Dunia Kampus | Tips & Trik

5 Tips Mengatur Keuangan Selama Physical Distancing untuk Mahasiswa

SEVIMA.COM – Selama masa wabah Covid-19 ini, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk lebih berdiam diri di rumah. Mulai dari proses belajar mengajar dalam perkuliahan hingga pekerjaan kantoran yang diwajibkan untuk melakukannya di dalam rumah saja. Kegiatan yang dilakukan di dalam rumah itu bertujuan untuk memutus mata rantai Covid-19 yang sedang mewabah.

Hal yang paling merasakan dampaknya adalah para mahasiswa yang jauh dari tempat asal. Kebanyakan dari mereka harus tetap stay di tempat rantau sehingga tidak bisa kembali ke kampung halaman. Beberapa dari mereka pasti sangat bosan karena hanya melakukan kegiatan di dalam rumah. Akibatnya mereka lebih sering memantau platform online untuk belanja. Nah, hal seperti ini nih yang bikin mereka suka kalap. Untuk itu, coba deh lakukan 5 cara jitu berikut untuk mengatur keuangan anak rantau selama melakukan masa physical distancing.

1. Beli bahan makanan secukupnya

Meskipun kamu berada jauh dari orangtua, setidaknya tidak membuat kamu menyetok makanan yang sangat banyak di dalam kost. Hal ini bisa menyebabkan kamu tidak mengolah atau memakan bahan makanan tersebut. Kalau kamu terlalu banyak menyimpan makanan bisa jadi akan menyebabkan bahan makanan tersebut menjadi mubadzir. Maka dari itu kamu harus bisa memproyeksikan sebelum membeli.

2. Jangan tergoda belanja online

Meskipun sekarang sedang banyak diskon yang ditawarkan di platform online, kamu harus bisa menahan nafsu belanjamu ya. Kamu harus memperkirakan pengeluaranmu selama masa karantina ini. Jangan sampai kalap yang berujung bikin kantong jebol.

3. Hindari terlalu banyak beli makanan online

Karena sudah melakukan kegiatan di dalam tempat tinggal yang relatif lama, jangan sampai buat kamu terlalu suka iseng untuk jajan dari makanan online ya. Ingat, kamu adalah anak rantau yang jauh dari daerah asal. So, kamu harus lebih bisa mengatur pengeluaranmu dengan baik dan benar.

Baca juga: 5 Tips Kuliah Online Agar Lebih Efektif Selama Social Distancing

4. Lebih baik memasak makanan sendiri

Biar kamu lebih hemat dan bisa menjamin kebersihan makanan, kamu bisa coba nih untuk memasak makananmu sendiri. Sehingga kamu juga bisa menekan keuangan agar tidak terlalu membengkak.

5. Buat planning keuangan selama sebulan kedepan

Bagi kamu anak rantau yang jauh dari orangtua, kamu harus bisa mengatur keuangan dengan baik dan benar. Seperti masa pandemic seperti ini, kamu harus teliti dan benar mengatur keuanganmu. Yang paling penting adalah utamakan untuk membeli barang prioritas ya.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan agar menghindari keuangan yang membengkak selama masa pandemic ini. Jangan lupa untuk selalu catat pengeluaranmu meskipun kamu berada di kost. Selamat mencoba dan jaga kesehatan ya, tetap dirumah dengan perkuliahan online EdLink.id.

Bagikan artikel ini
Download WordPress Themes FreeDownload WordPress Themes FreeFree Download WordPress ThemesFree Download WordPress Themesdownload udemy paid course for freedownload karbonn firmwarePremium WordPress Themes Downloadlynda course free download

Komentar