Featured | siAkad Cloud

7 Fakta Menarik Calon Mahasiswa Baru yang Wajib Diketahui Panitia PMB

29 Mei 2020

SEVIMA.COM – Terkait dengan kegiatan yang terhambat karena Covid-19 ini, ternyata membawa dampak yang cukup signifikan terhadap dunia pendidikan. Salah satunya adalah adanya behavior baru yang muncul di kalangan para pelajar.

Terlebih lagi penggunaan teknologi yang cukup signifikan membuat perubahan yang terjadi semakin terasa. Semua urusan yang biasanya dilakukan secara tatap mata, sekarang harus dilakukan melalui dunia maya. Kegiatan seperti inilah yang tidak secara langsung akan merubah perilaku dari generasi sekarang.

Dewasa ini, generasi muda pada usia 16-24 tahun biasanya lebih dikenal dengan istilah Gen Z. Dilansir dari beberapa studi, bahwa generasi ini memiliki perbedaan dengan generasi-generasi sebelumnya. Maka dari itu, untuk menyelaraskan antara pemikiran dan kurikulum pendidikan di kampus, para panitia PMB wajib untuk mengetahui hal-hal tersebut. Kebiasaan apa saja yang biasa dilakukan oleh mereka? Berikut adalah ulasan menarik seputar Gen Z.

1. Kebiasaan para Gen Z yang sangat melek teknologi

Tumbuh dan berkembang di situasi dan kondisi yang serba modern, membuat para generasi ini sangat melek terhadap teknologi. Banyak dari mereka yang sangat mengusai teknologi dengan baik. Ditambah lagi dengan adanya wabah yang sedah melanda hampir seluruh negeri ini, membuat kemampuan mereka di bidang teknologi bisa semakin meningkat.

Untuk itu, pihak kampus harus menyiapkan teknologi yang relevan agar proses kegiatan belajar mengajar di masa yang akan datang bisa dimudahkan.

2. Terkenal dengan generasi yang kerja keras, pragmatis dan cerdas

Tidak heran lagi kalau generasi Z ini dikenal sebagai generasi yang sangat pekerja keras dan inovatif. Bisa dipastikan bahwa dari generasi inilah akan muncul ide-ide yang sangat brilian.

Tidak hanya itu, generasi Z juga dikenal sebagai generasi yang cerdas dan pragmatik. Banyak aktivitas atau habit yang mungkin akan berubah menjadi lebih baik melalui generasi ini.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Ancaman Serius Bagi Perguruan Tinggi, Apa yang Harus dilakukan?

3. Lebih memprioritaskan dunia kerja

Berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi Z ini cenderung mementingkan karir mereka di masa mendatang. Bagi mereka memiliki suatu pekerjaan harus dipikirkan mulai mereka lulus kuliah. Bisa dikatakan bahwa generasi ini cenderung mengambil pekerjaan paruh waktu sembari mereka menamatkan studi di dunia perkuliahaan.

Maka dari itu, pihak kampus juga harus memikirkan hal-hal seperti ini agar kegiatan perkuliahan bisa dijalankan dengan lancar.

4. Kurang menyukai kuliah full time

Karena mindset mereka lebih memprioritaskan dunia kerja, maka bisa dipastikan bahwa mereka  kurang menyukai perkuliahan full time. Banyak dari mereka yang akan melakukan kegiatan perkuliahan dan pekerjaan secara bersama-sama.

Jadi bisa diperkirakan bahwa mereka lebih menyukai perkuliahan dengan sistem online. Sehingga mereka bisa melakukan kegiatan perkuliahan dan kerja secara bersamaan.

Baca juga: Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB Online), Daftar Kuliah Cukup dari Rumah

5. Lebih menyukai blended learning

Hidup di era yang serba modern dan canggih, membuat generasi Z lebih menyukai metode blended learning dalam perkuliahan. Yang dimaksud blended learning disini adalah pendekatan yang dilakukan melalui metode online, namun tidak meninggalkan metode belajar mengajar di dalam kelas. Sehingga pihak kampus wajib memperhatikan  penggunaan teknologi sangat digemari oleh generasi ini.

6. Sangat menyukai metode diskusi melalui LGD

Metode pembelajaran yang digunakan oleh generasi sekarang rupanya tidak bisa disamakan lagi. Dikenal dengan generasi yang sangat menyukai diskusi, generasi ini pun rupanya juga menerapkan metode diskusi di dalam cara belajar mereka. Dengan metode LGD (Learning Group Discussion) para pelajar ini dipastikan akan lebih mendalami materi yang disampaikan oleh pendidik.

7. Sangat memprioritaskan pengalaman kerja

Bagi generasi Z, memiliki pengalaman kerja adalah segalanya. Menurut mereka, menggunakan pengalaman yang sudah dimiliki akan membantu mereka dalam menghadapi dunia luar perkuliahan dengan baik. Inilah yang perlu diperhatikan oleh pihak kampus.

Ketika memasuki dunia perkuliahan, para pelajar ini hendaknya dikenalkan dengan program kegiatan magang. Sehingga mereka akan lebih mendapatkan ilmu yang cukup ketika lulus kelak.

Memang generasi yang akan memasuki perkuliahan sekarang ini bisa dikatakan sedikit berbeda dengan generasi pada masa lalu.

Dengan mengungkap 7 ulasan mengenai fakta yang dimiliki oleh generasi Z, pihak kampus hendaknya bisa mengikuti dan menjadikannya acuan agar kegiatan belajar mengajar bisa berjalan lancar. Terlebih dengan adanya wabah Covid-19 ini, baik dari pihak kampus dan calon mahasiswa akan siap sedia untuk mendapatkan pembelajaran dengan lebih baik.

Bagikan artikel ini

Komentar