12 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 15 Jun 2023

Tips Kampus Dilirik Calon Mahasiswa Baru

Shitny SEVIMA

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh manajemen kampus. Namun, tidak bisa dipungkiri terdapat perbedaan yang jelas antara lembaga negeri dan swasta. Apalagi, di Indonesia minat siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi masih minim.

Untuk itu, perguruan tinggi harus mempertimbangkan kebutuhan calon mahasiswanya agar mereka tertarik, seperti program dan jurusan, lokasi, peluang karier, relasi profesional dan masih banyak lainnya. Sehingga, kampus juga  harus menyusun strategi PMB untuk meningkatkan jumlah mahasiswa yang masuk. beberapa diantaranya:

Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru: Tips, Cara Promosi, dan yang Dihindari

Tips Kampus Dilirik Mahasiswa

1. Aktifkan Website dan Platform Sosial Media

Kampus perlu menyadari bahwa dengan adanya perkembangan sosial media dapat menjadi sarana “pemasaran”. Beberapa platform yang sering digunakan oleh generasi Z diantaranya Tiktok, Instagram, Twitter dapat digunakan untuk menginformasikan keberadaan perguruan tinggi Anda.

Sebagai strategi promosi, platform tersebut juga dapat diisi dengan konten informasi seputar kampus, kehidupan mahasiswa, kegiatan akademik, fasilitas yang tersedia, pencapaian lulusan, dan masih banyak lainnya. Apalagi, terdapat kolom comment yang dapat membangun interaksi dengan menjawab pertanyaan calon mahasiswa.

2. Membangun Hubungan Mitra

Faktor eksternal dapat menjadi solusi agar perguruan tinggi Anda dilirik. Caranya yakni  manajemen kampus  tidak hanya membangun komunikasi dengan siswa, namun bisa juga membangun hubungan dengan mitra seperti sekolah atau tempat bimbingan belajar. Kemudian, kampus dan mitra bersama membuat event yang diselenggarakan bagi siswa. Dengan begitu, kampus dapat dikenal oleh siswa secara langsung.

3. Ciptakan Branding yang Menarik

Ya, branding mulai dari nama, logo, slogan dan lain sebagainya sangat penting dibangun sejak berdirinya kampus. Selain itu, branding juga memakan waktu yang cukup panjang untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap perguruan tinggi. Fokus dan different juga sangat dibutuhkan dalam membangun branding.

4. Tingkatkan Akreditasi

Salah satu aspek yang diperhatikan siswa saat memilih kampus adalah akreditasi. Kampus yang telah memiliki akreditasi cenderung diminati karena adanya jaminan mutu. Peran akreditasi lainnya yaitu menunjukkan bahwa kampus tertib melakukan pelaporan. Sehingga diharapkan kedepannya tidak ada kendala administrasi. Apalagi,  bagi lulusan, akreditasi juga mempengaruhi penilaian beberapa perusahaan kepada pelamar kerja.

5. Tingkatkan Kualitas

Aspek penting kualitas perguruan tinggi tidak hanya terletak pada bangunan yang tinggi dan megah dan parkir yang luas. Namun, aspek kualitas ini juga berkaitan dengan kemudahan proses layanan administrasi dan pembayaran, kelengkapan sistem untuk menunjang pembelajaran, sistem informasi yang dapat membantu pelaporan dan aspek lainnya. 

Baca juga: Kampus Siapkan 5 Hal ini Menuju Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023

SEVIMA Platform menyediakan sistem yang dapat mendukung seluruh aktivitas akademik dan non akademik perguruan tinggi. Siap menjadi perguruan tinggi yang dilirik mahasiswa? Mari meningkatkan kualitas dengan menggunakan sistem yang mendukung bersama SEVIMA Platform. Informasi lebih lanjut dapat kunjungi Sevima.com.

 

Gambar: Canva.com

 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×