Dunia Akademik | Dunia Mahasiswa | Seputar Pendidikan

10 Manfaat Magang Bagi Mahasiswa, Ketahui Pengertian & Tujuannya

SEVIMA.COM – Kegiatan Magang adalah salah satu kegiatan yang perlu dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa. Biasanya, kegiatan ini memang diatur oleh kampus sebagai bagian dari persyaratan kelulusan, sehingga mereka yang mengambil bagian dalam magang sudah bisa mendapatkan gelar atau memenuhi syarat untuk lulus.

Apa Itu Magang?

Magang merupakan proses untuk menerapkan keilmuan atau kompetensi yang didapat selama menjalani masa pendidikan, di dunia kerja secara langsung. Pemagang jadi bisa memahami sistem kerja yang profesional di industri sebenarnya.

Pengertian magang menurut Undang-Undang menyebutkan bahwa: magang merupakan bagian dari salah satu pelatihan kerja yang terselenggara di sebuah perusahaan.

Baca juga : Info Lengkap Jurusan/Prodi di Perguruan Tinggi, Mata Kuliah Hingga Prospek Kerjanya

Apakah Kuliah Wajib Magang?

Program magang di beberapa kampus dikenal dengan nama PKL (Praktik Kerja Lapangan). Tujuannya tentu saja untuk memperkenalkan mahasiswa pada iklim dunia kerja. Inilah mengapa di beberapa kampus, PKL menjadi salah satu mata kuliah wajib. Artinya, setiap mahasiswa wajib menempuh fase internship.

Terlepas dari mata kuliah wajib atau tidak, program magang seperti PKL memiliki banyak sekali manfaat bagi mahasiswa. Jadi, ketika menempuh hal tersebut, ada baiknya kamu manfaatkan dengan baik setiap prosesnya. Bagaimanapun, ilmu dan pengalaman saat magang belum tentu bisa didapatkan selama empat tahun masa perkuliahan. 

Apa Tujuan dan Manfaat Magang?

Tujuan magang yang utama adalah mempersiapkan para pelajar/mahasiswa untuk masuk dunia kerja dan bisa memberi keterampilan yang dibutuhkan industri. Bahkan sekarang kemendikbud-Ristek sangat mendukung program magang ini dengan mengeluarkan kebijakan kampus merdeka dan magang bersertifikasi.

Namun hal ini tidak semulus yang sering orang perkirakan karena kamu masih harus bersaing dengan kampus-kampus lain dalam hal kesempatan ikutan magang. Lalu, apa manfaat magang?

Baca juga : Keuntungan Magang Kampus Merdeka di Kantor SEVIMA

Manfaat dari Magang Untuk Mahasiswa

Banyak banget manfaat kegiatan magang ini, Maka dari itu, sayang banget kalau kamu tidak memanfaatkan masa-masa magang dengan baik. Apalagi, program magang memiliki banyak manfaat yang bisa berguna buat kamu nantinya. 

Nah, kira-kira pa manfaat magang bagi mahasiswa? Yuk simak dibawah ini 10 manfaat magang bagi mahasiswa terutama untuk mereka yang ingin langsung bekerja. Semoga membantu!

1. Mempraktikkan apa yang didapatkan di perkuliahan

Orang bijak pernah mengatakan, “orang berilmu bukan orang yang sekolah tinggi, tapi yang tau cara menyelesaikan berbagai persoalan menggunakan ilmunya”. Dengan mengikuti program magang, ilmu-ilmu yang kamu dapatkan di perkuliahan akan bisa langsung kamu praktikan untuk mengatasi permasalahan nyata.

2. Belajar bersosialisasi

Ini dia manfaat magang yang selanjutnya. Bergaul bersama teman-teman saat kuliah dengan rekan-rekan di tempat kerja sangatlah berbeda. Di dunia kerja, seakrab apapun kamu dengan teman di kantor, ada batasan profesionalisme yang harus dijaga.

Contohnya, kamu memiliki teman akrab yang berbeda departemen, tetapi saat memeriksa hasil pekerjaan mereka, kamu tetap harus bisa bersikap objektif dan tidak begitu saja menerima suatu laporan hanya karena kalian dekat secara personal.

Baca juga : Tips Menjalani Kuliah Sambil Magang ala Kemendikbud Ristek 

3. Tingkatkan kualitas diri

Kemampuan komunikasi kamu tentu akan meningkat karena kamu perlu berkoordinasi dengan kolega lainnya, hal ini akan sangat berdampak positif ke semua aspek dalam hidup kamu. Perusahaan pun akan melihat ini sebagai nilai plus saat kamu melamar setelah wisuda.

4. Eksplor berbagai karier/pekerjaan

Bingung pilih pekerjaan adalah salah satu masalah lulusan perguruan tinggi sekarang. Kebingungan itu disebabkan karena kurangnya pengalaman di dunia kerja secara langsung.

Dengan mengikuti magang, kamu bisa memikirkan dan merefleksikan apakah pekerjaan yang kamu lakukan ketika magang memang bidang yang kamu minati atau tidak. Pengalaman tersebut akan sangat berguna bagi keputusan karier kamu selanjutnya.

5. Meningkatkan relasi dalam lingkungan profesional

Semakin banyak relasi dalam lingkungan profesional, kamu akan mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk belajar keahlian dalam suatu bidang, mendapatkan mentor yang berpengalaman, dan mendapatkan berbagai kesempatan besar lainnya seperti mendapatkan partner bisnis, partner dalam bekerja (dipilih sebagai karyawan tetap), ataupun partner hidup (yang biasa disebut dengan jodoh).

Baca juga : Program Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka

6. Menambah pengalaman kerja pada resume

Tahukah kamu bahwa resume atau CV kamu sangat berharga dalam dunia kerja? Pengalaman magangmu bisa juga kamu masukkan dalam daftar resume loh. Hal ini perlu dilakukan karena pengalaman tersebut bisa menjadi bahan acuan penilaian bagi pewawancara yang akan mewawancaraimu saat kamu melamar pekerjaan.

Apalagi jika kamu mendapat predikat yang memuaskan dalam magang tersebut, tentu kamu akan mendapat penilaian lebih dan berpeluang besar untuk diterima di perusahaan yang ingin kamu masuki.

7. Membaca karakter orang lain

Salah satu manfaat magang yang perlu kamu tahu adalah bisa membantumu mempelajari karakter orang lain di kantor. Dengan begitu, kamu jadi bisa tahu bagaimana cara menyampaikan informasi dengan efektif dan meminimalisir kesalahpahaman. Hal ini sangat berguna bukan hanya selama menjalani masa magang, tapi juga untuk bekal kamu di kemudian hari.

8. Hidup dalam perbedaan

Kantor adalah tempat yang tepat untuk belajar menghadapi pekerjaan. Ada banyak pribadi yang berbeda, sudut pandang yang berlainan, serta bermacam ide yang dilemparkan. Saat kuliah, walaupun kamu diajarkan untuk bersikap kritis dan berbeda pendapat saat berdiskusi, tapi tetap saja kondisinya berbeda dengan di tempat kerja. Maka dari itu, belajar menghadapi perbedaan saat melakukan kerja magang bisa jadi latihan yang baik untuk menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.

Baca juga : Terbaru, 30+ PTN & PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2022

9. Mengenal politik kantor

Manfaat magang yang satu ini bisa dibilang adalah hal yang kurang menyenangkan, tapi faktanya terjadi di setiap kantor. Politik kantor adalah hal yang tak bisa dihindari, tapi bukan berarti kamu harus ikut terlibat di dalamnya. Sikut-sikutan antar karyawan dan saling menjatuhkan antar manajer bisa jadi terjadi juga di tempat kamu magang. Dengan belajar mengenal seperti apa politik kantor itu, kamu pun akan tahu pentingnya menghindari hal tersebut. Jika itu terjadi, tak usah ambil pusing. Cukup kerjakan tugasmu seperti biasa, dan jangan condong pada salah satu pihak.

10. Kamu juga dapat memperoleh penghasilan tambahan

Salah satu hal terpenting yang seringkali membuat pelajar atau mahasiswa tertarik pada program magang adalah uang saku tambahan yang bisa diperoleh. Meski tidak semua peluang magang menawarkan gaji atau upah, tetapi penghasilan yang akan kamu dapatkan dari magang tentu bisa menjadi pertimbangan sebelum memilih lokasi. 

Jangan membayangkan bahwa penghasilan yang kamu peroleh dari magang akan sebesar pendapatan karyawan tetap di sana. Mungkin kamu bisa mendapatkan seperempat atau bahkan setengah dari pendapatan karyawan. Tetapi jangan berkecil hati karena pengetahuan yang kamu dapatkan ketika kamu magang akan sangat berkontribusi bagi masa depan kamu.

Baca juga : 5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Mengapa magang penting bagi mahasiswa baik itu yang belum bekerja maupun sudah bekerja?

Kita sudah tahu banyak manfaat magang ini. Selain yang telah disebutkan, ada banyak hal lain yang menjadi alasan mengapa program magang penting bagi mahasiswa, di antaranya untuk:

  1. Bekal Saat Lulus 
  2. Menambah Pengalaman 
  3. Memperluas Jaringan 
  4. Kesempatan Direkrut
  5. Memperkaya CV

Saat melamar pekerjaan, hal pertama yang dilihat oleh perekrut adalah surat lamaran dan CV (curriculum vitae). Jika kamu pernah mengikuti program internship, jangan ragu untuk mencantumkan pengalaman tersebut pada CV-mu.

Apa Manfaat Magang Bagi Perusahaan?

Manfaat magang tidak hanya bagi mahasiswa tapi juga bermanfaat untuk perusahaan. Salah satu keuntungan magang bagi perusahaan itu perusahaan bisa brainstorming sama anak magang tentang bagaimana mereka sebagai ‘orang luar’ melihat produk/jasa perusahaan. Selain itu, perusahaan juga bisa dapat ide-ide baru yang sebelumnya belum pernah dipikirkan atau justru malah bisa dikembangkan.

Karena anak magang baru masuk dengan kondisi yang ‘fresh’ dibanding dengan karyawan yang sudah lama kerja di perusahaan itu, mereka masih banyak ide yang bisa dituangin atau malah bikin ide yang bisa jadi inovasi baru untuk berjalannya perusahaan.

Apa Manfaat Magang Bagi Universitas / Kampus?

Selain itu, magang juga sangat bermanfaat untuk perguruan tinggi, diantaranya; 

  1. Terjalinnya kerjasama/ hubungan baik antara Universitas dengan perusahaan tempat mahasiswa magang, 
  2. Universitas dapat meningkatkan kualitas lulusannya melalui pengalaman kerja Magang.
  3. Dan universitas akan lebih dikenal di dunia industri.

Itulah pentingnya kesempatan magang bagi mahasiswa, perusahaan dan kampus. Jadi, apabila berkesempatan menjalani program ini, nikmati prosesnya. Serap ilmu sebanyak-banyaknya dan jangan ragu untuk mencoba hal baru. Karena saat terjun di dunia kerja nanti, pengalaman saat magang akan sangat membantu. Kalau kamu lagi cari jurusan yang cocok untukmu bisa cek disini Info Lengkap Jurusan/Prodi di Perguruan Tinggi, Mata Kuliah Hingga Prospek Kerjanya

Bagikan artikel ini
TAGS :
magang

Komentar