Seputar Pendidikan | siAkad Cloud | Success story

Zona Merah, UMJ Andalkan Pendaftaran dan Kuliah secara Online

SEVIMA.COM – Universitas Muhammadiyah Jakarta atau biasa dikenal dengan sebutan UMJ. Kampus ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta Muhammadiyah yang pertama dimiliki oleh Muhammadiyah. 

Kampus ini bisa dibilang adalah kampus Muhammadiyah paling tua yang ada di negeri ini. Hingga detik ini, kampus UMJ terus berkembang pesat dan maju. Berbagai fakultas pun kini sudah tersedia di kampus ini. Beberapa kampus tersebut antara lain Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Hukum. 

Nah, di tengah pandemi yang melanda negeri, tentunya juga berdampak pada sistem penerimaan mahasiswa baru di kampus UMJ. Setiap tahunnya, kampus ini biasanya mengadakan penerimaan mahasiswa baik secara online maupun offline. Namun, di masa pandemi yang tak kunjung reda, kampus UMJ harus melakukan proses PMB secara online sepenuhnya. 

Proses PMB secara online ini tak dipungkiri karena lokasi Ibukota Jakarta sebagai salah satu zona merah. Yang mana di wilayah ini sangat bahaya jika dilakukan sebuah acara yang sekiranya membuat suatu kerumunan. 

Langkah UMJ mengatasi PMB di Zona Merah

Kampus UMJ merupakan salah satu kampus besar yang terdiri dari berbagai Fakultas dengan jurusan favorit. Setiap tahunnya, kampus ini tidak pernah kekurangan pendaftar. Seluruh pendaftaran selalu berjalan dengan lancar dan  tidak ada masalah administrasi apapun. 

Mirisnya, di tahun 2021 ini, UMJ mengalami tantangan yang cukup luar biasa dalam proses penerimaan mahasiswa baru. Lagi-lagi UMJ harus mencoba langkah baru dalam proses PMB. Ini dikarenakan kasus pandemi terus meningkat dan belum mengalami penurunan. 

Disampaikan oleh Dr. Misriandi, M.Pd. selaku Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Jakarta bahwa seluruh proses pendaftaran mahasiswa baru di tahun ini harus dilakukan melalui online. 

“Selama proses pendaftaran online, kampus harus benar-benar menyiapkan dengan sebaik mungkin. Terutama dalam jaringan internet. Jangan sampai jaringan yang digunakan oleh kampus bisa mengganggu pendaftaran yang dilakukan,” ujar Misriandi dalam wawancara online dengan tim SEVIMA (18/07/2021). 

Untuk itu, pihak UMJ terus berupaya penuh agar proses pendaftaran ini tak terganggu akibat gangguan jaringan. Salah satu cara yang dilakukan oleh kampus ini adalah dengan memantau seluruh pendaftaran secara berkala.

“Agar proses seleksi pada PMB berjalan dengan lancar, maka kampus kami terus melakukan pemantauan secara terus menerus terutama dalam jaringan internet. Maka kami sudah menyiapkan tim sendiri agar kegiatan PMB ini berjalan dengan lancar,” jelasnya. 

Jalur Masuk UMJ Selama Pandemi

Meskipun selama pandemi kegiatan PMB dilakukan secara online. Namun, UMJ memiliki beberapa jalur masuk yang disamakan dengan jalur masuk seperti sedia kala. Beberapa jalur masuk UMJ ini antara lain:

  • Jalur masuk melalui jalur prestasi olahraga

UMJ menyediakan jalur masuk kepada seluruh calon mahasiswa yang kiranya memiliki prestasi di bidang olahraga. 

  • Jalur tahfidz

Selain jalur olahraga, ada pula jalur tahfidz yang bisa dicoba oleh calon mahasiswa. 

  • Jalur lingkungan organisasi

Untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa, UMJ membuka peluang dari jalur organisasi. Seperti ketua osis dan organisasi lainnya. 

  • Jalur beasiswa lain 

Selain itu, beasiswa lain juga ada di kampus UMJ. Beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa yang berprestasi. 

Meskipun di masa pandemi seperti ini semua kegiatan harus dilakukan di rumah, namun hal itu bukanlah suatu penghalang untuk menunda proses seleksi PMB. Seleksi PMB secara online adalah salah satu cara yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalah tersebut.  Seperti halnya UNJ, kampus ini memusatkan kegiatan PMB melalui satu website, yaitu pmb.umj.ac.id. 

Agar seluruh proses PMB bisa berjalan lancar seper UMJ, Anda bisa menggunakan SEVIMA siakadcloud. Sistem PMB akan jauh lebih murah dan lebih cepat. Selain itu, seluruh masalah IT yang terjadi saat proses PMB bisa dikoordinasikan bersama tim IT. Seluruh masalah tersebut bisa selesai hanya dalam hitungan jam bahkan dalam hitungan menit. 

Bagaimana ingin seperti UMJ yang sudah menerapkan pendaftaran mahasiswa baru dan perkuliahan secara online atau daring? Yuk bergabung dengan 200 perguruan tinggi yang telah merasakan transformasi digital menuju Institusi Edutech dengan siAkad Cloud

Bagikan artikel ini

Komentar