Dunia Kampus | Dunia Mahasiswa | Tips & Trik

Mahasiswa, Ini 4 Tips Persiapan Karier yang Harus Diketahui!

SEVIMA.COM – Persiapan diri demi meraih karier yang cemerlang di masa mendatang merupakan suatu hal penting bagi mahasiswa. Membahas hal tersebut, Dio Anamia selaku Talent Management and Inclusive Learning HR Manager Zen Rooms membagikan tips bagi mahasiswa terkait persiapan karier saat lulus kuliah yang dapat dilakukan sejak dini.

Dalam webinar Career Class 2.0 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ), Dio menjelaskan, persiapan karier menjadi salah satu faktor pembangun kepercayaan diri mahasiswa saat mencari pekerjaan nantinya.

Baca juga : Aplikasi KarirLink, Bantu Fresh Graduate Temukan Kerja Pertama

4 Tips Persiapan Karier yang Harus Diketahui Mahasiswa

  1. Jadilah fleksibel tapi realistis
  2. Memetakan keterampilan
  3. Membangun portofolio
  4. Perluas networking dan temukan mentor

Menurut Dio Anamia, terdapat 4 cara efektif supaya mahasiswa mampu mempersiapkan karirrnya secara matang. Pertama, jadilah fleksibel tapi realistis.

Dio menyampaikan, realistis yang dimaksud adalah mempertimbangkan pekerjaan di luar jurusan atau lingkup pembelajaran semasa kuliah.

Hal ini perlu dilakukan karena rencana karier terbaik adalah yang mencakup beberapa opsi pilihan pekerjaan yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan calon pelamar kerja.

“Dengan membuat rencana yang fleksibel namun tetap realistis,” katanya melansir laman resmi ITS di its.ac.id, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Dosen UNAIR Berikan Tips Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Kedua yaitu pentingnya memetakan keterampilan. Lanjut Dio, sejenak melupakan jurusan dan gelar dilanjutkan dengan memikirkan tentang apa saja keterampilan yang telah dipelajari mahasiswa semasa kuliah.

Menurutnya, hal tersebut tidak akan sia-sia karena gelar adalah bukti bahwa seseorang telah mempelajari keterampilan yang dikuasainya saat ini.

Dio mengungkapkan tips ketiga yaitu membangun portofolio. Dengan cara mengikuti program magang, mengambil kursus, melakukan volunteer, serta mencoba hal baru yang belum pernah dilakukan mahasiswa.

“Karena proses ini merupakan kesempatan untuk belajar untuk mengenali diri sendiri,” ungkap alumnus Universitas Indonesia ini.

Tips terakhir yakni perluas networking dan temukan mentor. Dio mengatakan dengan memperluas jaringan mahasiswa dapat menggali ilmu sebanyak-banyaknya.

Wawasan baru dapat diperoleh dari mentor, teman, ataupun senior yang sudah profesional. Cobalah bergabung dengan berbagai komunitas dan cari tahu informasi seputar perusahaan melalui sosial media.

“Mentor dan networking ini penting karena dapat memberikan insight baru,” tegas Dio.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 3 Tips Jago Public Speaking yang Baik Untuk Pemula

Dalam webinar bertajuk How To Develop Personal Future Career Path, Dio menegaskan bahwa keempat tips di atas itu penting untuk diperhatikan mahasiswa guna menghadapi segala perubahan di era new normal.

Karena berbagai permasalahan masa pandemi tentunya memberikan pengaruh dan tantangan besar bagi seorang fresh graduate dalam mencari pekerjaan.

“Sehingga mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan maupun kualitas diri agar dapat bersaing nantinya di dunia pekerjaaan,” pungkas Dio.

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar