Dunia Kampus | Teknologi | Tips & Trik

5 Aplikasi Penunjang Belajar dari Rumah, Agar Makin Efektif

SEVIMA.COM – Kemendikbud telah memberikan izin Belajar dari Rumah yang merupakan bentuk upaya  membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19 ini.

Namun kegiatan belajar mengajar yang dikerjakan di rumah untuk sebagian siswa atau mahasiswa dirasa kurang efektif. Belum lagi pertemuan konsultasi skripsi dengan dosen yang gak bisa dilakukan secara tatap muka. Tapi tenang aja guys, berikut 5 aplikasi penunjang belajar dari rumah, agar makin efektif. Yuk simak!

1. Aplikasi Note

Pasti banyak banget dari kamu yang suka kelupaan mencatat tugas-tugas perkuliahan. Apalagi di situasi seperti ini banyak membuat tugas dari kampus menumpuk dan akhirnya terbengkalai karena lupa. Nah, jangan sampai kaya gitu ya kawan! Sekarang ini tersedia banyak sekali aplikasi note di android maupun di ios, seperti evernote, colornote, omni note, google keep dan aplikasi terbaik lainnya.

Caranya mudah kok! Kamu tinggal download saja aplikasi tersebut di playstore atau di appstore. Dengan mempunyai aplikasi tersebut, pasti dijamin tugas-tugas dan kegiatan mu akan tertata dengan baik.

2. EdLink

Salah satu aplikasi pembelajaran yang dikembangkan langsung oleh SEVIMA ini juga sangat mempermudah kamu dalam menjalankan masa-masa perkuliahan online ini. Di dalam aplikasi ini sudah tersedia laman ujian online, pengumpulan tugas, absensi, rekap nilai, dan beberapa hal yang sangat membantu.

Gak hanya itu, dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga akan dengan mudah untuk berdiskusi dengan dosen dan teman-temanmu, lho. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini melalui playstore. Dengan EdLink ini, kamu juga akan tersambungkan dengan Siakad Cloud dari perguruan tinggi kamu. Dengan memakai aplikasi ini, semua pasti akan tercover dengan mudah bila. Waw, menarik ya!

3. Microsoft Office Mobile

Ini merupakan salah satu aplikasi gratis terbaik dan favorit yang dimiliki oleh siswa atau mahasiswa. Kamu tidak perlu susah membawa laptop. Kamu hanya cukup menggunakan aplikasi Microsoft Office Mobile ini melalui gadgetmu. Kamu bisa membuat dan membuka dokumen MS Word dan MS Excel dari handphone.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Keuangan Selama Physical Distancing untuk Mahasiswa

4. Hi-Q MP3 Voice Recorder

Tool yang satu ini sangat penting banget buat kamu, lho. Kemampuannya dalam merekam suara bisa kamu jadikan pilihan terbaik dalam meningkatkan kualitas belajarmu sehari-hari. So, bisa dikatakan bahwa aplikasi ini sangat cocok banget buat kamu yang suka ketinggalan mencatat pelajaran atau kurang fokus saat jam pembelajaran di dalam kelar.

Gak tanggung-tanggung, dalam menggunakan aplikasi ini, kamu bisa merekam suara dengan jernih (320-kbps bitrate) dan tentunya kapasitas memori penyimpanan yang cukup besar.

5. Google drive

Bagi kamu yang memiliki tugas sangat banyak dan kapasitas memori penyimpanan di laptop terbatas, kamu bisa mencoba tool ini. Perangkat lunak satu ini didesain khusus untuk membuat penyimpanan data yang tentunya dengan kapasitas 15 GB.

Saat menggunakan google drive pun, juga mempermudah kamu dalam penyimpanan data. Karena kamu akan dengan mudah mengakses google drive ini dimana pun dan kapanpun hanya dengan membuka email kamu. Selain itu, dalam penyimpanan data di google drive ini juga bisa kamu share ke beberapa temanmu apabila proses pengerjaannya dikerjakan secara berkelompok.

Ternyata beberapa tools tersebut memang benar-benar sangat membantu sekali ya selama masa pandemik ini. Nah, bagi kamu yang masih belum menggunakan aplikasi tersebut untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, bisa dicoba deh. Pasti kegiatan belajar mengajarmu akan terselesaikan dengan mudah. Selamat belajar dan selamat mencoba ya!

Bagikan artikel ini
Download Nulled WordPress ThemesDownload WordPress ThemesDownload Nulled WordPress ThemesFree Download WordPress Themesonline free coursedownload coolpad firmwareDownload Best WordPress Themes Free Downloadonline free course

Komentar