Dunia Dosen | Info Sentra Vidya Utama

5 Strategi Sukses Ajukan Jabfung secara Online

SEVIMA.COM – Dalam sebuah perguruan tinggi, tugas dosen tak hanya mengajar dan membimbing mahasiswa saja. Namun, dosen juga memiliki kewajiban untuk menaikkan pangkat mereka. Proses kenaikan pangkat pada dosen ini biasanya diajukan melalui jabatan fungsional (jabfung). 

Dalam melakukan pengajuan jabfung bisa dilakukan dengan sangat mudah. Salah satunya bisa dilakukan dengan proses online. Cara pengajuan online ini dinilai cukup efektif dan efisien. Dosen cukup mengakses situs yang tersedia, kemudian melakukan proses unggah data yang dibutuhkan pada laman tersebut. bahkan untuk melihat pengumuman pun dosen cukup melakukan secara online saja. 

Meskipun seluruh proses tersebut dilakukan secara online, namun bukan berarti Anda terlepas dari kesalahan. Pengajuan jabfung secara online ini bisa sangat ringkas dan mudah bila dipersiapkan dengan tepat. 

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal? Berikut adalah tipsnya.

Baca juga : Mau Jadi Lektor Kepala, Ini Cara Perhitungan Angka Kredit Dosen

Cara Pengajuan Jabfung Dosen Secara Online

 1. Patuhi dan tertib terhadap seluruh administrasi

Untuk bisa melaksanakan jabfung dengan baik, Anda harus tertib dalam melakukan penyimpanan seluruh administrasi. Terlebih data-data serta berkas yang dimiliki. Anda harus menyiapkan dengan baik agar Anda tidak kesulitan saat menggunggah dokumen tersebut. 

Misalnya Anda mengikuti kegiatan penelitian. Maka SK yang Ana terima harus Anda simpan dalam bentuk google drive. Dengan begitu Anda akan lebih mudah saat melakukan pengunggahan data tersebut. 

2. Ikuti kegiatan pengabdian masyarakat

Untuk bisa menunjang kegiatan Anda dalam penelitian, Anda bisa mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini akan membantu Anda lebih mudah dalam meningkatkan angka kredit yang dimiliki. 

Kegiatan pengabdian masyarakat yang Anda lakukan juga bisa Anda tuangkan dalam bentuk jurnal atau pun buku. Nah, hal seperti ini rupanya juga bisa membantu Anda menghasilkan nilai yang lebih tinggi.

Baca juga: Cara Perhitungan Angka Kredit Dosen 

3. Melakukan upgrade ilmu

Agar ilmu yang disampaikan dosen terus bergulir, Anda bisa melakukan upgrade keilmuan. Upgrade keilmuan ini bisa dalam bentuk seminar atau sertifikasi lainnya. Jika Anda mendapatkan sertifikat dari kegiatan tersebut, maka Anda akan mudah untuk mendapatkan nilai plus. 

4. Mengikuti research club

Dosen dan penelitian memang tak bisa dipisahkan. Makanya tak heran jika seorang dosen harus mengikut penelitian untuk menunjang karir mereka. 

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengikuti research club ini. Melalui research club ini dosen bisa lebih banyak menghasilkan karya penelitian atau pengabdian dengan rekan sejawat. 

Baca juga : Bagaimana Penilaian Angka Kredit Dosen, Seberapa Pentingkah?

Selain memperhatikan komponen berkas yang dikumpulkan, Anda bisa memperhatikan berkas yang harus detail dan rapi. Jadi ketika melakukan upload file, Anda tak perlu bolak balik saat mengajukannya. 

Itulah kelima langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengajukan jabfung. Proses pengajuan ini bisa membantu Anda lebih mudah saat melakukan proses jabfung. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar