Berita | Info Sentra Vidya Utama | Siaran Pers

Wikan Sakarinto Beri Apresiasi Penuh Peluncuran  Modul MBKM SEVIMA

SEVIMA.COM – Program Merdeka Belajar Kelas Merdeka (MBKM) tengah menjadi sorotan bagi perguruan tinggi di Indonesia. Adanya program ini mengharuskan perguruan tinggi bersiap menerapkannya di kampus masing-masing. Untuk menciptakan MBKM yang selaras dan maju, dibutuhkan komitmen  dan usaha maksimal di perguruan tinggi. SEVIMA sebagai pengembang IT di tanah air, turut mendukung perguruan tinggi dalam proses MBKM dengan mengadakan workshop bertemakan MBKM pada hari ini (24/11) bertempat di Politeknik LPP Yogyakarta. 

Para peserta dari berbagai perguruan tinggi pun turut menyambut hangat acara kali ini. Salah satunya adalah direktur LPP Politeknik Yogyakarta, Ir. M.Mustangin, S.T., M.Eng. Menurut pengakuannya, acara kali ini sangat membantu kampus untuk bisa mengarahkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan MBKM di kampus. 

“Meskipun kamu sudah pernah melakukan workshop mengenai pelaksanaan MBKM di kampus lain, namun kami masih merasa kurang saat mempelajari penerapan MBKM di kampus. Melalui workshop yang diadakan SEVIMA ini, kami mendapatkan banyak terobosan besar yang kami dapatkan selama kegiatan,” ujarnya. 

Gambar 1. CEO SEVIMA Sugianto Halim, M.MT. saat memberikan sambutan.

Bertepatan dengan kegiatan hari ini, CEO SEVIMA, Sugianto Halim, M.M.T turut menyampaikan rasa bahagia karena bisa memberikan dukungan penuh kepada perguruan tinggi di Indonesia ketika melangsungkan program MBKM. Pada kegiatan kali ini, SEVIMA akan fokus terhadap pembahasan 4 aspek, yaitu kurikulum kampus merdeka, melakukan evaluasi program MBKM, serta proses melaporkan ke PDDIKTI, memaksimalkan strategi mendapatkan hibah MBKM, serta bagaimana melakukan desain terhadap sistem informasi agar proses kegiatan MBKM bisa berjalan lancar. 

“Rasanya sangat bahagia sekali hari ini kami bisa memberikan dukungan penuh kepada perguruan tinggi dalam melangsungkan program MBKM. Kali ini kami akan fokus tentang pembahasan 4 aspek, yaitu kurikulum kampus merdeka, melakukan evaluasi program MBKM, serta proses melaporkan ke PDDIKTI, memaksimalkan strategi mendapatkan hibah, serta bagaimana melakukan desain terhadap sistem informasi agar proses kegiatan MBKM,” jelas Halim. 

Untuk memudahkan perguruan tinggi mengeksekusi program MBKM kali ini, SEVIMA selaku pengembang sistem informasi akademik akan meluncurkan modul MBKM bagi pengguna SEVIMA platform. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan fasilitas 9 kegiatan MBKM di kampus. 

“SEVIMA akan meluncurkan modul MBKM kepada perguruan tinggi pengguna. Sehingga perguruan tinggi bisa mendapatkan fasilitas 9 kegiatan MBKM di kampusnya,” katanya.

Bertepatan dengan kegiatan workshop hari ini, SEVIMA platform untuk modul MBKM resmi dibuka. Sehingga para pengguna bisa merasakan kemudahan dalam mengelola kegiatan MBKM yang diadakan di kampus masing-masing. 

“Tepat pada kegiatan workshop hari ini, platform untuk modul MBKM resmi dibuka.  Semoga dengan peluncuran modul MBKM hari ini bisa sangat bermanfaat bagi pengguna setia SEVIMA,” tandasnya di tengah acara workshop hari ini. 

Gambar 2. Wikan Sakarinto, Ph.D, Dirjen Vokasi Kemendikbud Ristek 2020-2022

Sementara itu, Wikan Sakarinto, Ph.D, Dirjen Vokasi Kemendikbud Ristek 2020-2022 pun turut menghadiri workshop kali ini. Menurutnya, pelaksanaan MBKM di Indonesia sudah dibilang cukup berkembang pesat. Namun juga harus dibarengi dengan dukungan penuh dalam pelaksanaannya. Semua harus dilakukan dengan baik dan dikawal oleh regulasi. Sehingga program MBKM yang sudah digarap matang oleh Kemendikbud Ristek bisa berjalan dengan baik di seluruh perguruan tinggi. 

“Semua program yang sudah dibentuk untuk kegiatan MBKM harus terus dikawal. Saya berharap dengan adanya program ini yang berkaitan dengan link and match di perguruan tinggi bisa berjalan semaksimal mungkin. Sehingga, ke depannya mahasiswa bisa menyesuaikan  passion dan tujuan belajar mereka dengan penuh optimis, tanggung jawab,dan bisa merasakan manfaat yang luar biasa,” ujar Wikan. 

Berkaitan dengan peluncuran modul MBKM, Wikan sangat mengapresiasi peluncuran modul MBKM SEVIMA. Menurutnya ini merupakan langkah yang sangat progresif untuk membantu program perguruan tinggi di Indonesia. Harapannya, program ini bisa membantu perguruan tinggi untuk melakukan terobosan terbaru dalam sistem pelaksanaan MBKM. 

“Saya rasa SEVIMA mengambil langkah yang sangat progresif dan cepat dalam membantu pelaksanaan MBKM. Jika terdapat ada yang siap membuat platform yang bisa mewadahi program MBKM ini, maka saya sangat mengapresiasi. Ini merupakan sebuah terobosan besar yang patut diapresiasi,” tandas Wikan saat ditemui oleh Tim SEVIMA. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar