Beasiswa | Berita | Info Sentra Vidya Utama | Siaran Pers

Ketat, 500 Peserta Ikuti Seleksi Tahap Kedua Beasiswa SEMESTA 2022

SEVIMA.COM – Sebanyak 500 peserta mengikuti seleksi tahap kedua beasiswa SEMESTA 2022 yang dilakukan secara online dengan metode Computer Based Test  (CBT) pada hari Sabtu dan Minggu (4-5/6) kemarin. 

Seleksi tahap kedua ini mengujikan materi terkait dengan bidang yang didaftar oleh para peserta. Untuk rincianya; 203 peserta Programmer, 106 peserta UI/UX, 82 Devops, 113 Graphic Designer. Selanjutnya, peserta akan mengikuti seleksi ketiga dan keempat yaitu Hackathon dan presentasi projek. 

Rangkaian seleksi ini bertujuan untuk mengasah kemampuan para calon peserta dari segi teori maupun praktik. Sehingga setelah melalui tahapan seleksi tersebut akan didapatkan para peserta terbaik yang berhak mendapatkan beasiswa berkuliah gratis dan kontrak kerja SEVIMA selama empat tahun. 

Ketua panitia Beasiswa SEMESTA, Zainudin Abdullah, menyerukan bahwa seleksi CBT merupakan tes untuk menguji kemampuan peserta mengenai teori seputar bidang yang diikuti. 

“Pada seleksi CBT ini peserta beasiswa SEMESTA akan diuji kemampuannya seputar teori. Selanjutnya mereka akan kembali diuji melalui seleksi teknikal (Hackathon) sesuai dengan bidang masing-masing,” jelas pria yang kerap disapa Zain itu. 

Zain juga menambahkan, masih ada seleksi akhir yang wajib diikuti para peserta terpilih, yaitu presentasi projek. Tahapan presentasi projek akan diikuti oleh para peserta dengan hasil nilai akumulasi terbaik dari seleksi CBT dan Hackathon.

“Peserta yang berhak mengikuti presentasi projek adalah peserta yang berhasil mendapatkan nilai terbaik dari nilai akumulasi CBT dan Hackathon. Setelah itu mereka wajib melakukan presentasi hasil projek yang sudah mereka kerjakan,” tambah Zain. 

Euphoria kompetisi semakin terasa tatkala mereka saling berunjuk taring  saat mengerjakan berbagai macam soal yang dihadapi. Ditambah dengan semangat yang membara dalam berebut kursi terbaik, membuat hawa kompetisi semakin terasa pada proses seleksi beasiswa SEVIMA berlangsung. 

Setelah tes ini berakhir, panitia mendapatkan beberapa nilai menakjubkan yang didapatkan para peserta. Di antaranya, nilai tertinggi 86 pada peserta programmer, 94 pada peserta UI/UX, 90 pada peserta Devops, dan 94 pada peserta Graphic Designer. 

Pada seleksi CBT ini rupanya meninggalkan pengalaman yang mengesankan bagi para peserta. Salah satu peserta dari bidang desain grafis, Tiara Tania Rahmadani, mengutarakan pengalamannya saat  mengikuti seleksi online ini. 

“Saya merasa sangat nervous saat memulai mengerjakan soal CBT. Namun selama mengerjakan soal tersebut, saya berusaha yakin dengan kemampuan saya. Syukurlah, saat itu saya bisa selesai dengan sisa waktu 24 menit,” ujar peserta asal Surabaya tersebut.  

Senada dengan Tiara, Habibi Ghifari juga merasakan momen CBT yang mengesankan. Ia mengungkapkan bahwa tes kali ini sangat seru. Butuh ketelitian yang tinggi saat mengerjakan soal-soal yang harus diselesaikan. 

“Alhamdulillah tidak ada kendala apapun saat mengerjakan soal tersebut. Semua berjalan lancar sampai akhir. Semoga bisa lolos ke tahap selanjutnya,” pungkas Habibi saat di wawancara oleh tim SEVIMA. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar