa permasalahan, seperti kesulitan membuat kuesioner atau media form yang sulit di akses. Tentu, jika dibiarkan akan berakibat tidak mendapatkan data alumni. Jangankan alumni mau mengisi, mengaksesnya saja sulit.

Dengan menggunakan SEVIMA Platform, admin PT dapat menyebarkan kuesioner sesuai standar DIKTI dengan template yang telah tersedia. Bahkan, admin PT juga dapat melakukan penyesuaian pertanyaan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan perguruan tinggi.

2. Portal Lowongan Kerja melalui Aplikasi

Seperti yang sebelumnya disampaikan bawa career center dapat menjadi strategi meningkatkan IKU 1. Nah, dengan adanya portal lowongan kerja di SEVIMA Platform  ini akan lebih memudahkan lulusan untuk mendapatkan informasi lowongan yaitu hanya mengakses melalui handphone. Menariknya, untuk mengedit Curriculum Vitae (CV) alumni sangatlah mudah, semudah meng-update status di media sosial.

3. Event untuk Meningkatkan Keterampilan

Alumni yang baru saja lulus membutuhkan kompetensi dan keterampilan untuk dapat bersaing di dunia kerja. Lalu, apa yang bisa dilakukan perguruan tinggi? Perguruan tinggi harus memberikan perhatian khusus kepada alumni dengan memberikan kesempatan alumni untuk mendapatkan wawasan dan keterampilan di industri. SEVIMA Platform menyediakan event yang dapat menambah skill alumni juga pemahamannya tentang dunia kerja.

Baca juga : Penting! Ini 5 Alasan Mengapa Perguruan Tinggi Harus Melakukan Tracer Study

Siapkah perguruan tinggi Anda meraih kesuksesan capaian indikator kinerja utama (IKU)? Tunggu apalagi! Segeralah kunjungi sevima.com untuk informasi lebih lanjut dan bergabung dengan 900 perguruan tinggi yang sudah merasakan manfaat layanan SEVIMA Platform.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×