7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Mahasiswa • 04 Aug 2022

Tips dan Trik Jadi Mahasiswa Baru Biar Kuliah Lancar, Simak yuk!

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Masuk di perguruan tinggi rupanya membuat mahasiswa baru harus mengalami penyesuaian lagi. Lingkungan perguruan tinggi tidak sama seperti SMA. Di mana culture dan kebiasaan di perguruan tinggi berbeda 180 derajat dibanding saat SMA dulu.

Salah satu perbedaan yang terjadi seperti jadwal kuliah. Jadwal mata kuliah di perguruan tinggi memang tidak menentu. Belum lagi menghadapi dosen yang memiliki perbedaan karakter. Pasti membuat mahasiswa baru menyiapkannya lebih. 

Biar kamu lebih siap dan sigap menghadapi hari di dunia perkuliahan, yuk simak tips berikut ini. 

Tips menjadi mahasiswa baru 

1. Mengikuti seluruh aturan kampus

Cara paling aman untuk mengawali harimu sebagai mahasiswa baru adalah mengikuti aturan kampus. Yaps, kamu diwajibkan mengetahui seluruh aturan yang dikeluarkan oleh kampus. Jangan sampai kamu menyepelekan aturan yang sudah diberlakukan di kampus. 

Misalnya saja aturan dalam berpakaian dan memasuki kelas. Kamu harus benar-benar mengilhami semua aturan tersebut. 

2. Belajar lebih open minded dan mudah bergaul

Dunia perkuliahan berbeda dengan dunia SMA yang cheerful sekali. Masuk di dunia perkuliahan lebih dituntut untuk membuka pikiran seluas-luasnya. Di momen perkuliahan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. 

Jika kamu mudah bergaul dan mengikuti berbagai kegiatan, maka bisa dipastikan kamu lebih mengeksplor diri. Sehingga ini sangat berdampak di dunia kerja nanti. 

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Katanya Paling Santai, Benar gak?

 3. Belajar mandiri

Kuliah memang tak semudah SMA. Namun banyak hal yang bisa kamu petik saat melalui masa perkuliahan. Salah satunya adalah belajar mandiri. 

Mahasiswa tidak akan dituntun oleh dosen seperti saat SMA. Dosen biasanya hanya memberi arahan kepada mahasiswa untuk meresapi materi yang sudah diberikan. 

4. Belajar manajemen waktu yang baik

Saat perkuliahan nanti kamu akan menjumpai berbagai aktivitas yang sedikit sibuk dibanding dunia SMA. Mahasiswa tak hanya dituntut untuk belajar saja. Namun juga mengatur berbagai kegiatan yang diadakan oleh jurusan, kampus, maupun ormawa. 

Secara tidak langsung, kamu akan membagi waktu dengan kegiatan yang kamu ikuti. Jadi untuk melatih kemampuan kamu dengan baik maka bisa dilakukan dengan manajemen waktu yang terstruktur. 

5. Mengenali pribadi dosen

Gak hanya mata kuliah aja yang harus kamu kenali. Karakteristik dosen yang mengajar kamu juga harus mulai kamu kenali. 

Misalnya saja dosen dengan pribadi yang disiplin. Kamu harus meningkatkan kedisiplinan saat mengikuti mata kuliahnya. Jangan sampai kamu melenceng ya. Bisa-bisa ada mata kuliah yang gak lulus lho. 

6. Melek informasi dan teknologi

Sudah masuk dunia kuliah artinya harus melek dengan informasi dan teknologi yang ada. Sebagai orang yang bisa dibilang newbie di kampus kamu harus pintar mencari seluruh informasi yang ada. 

Tak hanya itu, untuk menunjang skill di dunia kuliah kamu bisa memanfaatkan teknologi yang ada di sekitar. Ini akan membantu kamu dalam menyelesaikan semua tugas selama masa studi. 

7. Tahu cara terbaik untuk belajar

Setiap mahasiswa dibekali dengan ilmu dasar yang didapatkan dari SMA. Nah, saat kuliah nanti kamu harus menyelami lebih lanjut penerapan ilmu yang sudah dipilih. Untuk itu kamu harus tahu cara belajar yang tepat. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Para Pekerja, Agar Karir Meningkat!

Memasuki lingkungan dan dunia baru memang sulit. Namun, jika kamu bersungguh-sungguh pasti semua akan tercapai dengan baik. Seperti kata pepatah, semakin pedang ditempa maka semakin tajam pula saat digunakan. Artinya, semakin banyak ilmu dan pengalaman yang kamu serap, maka akan memudahkan kamu menuju kesuksesan di masa depan. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×