support@sevima.com

 +62 31 8722719


Teknologi 

Tips Menghemat Baterai Smartphone Android Yang Efektif Tanpa Aplikasi

 

adminweb

 

27 Agustus 2012

Bagaimana Menghemat Baterai Android

SEVIMA.COM – Mulai merasa jengkel dengan daya tahan baterai android kamu? Engga? Saya sih iya. (halaah.. monolog). Sebenarnya sih wajar koq kalau konsumsi baterai android lebih besar apabila dibandingkan dengan ponsel lainnya. Kenapa? Yang pertama tentunya koneksi data handphone yang selalu tersambung dengan internet pasti akan menyedot daya baterai lebih banyak. Kedua adalah ukuran layar yang besar membutuhkan energi yang lebih besar juga kan?

Konsumsi baterai juga dipengaruhi oleh kegunaan/fungsi smartphone android bagi pemiliknya. Aktifitas penggemar game dan user yang hanya menggunakan android untuk mendukung pekerjaan sederhana seperti office, email dan cloud computing tentu berbeda. Masing-masing tentu memiliki pendekatan yang berbeda dalam menghemat pemakaian baterai.

Kumpulan tips & trik cara menghemat baterai Android seperti topik ini secara lebih rinci sudah banyak dan mudah anda temukan di google. Yang akan saya bahas sekarang adalah cara yang boleh dibilang, paling simplenya aja. Tentunya ini cara yang saya gunakan sehari-hari saat sedang berada di luar rumah dan tidak membawa charger (bukan setting default hp).

1. Koneksi Data & Bluetooth

Saat disekitar anda tidak tersedia wi-fi, sebaiknya matikan mode pencarian wifi karena disaat smartphone anda melakukan scanning sinyal wi-fi, ini akan menghabiskan daya baterai anda dengan sia-sia.

Setting > Wireless & Networks > Wi-fi > Off.

Setting > Bluetooth > Off.

Apakah aktifitas anda mengharuskan koneksi data (mobile networks) selalu tersambung dengan internet? Bila iya, tetap gunakan Enable Always-On Mobile Data. Yang perlu anda pertimbangkan adalah apabila anda mematikan fitur ini, bukan berarti anda tidak dapat online, hanya saja untuk sebagian besar aplikasi yang terhubung dengan internet, anda harus melakukan manual refresh/pull data, terkecuali Email yang bisa tetap anda atur refresh periodenya agar tetap push notification.

Setting > Mobile Networks > Enable Always-On Mobile Data > Disable.

2. Display (Semakin Terang = Semakin Boros)

Minimalkan penggunaan warna terang semaksimal mungkin. Latar belakang terang (putih) akan menghabiskan daya lebih besar dibandingkan latar belakang gelap (hitam). Jadi ada dua hal yang bisa kita lakukan, mengatur tingkat brightness dan mempersingkat waktu aktif layar.

Setting > pilih Personalize > Display > pilih Scene, Skin dan Wallpaper yang menggunakan warna gelap.

Setting > pilih Display > Brightness > atur tingkat cahaya dikisaran 30% – 40% & disable automatic brightness.

Setting > pilih Display > Sleep > pilih antara 30 – 40 seconds (waktu yang lebih pendek akan lebih menghemat baterai).

3. GPS

Hanya gunakan fasilitas ini apabila anda memang sedang membutuhkannya, seperti saat menggunakan aplikasi peta. GPS yang selalu mencari lokasi via satelit atau jaringan operator akan (sekali lagi) menghabiskan daya baterai anda dengan sia-sia.

Setting > Location > Disable Google’s location service & GPS Satellites.

Hmm… Apa lagi yah? Oia suara ringtone dan getar. Kalau tidak dalam situasi sekitar yang bising, saya biasanya mengecilkan volume dan menggunakan getar hanya pada notifikasi sms, whatsapp dan email. Selebihnya aplikasi seperti twitter dan lain-lain saya gunakan notifikasi suara saja tanpa getar.

Simple kan? Tiga eh… empat cara di atas bisa anda atur dengan cepat dan tidak teralu menyita waktu tapi hasilnya akan memperpanjang waktu stand-by baterai anda. Kalau mau lebih lengkap lagi, nanti yah disambung posting lain. Tapiii… yah itu dia, kalau teralu dipaksa ngirit baterai juga akhirnya akan mengurangi kenyamanan kita menggunakan android.

SEVIMA : Take IT Easy

Baca juga:

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami