Berita | Lawan Covid-19

RSDC Wisma Atlet Gelar Wisuda untuk Apresiasi para Lulusan Pasien Covid-19

SEVIMA.COM- Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet sekarang ini rupanya tidak hanya difungsikan sebagai salah satu tempat lokasi isolasi pasien COVID-19 saja. Namun, RSDC Wisma Atlet juga berfungsi sebagai tempat saling support dan membantu satu sama lain.

Salah satu support dan dukungan terpampang nyata dilakukan oleh para tenaga medis di sini.  Para tenaga medis yang berasal dari perawat dan civitas akademik STIKES RSPAD Jakarta ini selalu berupaya keras agar pasien Covid-19 bisa tertangani dengan baik. Seperti halnya dengan mengadakan wisuda untuk pasien Covid-19. Wisuda ini diadakan untuk memberikan dukungan secara moril agar pasien terus semangat untuk sembuh.

Baca juga: Pesan Komandan RSDC Wisma Atlet untuk Dunia Pendidikan di Masa Pandemi

Wisuda pasien Covid-19

Hal menarik tampak dari RSDC, para pasien dilakukan wisuda setelah mereka dinyatakan sembuh dari Covid-19. Wisuda ini pun nyatanya disambut suka cita oleh para pasien.

Menurut Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet, Letkol Laut drg. Arifin, Sp.Ort, M.Tr.Opsl, pengadaan wisuda ini diawali saat ada awak kapal yang terkena Covid-19 pada Maret 2020 lalu.

“Wisuda ini awalnya kami lakukan kepada para pasien yang berasal dari awak kapal pada maret 2020 lalu. Mereka banyak yang senang, karena selama di dalam masa isolasi mereka sedikit sulit melakukan aktivitas. Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan stereotype yang kurang baik. Sehingga mereka merasa dikucilkan,” tuturnya.

Arifin menuturkan, wisuda untuk pasien Covid-19 kami rancang untuk menyemangati pasien Covid-19 sembuh dari sakitnya. Untuk itu mereka sangat antusias untuk segera sembuh dari sakit.

“Setelah kami membuat wisuda ini, para pasien sangat senang dan menyambut hangat. Mereka merasa bahwa mereka akan lebih dihargai di lingkungan masyarakat. Sehingga saat sembuh mereka tidak merasa dikucilkan oleh lingkungan sekitar,” jelas Arifin.

Baca juga: Ini Pesan Komandan Rumah Sakit Wisma Atlet untuk Awak Kampus

Pemberian sertifikat pasien

Acara wisuda pasien ini digelar tak hanya sekadar seremonial saja. Namun wisuda ini juga dilengkapi dengan sambutan dan pemberian sertifikat kepada para lulusan Covid-19.

Bertempat di Tower 7 RSDC Wisma Atlet, para lulusan pasien Covid-19 akan menggelar acara wisuda tersebut. Menariknya lagi para lulusan pasien Covid-19 ini juga dilengkapi dengan kostum wisuda seperti wisuda pada umumnya. Sehingga nuansa wisuda pasien Covid-19 ini lebih terasa sensasinya.

Menurut Arifin, dengan adanya wisuda ini diharapkan para lulusan Covid-19 bisa terus bangkit dan semangat melanjutkan kegiatan yang sempat tertunda. Selain itu, wisuda ini juga diharapkan mampu menghapus stereotype miring tentang mantan penderita Covid-19.

Nah, buat Anda yang tidak terinfeksi Covid-19, sebaiknya juga jaga diri ya. Arifin menghimbau agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan. Sehingga angka kenaikan pasien Covid-19 ini bisa ditekan semaksimal mungkin.

“Masyarakat harus menyadari bahwa wabah Covid-19 belum berakhir. Mereka harus selalu waspada dan berhati-hati dalam berkegiatan. Yang paling penting adalah selalu patuhi protokol kesehatan. Sehingga masyarakat bisa ikut membantu menekan angka kenaikan pasien Covid-19 di negeri ini,” tutupnya.

Bagikan artikel ini

Komentar