Berita | Dunia Kampus | siAkad Cloud

UNISRI Siap Laksanakan Program MBKM & Digitalisasi Tata Kelola Terintegrasi

SEVIMA.COM– Seluruh perguruan tinggi di Indonesia tengah menghadapi program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yang sudah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).  Untuk itu, seluruh perguruan tinggi dengan cepat merespon program tersebut, salah satunya Universita Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta. 

“Kami (UNISRI) dengan cepat merespon kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk dilaksanakan di perguruan tinggi kami,” ujar Dr. Rispantyo, M.Si. Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UNISRI saat bertandang ke kantor SEVIMA dalam rangka mengikuti pelatihan siAkadcloud, (27/07).

UNISRI juga menjadi salah satu penerima dana hibah yang dicanangkan Kemendikbudristek untuk mensukseskan perguruan tinggi dalam implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“UNSRI juga telah mendapatkan dana hibah DIKTI PKKM dan kompetisi kurikulum MBKM pada tahun 2021 lalu dan tahun ini (2022) kami mendapat hibah untuk liga tiga MBKM,” paparnya 

Namun menurut Rispantyo, terkait program Merdeka belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini, UNISRI menemui kesulitan, terutama dalam administrasi akademik.

“Kami (UNISRI) menemui kesulitan saat implementasi MBKM, salah satunya administrasi akademik,” ujarnya

Untungnya Kata Rispanto, UNISRI telah bekerjasama dengan layanan SEVIMA, sehingga seluruh proses administrasi bisa berjalan dengan lancar. Bahkan selama menjalankan program MBKM ini, kampus sangat membutuhkan tata kelola administrasi yang sudah terintegrasi. Misalnya pada proses konversi nilai MBKM.

“Melalui bantuan layanan SEVIMA yang sudah terintegrasi, kami merasa terbantu selama melaksanakan program MBKM. Proses konversi nilai mahasiswa pun semakin mudah dengan menggunakan layanan ini. Kampus kami merasa sangat terbantu saat memproses konversi nilai MBKM tersebut,” tuturnya. 

Menurut Rispantyo, dengan menggunakan siAkadcloud ini tak hanya  membantu kampus UNSRI untuk menyiapkan kegiatan MBKM saja. Namun juga membantu proses pelaksanaan dan evaluasi pada kegiatan akreditasi. Sehingga seluruh persiapan menjelang akreditasi bisa rampung dengan sukses. 

“Untuk menuntaskan kebutuhan akreditasi di kampus, kami berupaya mengoptimalkan kegunaan siAkadCloud ini. Terutama dalam memenuhi kebutuhan administrasi akademik, administrasi keuangan dan administrasi sumber daya manusia dengan maksimal, sehingga UNISRI dapat menerapkan digitalisasi tata kelola terintegrasi” ungkapnya. 

Rispantyo juga menuturkan, dengan menerapkan siAkadCloud di Kampus UNISRI diharapkan dalam membantu kampus menyiapkan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) secara optimal. 

“PMB merupakan kegiatan yang sangat krusial. Sehingga kampus membutuhkan layanan integrasi seperti siAkadCloud untuk mengoptimalkan kegiatan tersebut,” tutupnya. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar