Dunia Dosen | Dunia Kampus | Seputar Pendidikan

Bagaimana Pelaksanaan Semester Antara (Semester Pendek)? Yuk Simak!

SEVIMA.COM – Bagi para mahasiswa, adanya semester pendek ini sangat membantu proses pelaksanaan perkuliahan. Semester pendek atau biasa dikenal dengan SP merupakan sebuah semester singkat yang diadakan antara semester genap dan semester ganjil di setiap tahunnya. 

Sebagai contoh, proses pelaksanaan semester pendek pada semester 2 akan diadakan saat proses libur panjang sebelum mahasiswa memasuki semester 3. Waktu pelaksanaan perkuliahan di tengah libur panjang inilah yang disebut sebagai semester pendek. 

Pada dasarnya, semester pendek merupakan sebuah program yang dilakukan tergantung dengan otoritas kampus atau dari fakultas yang melaksanakan perkuliahan tersebut. Karena pelaksanaan tergantung dengan kampus dan fakultas, maka bisa jadi tak semua kampus dan fakultas tak melaksanakan program semester pendek tersebut. 

Baca juga: Tips dan Keuntungan Lulus Cumlaude Buat Mahasiswa, Begini Caranya

Berapa lama waktu proses pelaksanaan semester pendek?

Sesuai dengan ketentuan PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Pasal 87, bahwa semester antara atau semester pendek bisa dilakukan antara semester genap dan ganjil. Semester antara ini diselenggarakan untuk remediasi, pengayaan atau percepatan perkuliahan.

Proses pelaksanaan semester pendek ini biasanya akan berlangsung selama 4 hingga 6 minggu saja. Karena dilaksanakan selama masa libur perkuliahan, jadi perkuliahan selama semester pendek tidak mengganggu perkuliahan kamu. 

Apa saja tujuan semester pendek?

Dalam proses pelaksanaan semester pendek ini, ada dua tujuan utama. Kedua tujuan tersebut antara lain:

1. Memperbaiki nilai yang kurang

Adanya semester pendek ini bisa memperbaiki nilai-nilai yang kurang. Misalnya saja kamu mendapatkan nilai C, D, atau E, kamu bisa mengulang mata kuliah tersebut pada semester pendek untuk mendapatkan nilai yang lebih bagus. 

2. Mempercepat masa studi

Tak hanya memperbaiki nilai yang kurang, semester pendek juga bisa membantu kamu untuk mempercepat masa studi. Jika dalam masa sarjana diselesaikan selama 144 SKS, kamu bisa mencicil menyelesaikan 18 SKS di setiap semester. Jadi selama setahun kamu bisa menyelesaikan 36 SKS. Dengan begitu masa studi kamu akan lebih cepat selesai. 

Apa saja syarat mengambil semester pendek?

Untuk bisa mengikuti semester pendek, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Beberapa persyaratan yang harus dilakukan antara lain:

  1. Ada proses administrasi
  2. Ada nilai yang harus kamu ulang
  3. Ingin mengambil semester pendek dengan minimal nilai sesuatu persyaratan fakultas.

Baca juga: Anti Gagal Mengisi KRS buat Mahasiswa Baru

Bagaimana cara yang tepat mengambil semester pendek?

Untuk mengambil semester pendek. Hal utama yang dilakukan adalah menyesuaikan kebijakan yang berlaku di kampus atau fakultas. Selain itu, mahasiswa juga harus memastikan bahwa kampus tersebut menyelenggarakan program semester pendek. Yang paling terakhir, pastikan mahasiswa harus menerima KHS semester ganjil terlebih dahulu. Setelah itu mahasiswa bisa mengisi KRS semester pendek yang akan diikuti. 

Nah, itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengikuti perkuliahan semester pendek. Setelah melakukan proses pelaksanaan ini, mahasiswa bisa dengan mudah mengikuti proses perkuliahan selama semester pendek. 

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar