Dunia Kampus | Info Kuliah

Auto Lolos! Ini 5 Tips Jitu Lolos Masuk UGM Langsung dari Rektornya

SEVIMA.COM – Siapa sih yang gak pengen masuk Universitas Gadjah Mada (UGM). Pasti banyak banget dari kamu yang pengen masuk ke UGM kan? Gak heran lagi dong tentunya, UGM merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia yang selalu dibanjiri dengan jumlah pendaftar setiap tahunnya. 

Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU ASEAN Eng,mengungkapkan bahwa perguruan tinggi ini selalu diserbu puluhan ribu pendaftar. Namun, hanya yang terpilih saja yang akan masuk di kampus ini.

“Setiap tahun UGM selalu diserbu puluhan ribu pendaftar. Pada tahun 2020 saja misalnya, jumlah pendaftar UM UGM mencapai 76.000 calon mahasiswa. Namun, hanya yang terpilih saja yang akan menjadi mahasiswa UGM,” jelas Prof. Panut. 

Melihat tingkat keketatan pesaing di UGM ini, pastinya sebagai pendaftar kamu harus mengantisipasinya dengan baik. Rasa khawatir gak lolos itu wajar kok, namun jangan khawatir dulu ya. Rektor UGM bakal kasih tips dan trik untuk bisa lolos masuk ke UGM dengan lancar. 

Baca juga: 3 Faktor UGM Diminati Banyak Calon Mahasiswa

1. Mengulang latihan soal ujian

Untuk bisa masuk ke UGM, pasti banyak sekali soal yang harus diselesaikan oleh calon mahasiswa. Bahkan kemiripan soal tersebut dari tahun ke tahun sangatlah berbeda. Diungkapkan oleh Prof. Panut, UGM menyediakan ribuan soal untuk mengantisipasi kebocoran soal yang terjadi.

“UGM siap menyiapkan ribuan soal agar tidak terjadi kebocoran dan kemiripan soal saat tes. Makanya, bagi calon mahasiswa yang bisa mengerjakan soal ini dengan lancar, pasti Ia memiliki kecerdasan yang tinggi. Tak hanya itu saja, selain kepintaran, tingkat kemampuan calon mahasiswa juga bisa dilihat jika mereka rajin melakukan latihan soal. Semakin banyak latihan soal yang dikerjakan maka semakin banyak pula soal yang ditaklukkan,” ungkap Prof. Panut. 

2. Terus belajar dari kesalahan

Calon mahasiswa yang sukses adalah yang mau terus belajar. Apalagi belajar dari kesalahan. Inilah yang membuat mereka menjadi siap dalam menghadapi tes yang ada. 

“kesuksesan seseorang itu terlihat dari caranya yang mau terus belajar. Ketika seseorang mau terus belajar terutama belajar dari kesalahan, maka dia akan lebih siap menghadapi rintangan dan masa depan,” tegas Prof. Panut. 

3. Optimis

Sukses meraih sebuah mimpi harus diikuti dengan sikap optimis. Prof. Panut pun mengiyakan tentang sikap optimis ini dalam menuju kesuksesan.

 “Sukses tak jauh dari sikap optimis. Optimis di sini sangat bertujuan untuk membuat kamu lancar dalam menuju kesuksesan,” kata Prof. Panut. 

4. Belajar secara konsisten

Banyak pepatah mengatakan, belajar merupakan sebuah cara untuk membawa ke masa depan yang lebih cerah. Prof. Panut mengatakan, untuk bisa masuk ke PTN impian, calon mahasiswa perlu belajar secara konsisten. 

“Agar bisa menuju PTN impian, calon mahasiswa harus belajar dengan konsisten. Semakin banyak ilmu yang didapat melalui belajar, maka semakin banyak pula kesempatan yang bisa diraih,” ujarnya. 

5. Berdoa

Sukses tak bisa berjalan tanpa diikuti dengan doa. Calon mahasiswa harus memiliki usaha yang kuat dengan cara berdoa untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

“Agar mimpi masuk ke perguruan tinggi impian, calon mahasiswa bisa memaksimalkan dengan cara berdoa. Berdoa sangat membantu calon mahasiswa untuk bisa yakin masuk ke perguruan tinggi tersebut,” jelasnya. 

Baca juga: 10 Jurusan Paling Laris di UGM, Berani Ambil?

Masuk ke sebuah perguruan tinggi ternama seperti UGM, bukanlah mimpi belaka. Kamu bisa meraih asalkan disertai dengan usaha dan doa yang maksimal. 

Makanya, untuk membuat kamu lebih siap masuk ke PTN impian kamu bisa melakukan berbagai macam tips jitu, salah satunya melalui maukuliah.id

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar