Berita | Event | Tips & Trik

Tips Kelas Tatap Muka Terbatas ala Rektor UMSurabaya

SEVIMA.COM – Semenjak dikeluarkannya Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri mengenai pelaksanaan kuliah tatap muka terbatas, seluruh perguruan tinggi di Indonesia terus melakukan pembenahan tentang skema pelaksanaan perkuliahan tersebut. Oleh karena itu, setiap perguruan tinggi harus mempunyai strategi yang tepat saat kegiatan kelas tatap muka berlangsung. 

Merebaknya kasus Covid-19 di lingkungan pendidikan memang tidak bisa dibendung lagi. Sudah banyak yang terjangkit Covid-19 karena tidak bisa melakukan protokol kesehatan dengan tepat. Untuk itu, setiap perguruan tinggi harus menggodok strategi tepat dalam melaksanakan kegiatan kelas tatap muka terbatas ini. 

Menanggapi hal itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. melalui Webinar SEVIMA pada (27/04) lalu, menyampaikan strategi tepat yang bisa diaplikasikan oleh perguruan tinggi di Indonesia. Mau tahu lebih lengkapnya? Ikuti ulasan di bawah ini ya. 

1. Siapkan kelas pembelajaran dengan baik

Dalam melaksanakan program kuliah tatap muka, kampus harus mempersiapkan kelas dengan baik. Ruangan kelas di kampus harus disiapkan secara ekstra, agar mahasiswa di dalam kelas tidak berjubel dan dapat mengakibatkan wabah Covid-19 bisa tersebar. 

Untuk mengantisipasinya, selain menyiapkan kelas ekstra, kampus juga harus menyiapkan plan lain. Sehingga pembelajaran tidak dilakukan di dalam kelas fisik saja, namun juga dilakukan melalui kelas secara virtual

2. Siapkan desain pembelajaran yang efektif 

Agar proses pelaksanaan pembelajaran bisa berjalan dengan lancar, pihak kampus bisa menyiapkan metode dan desain pembelajaran yang efektif. Ini dilakukan untuk memudahkan civitas akademika dalam melakukan aktivitas fisik dan kegiatan belajar mengajar sehari-hari. 

3. Persiapkan perangkat pembelajaran yang mumpuni

Selain menyiapkan materi untuk perkuliahan tatap muka, para pengajar juga harus menyiapkan pembelajaran secara daring. Ini dilakukan karena kuliah tatap muka terbatas itu juga masih menggunakan metode pembelajaran secara daring. 

Baca juga: TANGGAPI RENCANA KULIAH TATAP MUKA Eks-Menristekdikti: Kuliah Online Jangan Ditinggalkan!

4. Siapkan protokol kesehatan yang ketat

Inilah yang paling krusial dalam pembelajaran kuliah tatap muka. Kampus harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan secara tepat. Jika hal ini dilakukan dengan baik, maka kita turut andil dalam menghambat persebaran Covid-19.

Berkaitan dengan hal itu, langkah yang sudah dipaparkan oleh Rektor UMSurabaya tersebut bisa diadopsi oleh kampus lain. Sehingga pendidikan di Indonesia akan tetap berjalan dengan lancar meskipun di tengah pandemi yang belum berujung ini.  

Baca juga: Prof. Mohamad Nasir Bahas Strategi Kuliah Tatap Muka dalam Webinar SEVIMA

Kegiatan pembelajaran tersebut akan lebih menarik lagi bila kampus Anda bisa menerapkan pembelajaran dengan Hybrid Learning. Hybrid learning merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan pembelajaran secara daring dan pembelajaran dengan tatap muka terbatas. 

Untuk itu, metode ini akan sangat cocok bila diterapkan di kampus Anda apalagi jika kampus Anda menggunakan sarana platform yang menarik, seperti SEVIMA EdLink. Dengan menggunakan SEVIMA EdLink, kampus Anda akan merasakan kemudahan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar terutama di masa pandemi seperti ini. 

Bagikan artikel ini

Komentar