7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Info SEVIMA • 28 Jun 2022

200 Kandidat Calon Penerima Beasiswa Semesta 2022 Mengikuti Tes Hackathon

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Beberapa waktu lalu, kegiatan Beasiswa SEMESTA berhasil dilaksanakan melalui beberapa tahapan. Mulai dari seleksi administrasi hingga CBT.  Hingga pada Sabtu (25/06) kemarin, tahap ketiga beasiswa SEMESTA (hackathon) berhasil digelar. 

Hackathon sendiri merupakan istilah yang biasa digunakan untuk kegiatan kompetisi pemrograman atau bidang ilmu lain, misalnya graphic designer. Kegiatan ini akan berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari. 

Dalam tahapan beasiswa SEMESTA ini, seleksi hackathon ini digunakan untuk mengetahui kemampuan para peserta. Dengan begitu, para peserta akan berlomba menunjukkan kebolehannya dalam mendapatkan beasiswa tersebut. 

Baca juga: Ketat, 500 Peserta Ikuti Seleksi Tahap Kedua Beasiswa SEMESTA 2022

Rangkaian Kegiatan Hackathon 

Menurut Zainudin Abdullah, selaku ketua pelaksana Beasiswa SEMESTA, ada beberapa rangkaian kegiatan yang diikuti oleh para peserta. Mulai dari pemberian instruksi, pengerjaan, dan penyelesaian task

Yang pertama,  akan diberi instruksi langsung oleh para juri. Instruksi ini berisikan informasi detail seputar pengerjaan task yang akan dikerjakan. Setelah itu, peserta akan mengeksekusi seluruh tema dan sudah diberikan oleh para juri untuk menghasilkan sebuah karya terbaik dari mereka. 

Kedua, peserta mengerjakan seluruh rangkaian ide yang dimiliki tersebut. Selama proses pengerjaan ini, peserta akan menuangkan ide, menyusun strategi, dan mengkaji ulang task yang sudah dikerjakan tersebut. 

Setelah peserta berhasil menyelesaikannya, mereka akan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu presentasi hasil karya para peserta. 

Antusias Peserta Hackathon

Tak disangka, antusias para peserta sangat tinggi selama kegiatan ini berlangsung. Banyak peserta yang merasa cukup tertantang dengan tema yang dikerjakan selama hackathon kali ini. 

Muhammad Januar Rifqi Nanda, salah satu peserta programmer, merasa sangat tergantung dengan tema yang diberikan. Menurutnya, tema kali ini tergolong jarang. Ia pun baru pertama kali membuat tema ini. 

“Tema kali ini cukup menantang. Saya jarang mengerjakan tema pendidikan semacam ini. Jadi ini merupakan pengalaman pertama bagi saya,” ujarnya. 

Sementara itu, I Made Nugrahe Jaye Putra juga mengatakan hal serupa. Ia cukup tertantang dengan adanya kompetisi ini. 

“Saya merasa tertantang dengan adanya kompetisi ini. Secara tak langsung juga bisa meningkatkan skill saya,” kesannya.  

Selaku ketua panitia, Zain juga menuturkan bahwa antusia peserta di tahun ini sangat luar biasa. Bahkan ada peserta yang rela mengerjakan task tersebut hingga pagi menjelang. 

“Kompetisi kali ini sangat dinanti oleh para peserta. Mereka menyambutnya dengan antusia. Bahkan, ada salah satu peserta yang mengaku mengerjakan task hingga pukul tiga dini hari,” jelasnya. 

Baca juga: Wamenparekraf Luncurkan Beasiswa SEMESTA – SEVIMA Mencari Siswa Bertalenta

Karena proses seleksi masih satu tahap lagi, diharapkan para peserta tetap menjaga semangatnya hingga proses seleksi dinyatakan selesai. 

“Semoga para peserta tetap menjaga semangatnya menjelang presentasi project pada minggu mendatang. Apapun hasilnya, yang pasti kalian sudah mengerjakan yang terbaik,” tutup Zain.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×