Berita | Info Sentra Vidya Utama | Siaran Pers

Tips Membangun Karir Cemerlang ala Vina Muliana, Content Creator & Staff di BUMN

SEVIMA.COM– Membangun karir yang cemerlang sudah menjadi mimpi banyak mahasiswa setelah menempuh dunia perkuliahan. Namun, untuk mewujudkan mimpi memiliki karir cemerlang butuh proses dan usaha yang maksimal.

Vina A. Muliana, seorang Career Education Content Creator berbagi ilmu menarik seputar membangun karir di dunia kerja dan juga Executive Assistant to Group CEO MIND ID. Menurut Vina, banyak sekali cara yang bisa dilakukan para mahasiswa untuk mendapatkan karir yang gemilang. 

“Karir dan masa depan adalah mimpi yang harus diwujudkan. Sebenarnya nggak sulit kok untuk mewujudkan menjadi nyata. Tapi butuh trik tersendiri supaya karir di masa depan lebih gemilang,” ungkap Vina bersama tokoh populer di media sosial lainnya pada acara Youth Inspiring Talk yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta bersama Campuspedia dan SEVIMA pada Sabtu (18/09/2021). 

Nama Vina Muliana sendiri cukup akrab di telinga. Sosoknya sangat populer di jejaring TikTok, karena sering membagikan konten seputar tips karir. Menurut Vina, ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menunjang karirmu di masa depan. Pertama, kamu bisa membuat goal dan tujuan karir masa depanmu. Kedua, mengikuti program magang. Ketiga, memikirkan langkah tepat untuk eksekusi karir di masa depan. 

“Bukan sebuah hal yang sulit untuk membangun karir di masa depan. Namun, perlu diingat ya, bahwa membangun karir ini harus dipikirkan secara matang, mulai dari membuat tujuan karir, mengikuti serangkaian magang, hingga memikirkan eksekusi karir di masa depan,” jelas Vina. 

Pertama, Membuat Goal dan Tujuan Karir Masa Depanmu

Dalam membuat tujuan karir ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menemukannya. Seperti, menulis dan memetakan apa yang selama ini ingin dicapai. Cari lebih dalam passion yang selama ini kamu inginkan. 

“Coba deh tanya ke diri kamu sendiri, lalu tulis dan petakan apa sih yang sebenarnya kamu inginkan. Lalu pastikan passion seperti apa sih yang cocok untuk diri kamu lakukan,” ungkap pemenang None Jakarta 2014 ini. 

Selanjutnya, coba tulis dan bagikan planning yang akan kamu lakukan. Buat planning terdekat dan planning jangka panjang yang sudah dibuat. Dan, lakukan visualisasi sukses yang diinginkan seperti apa, deskripsikan dan eksekusi semua planning yang sudah dibuat. Dengan begitu proses yang kamu lalui menjadi semakin mudah. 

“Sebuah rencana akan semakin mudah dilakukan kalau kamu mampu membuat planning dari rencana tersebut. Coba deh buat secara runtut dulu apa yang menjadi angan-angan kamu selama ini. “Setelah melakukan perencanaan dan visualisasi yang matang, kamu bisa melakukan deskripsi dan eksekusi dari planning tersebut,” ungkap Vina. 

Kedua, Mengikuti Program Magang atau Volunteer

Menurut Vina, setelah mengeksekusi dan memproyeksikan beberapa rencana masa depan, kamu bisa mengikuti berbagai macam kegiatan yang sesuai dengan keinginanmu. Misalnya saja seperti kegiatan volunteer atau internship. Kedua kegiatan itu bisa menunjang skills kemampuan bekerja. 

“Dua kegiatan yang paling banyak diselenggarakan di perguruan tinggi adalah volunteer atau internship. Keduanya punya manfaat yang sangat banyak buat para mahasiswa sebagai bekal di masa depan,” kata dia. 

Selain volunteer dan internship, adapun kegiatan dan aktivitas yang dapat menunjang kemampuan mahasiswa mendapatkan pekerjaan impian, yaitu mengikuti organisasi. Kegiatan organisasi juga sangat diperlukan untuk membantu mahasiswa memiliki skill kepemimpinan baik. 

“Mengikuti organisasi bisa dibilang sebagai salah satu indikator utama dalam menunjang kesuksesan karir. Mahasiswa bisa mengikuti berbagai macam kegiatan organisasi, mulai dari organisasi jurusan, kampus, hingga organisasi di luar kampus,” terangnya. 

Ketiga, Eksekusi Karir untuk Masa Depan

Setelah membuat tujuan dan dan mengikuti beberapa kegiatan magang, selanjutnya adalah melakukan langkah tepat untuk eksekusi karir di masa depan. Vina juga membagikan beberapa cara untuk mengeksekusinya. Seperti, memulai membuat personal branding, salah satunya dengan membuat LinkedIn. 

Selain itu, Vina juga menyarankan agar para mahasiswa bisa membangun jaringan seluas-luasnya dan terus belajar serta mengamati dari pengalaman yang sudah didapatkan. 

“Membentuk networking dan mengambil ilmu yang banyak dari pengalaman yang kamu dapatkan. Semakin luas ilmu dan networking yang dimiliki, maka semakin luas pula kesempatan berkarir di masa yang akan datang,” tegasnya. 

Selanjutnya, melatih kemampuan untuk menjadi profesional, membentuk time management, dan melakukan tracking seluruh proyek yang dilakukan. Itu juga sangat penting dilakukan untuk membangun karir impian.

“Untuk memiliki karir yang cemerlang, kamu harus menjadi seseorang yang profesional. Selain itu kamu harus memiliki time management yang baik, dan mengetahui apa yang harus kamu lakukan,” tutupnya.

Bagikan artikel ini

Komentar