Dunia Akademik | Dunia Mahasiswa | Seputar Pendidikan

1 Semester Berapa Bulan atau Tahun Dalam Kuliah? Maba Wajib Tahu!

SEVIMA.COM – 1 Semester kuliah berapa bulan sih? Dan apa itu masa kuliah? Ketika kamu memasuki dunia perkuliahan, maka kamu akan dihadapkan banyak hal baru seperti suasana, lingkungan kampus, belajar di kelas, urusan akademik, dll.

Salah satunya adalah masa kuliah di perguruan tinggi. Untuk itu kamu perlu mengetahui berapa lama sih satu semester dalam kuliah? Atau berapa tahun untuk kuliah S1? Mungkin kamu terkadang melihat ada yang sudah kuliah lama namun tidak lulus-lulus. Jadi, sebenarnya waktu untuk kuliah itu berapa tahun? cekidot.

Baca juga : Maba Wajib Tahu! 26 Istilah di Dunia Kampus Biar Gak Kelihatan Cupu

1 Semester Kuliah Berapa Bulan?

Sebelumnya kamu perlu tahu dulu apa itu masa kuliah? Masa kuliah adalah waktu mahasiswa menempuh pendidikan di perguruan tinggi hingga ia menyelesaikan studi atau kuliahnya.

Jadi, jika dihitung berdasarkan bulan, maka 1 semester di perkuliahan adalah 6 bulan. Hitungannya 1 semester sama seperti masa sekolah. Hanya saja, yang menjadi pembeda ada di bagian kalender akademik. Untuk masa kuliah sendiri adalah waktu mahasiswa menempuh pendidikan di perguruan tinggi hingga ia menyelesaikan studinya.

1 Semester Berapa Tahun Dalam Kuliah?

Kalau dihitung berdasarkan bulan adalah 6 bulan, berarti 1 semester dalam kuliah sama dengan setengah tahun. Dalam setengah tahun ada beberapa kegiatan akademik, yang terjadwal dalam kalender akademik. Kamu akan menemui jadwal jadwal perkuliahan seperti dibawah ini:

– Masa Perkuliahan: 6 bulan/setengah tahun aktif, baik semester ganjil maupun genap.
– Masa UTS
– Masa UAS
– Masa KRS: buat yang belum tahu KRS (Kartu Rencana Studi), di tahap ini diwajibkan membuat/mengurus KRS untuk menentukan mata kuliah yang akan diambil semester depannya.
– Masa akhir kuliah akan bertemu dengan kegiatan penelitian seperti KKN, Magang, Seminar proposal (Sempro) dan Skripsi.

Baca juga : Info Lengkap Jurusan/Prodi di Perguruan Tinggi, Mata Kuliah Hingga Prospek Kerjanya

Jadi, Berapa Tahun untuk Kuliah S1?

Selanjutnya yang jadi pertanyaan, berapa lama kuliah jenjang sarjana (S1)? Perkuliahan jenjang Sarjana (S1) biasanya dapat ditempuh dalam kurun waktu 4 tahun atau 8 semester. Jika dalam waktu 8 semester kamu belum menyelesaikan pendidikan, biasanya pihak kampus akan memberikan kesempatan hingga 14 semester atau 7 tahun.

Dalam masa studimu, kamu akan dihadapkan dengan beberapa mata kuliah yang mempunyai beban studi atau sering disebut SKS. SKS sendiri adalah singkatan dari satuan kredit semester. SKS merupakan satuan beban studi pada mata kuliah yang dapat diambil oleh mahasiswa. Satuan Kredit Semester, yaitu bobot studi setiap mata kuliah. Setiap mata kuliah punya SKS berbeda-beda, biasanya 2-3 SKS.

Untuk yang bobotnya ringan akan memiliki 1 SKS. Sedangkan yang terbesar contohnya adalah Skripsi memiliki 6 SKS.

Lalu, Berapa SKS Dalam 1 Semester?

Setelah mengetahui lama studi, kamu perlu tahu juga berapa SKS dalam satu semester? Jadi, dalam 1 semester di perguruan tinggi kamu akan belajar selama 14 hingga 18 minggu. Di program kuliah S1 dengan total jumlah SKS antara 144 hingga 160 SKS.

Jika 144 SKS dibagi dalam 8 semester membutuhkan 18-20 SKS setiap semester tergantung dengan jadwal belajar Kamu, ya! Pada awal masa perkuliahan yang tidak begitu sibuk, Kamu bisa ambil SKS normal sama seperti mahasiswa lain. Setelah mendapatkan nilai IP tertentu, mungkin Kamu bisa mempertimbangkan ambil lebih banyak SKS sesuai kemampuan masing-masing saja.

Baca juga : Apa Itu SKS, IP, dan IPK, Calon Mahasiswa Merapat!

Batas Minimal dan Maksimal SKS dalam 1 Semester

Untuk batasan minimal dalam 1 semester umumnya 18 SKS. Namun, batasan mengambil SKS yang lebih banyak atau maksimal pada satu semester adalah 24 SKS dengan 7 mata kuliah yang punya bobot 3 SKS tiap mata kuliah tersebut. Mata kuliah yang lebih berat butuh fisik dan mental lebih tinggi dibandingkan mata kuliah yang punya SKS lebih sedikit.

Namun paling umum kemampuan mahasiswa untuk batasan maksimal dalam 1 semester bisa dengan 20 SKS untuk 10 mata kuliah. Tiap mata kuliah terdiri dari 2 SKS sehingga Kamu harus pandai mengatur waktu dan konsentrasi. Pasalnya, mata kuliah yang diambil banyak jelas butuh persiapan maksimal saat mengerjakan tugas dan ujian yang lebih beragam.

Cara Lulus Lebih Cepat

Untuk lulus lebih cepat kamu perlu konsisten mencapai IP >3.00 tiap semesternya, kemungkinan Anda dapat lulus lebih cepat dari waktu normal menjadi sangat besar. Waktu kuliah pada seluruh program studi sarjana umumnya ditempuh dalam waktu 4 – 5 tahun atau 8 – 10 semester. Buat simulasi perhitungan jumlah SKS yang dapat Anda ambil tiap semester.

Katakanlah Anda dapat mencapai IP minimal 3.00 tiap semesternya sehingga Anda dapat mengambil 24 SKS di semester berikutnya. Dengan perhitungan seperti ini, maka Anda dapat menyelesaikan perkuliahan hanya dalam waktu 3,5 tahun saja, lebih cepat dari waktu normal.

Begitu juga sebaliknya, apabila Anda memiliki IP minim tiap semesternya maka jumlah SKS yang dapat Anda ambil hanya berkisar antara 15 – 21 SKS. Ini berarti semakin banyak semester yang harus Anda tempuh.

Baca juga : Mahasiswa, Ini Trik Sukses dalam Menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS)

Jadi, Apakah S1 Bisa Lulus 3 Tahun?

Jawabannya, kamu bisa lulus 3 setengah tahun lebih cepat. Dengan catatan, kamu perlu konsisten mencapai IP >3.00 tiap semesternya. Apalagi sekarang ada kebijakan kampus merdeka yang sangat memungkinkan, karena mahasiswa kini bisa belajar selama tiga semester di luar program studi yang dipilih atau bisa memilih untuk magang.

Tips Agar Kuliah dapat Lulus Tepat Waktu

Tidak sedikit mahasiswa yang membutuhkan jatah semester karena tidak berhasil menyelesaikan masa pendidikan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Bahkan banyak juga yang menyerah hingga DO. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Beberapa tips berikut akan membantu kamu untuk lulus kuliah tepat waktu.

1. Buat target setiap semesternya agar kamu dapat lulus tepat waktu.
2. Pelajari seluruh mata kuliah dengan keseriusan agar tidak mengulang mata kuliah yang sama di semester selanjutnya.
3. Pilihlah untuk mengikuti organisasi kampus yang bermanfaat untuk masa depan namun jangan lupa dengan target lulus tepat waktu.
4. Selalu ingat bahwa biaya yang dikeluarkan akan semakin banyak ketika kamu membutuhkan semester tambahan.
5. Banyak berdoa agar dimudahkan segala urusan yang terkait dengan perkuliahan.

Baca juga : Bagaimana Pelaksanaan Semester Antara (Semester Pendek)? Yuk Simak!

Sekarang kamu harus lebih semangat lagi dalam menempuh perkuliahan. Ingat bahwa kesempatan untuk kuliah tidak diperoleh semua orang. Komitmen sejak awal masuk kuliah juga perlu agar kamu dapat lulus tepat waktu.

Itulah pembahasan lengkap terkait 1 semester berapa bulan. Jadi, sekarang kamu sudah tahu berapa jumlah SKS yang diambil persemeternya. Sehingga kamu bisa rencanakan kuliah dengan lulus cepat.

Jika terbantu, bagikan artikel ini agar teman-teman kamu juga yang berencana kuliah, dapat menerapkan strategi satu semester berapa SKS ini. Semoga Anda semua lulus sesuai pilihan jurusan dan universitas yang diinginkan. Amiinn. Kalau kamu masih bingung memilih jurusan favoritmu, kamu bisa kunjungi maukuliah.id. Semua informasi jurusan impianmu ada di sana lho. Check it out!

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar