Waspada! Ini Pentingnya Security Password buat Keamanan Data Kamu

Artikel JaringanTeknologi
 

adminweb

 

08 Mei 2020

SEVIMA.COM – Akhir-akhir ini, banyak sekali terjadi pembobolan data yang dilakukan oleh sekelompok orang tidak bertanggung jawab terhadap salah satu unicorn terbaik di Indonesia. Hal ini sangat dimanfaatkan untuk mengambil peruntungan namun sangat merugikan orang lain.

Kejadian seperti ini harusnya membuat kita belajar bahwa pentingnya menjaga sekuritas keamanan dengan mengganti password secara berkala memang sangat dibutuhkan. Lalu, apa saja sih yang wajib harus kita lakukan untuk melakukan sekuritas terhadap keamanan data kita? Berikut ulasannya.

1. Jangan menggunakan transmisi password yang sederhana

Kebanyakan orang pasti suka malas mikir untuk bikin password. Mereka lebih memilih untuk membuat password yang seadanya atau mengambil dari salah satu kata di identitasnya. Padahal hal itu sangat membahayakan lho. Password kamu bisa saja disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, bagi kamu yang suka ngasal bikin password. Yuk mulai sekarang hati-hati.

2. Kombinasi dengan huruf dan angka perlu diperhatikan

Demi keamanan dalam password, kamu harus lebih teliti dalam mengkombinasikan password yang sudah kamu buat. Perhatikan huruf dan angka yang kamu gunakan untuk kombinasi password harus benar dan tepat ya.

3. Jangan menggunakan identitas diri kamu

Ini nih yang paling penting. Untuk mengamankan password kamu dari kecaman orang yang tidak bertanggung jawab, jangan sampai kamu menggunakan identitas dari diri kamu ya. Seperti halnya menggunakan tanggal lahir sebagai password kamu. Hal itu bisa membahayakan lho.

4. Gunakan password yang kiranya unik

Password yang unik memang sangat membantu kamu untuk terhindar dari kecaman cybercrime. Dengan menggunakan password yang unik, dijamin identitas yang kamu miliki tidak akan bisa di salah gunakan. Jadi bakal membantu kamu dalam menyelamatkan keamanan data yang kamu miliki.

Baca juga: Anti Boros Kuota! Ini Rekomendasi Perkuliahan Online yang Hemat

5. Sering lupa? Pakailah manager kata sandi

Pasti banyak diantara kamu yang suka lupa sama password sendiri. Alih-alih mau log in, eh ternyata kamu malah terblokir. Yang kayak gini nih bisa bikin masalah. Nah, tapi jangan khawatir dulu. Sekarang ini sudah tersedia manager kata sandi lho. Jadi kamu bisa dengan mudah mengatur seluruh password yang kamu miliki disini.

6. Selalu aktifkan verifikasi secara dua arah, yaitu melalui akun dan emailmu

Untuk mengamankan data dan password kamu dari cybercrime, melakukan verifikasi akun dan email memang sangat penting lho. Tujuannya adalah menghindarkan kamu dari pebobolan data dan pemanfaatan bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

7. Tetap waspada dengan email perubahan password

Dengan menggunakan pengamanan data secara dua arah, kamu akan lebih mudah mengecek perubahan password yang sudah kamu miliki. So, bila ada perubahan password secara mendadak tanpa sepengetahuanmu, kamu akan lebih mudah mengetahuinya.

8. Ganti password secara berkala

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa banget tuh merubah password yang kamu miliki secara berkala. Dengan demikian, data-data pribadi serta akun yang kamu miliki bisa terselamatkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

9. Pastikan membuat PIN atau password di seluruh gadget kamu

Meskipun kelihatannya sepele, tapi kamu harus bikin password atau PIN di seluruh gadget kamu. Tujuannya tak lain dan tak bukan, agar tidak semua orang bisa membuka gadget kamu. Jadi bisa dipastikan kalau data dan akun yang kamu miliki tidak bisa disalah gunakan oleh orang lain.

10. Jangan berikan PIN mu kepada siapapun

Ini nih yang paling penting. Jangan sampai kamu memberikan PIN atau passwordmu kepada orang lain. Hendaknya kamu harus hati-hati dengan cara merahasiakan PIN atau password dari orang lain ya.

Keamanan data dengan menggunakan password atau PIN memang sangat dibutuhkan. Terlebih keamanan data yang dimiliki setiap mahasiswa atau dosen di kampus. Jika kita lengah dalam pengamanan password ini, bisa-bisa data kita bisa jadi dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tak jarang, kalau beberapa dari mereka masih menggunakan password yang pertama kali diberikan oleh kampus.

Nah, untuk menghindari dari hal yang tidak diinginkan mahasiswa atau dosen yang memiliki akun di kampus, harusnya mengganti password mereka secara berkala. Sehingga akan terhindar dari kemungkinan yang tidak diinginkan. Seperti halnya di SIAKAD, di dalam aplikasi ini sudah tersedia layanan untuk perubahan password. Dengan demikian, keamanan yang dimiliki dalam aplikasi ini juga sangat terjaga. So, jangan sampai lupa untuk lindungi keamanan data kamu ya.

Bagikan artikel ini
Download WordPress ThemesFree Download WordPress ThemesDownload WordPress ThemesFree Download WordPress […] Free Download WordPress ThemesDownload WordPress ThemesDownload Premium WordPress Themes FreeDownload […]

Info Menarik Lainnya :


Komentar :