Dunia Kampus | Info Kuliah

7 Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan

SEVIMA.COM – Perguruan tinggi menawarkan banyak kebebasan akademik. Ada banyak jurusan di perkuliahan yang bisa dipilih secara bebas. Anda dapat memupuk hasrat yang ada dan menjelajahi minat baru. Anda juga akan menemukan jurusan yang akan menempatkan Anda pada jenjang karir yang Anda inginkan.

Apapun jurusan yang Anda pilih, usahakan untuk tidak memilih berdasarkan sesuatu yang menurut anda itu paling mudah, atau meniru jurusan yang diambil teman Anda, karena Anda sama saja telah menipu diri sendiri. Bahkan, anda bisa saja akan kehilangan peluang besar.

Ada beberapa jurusan terbaik ini dalam perkuliahan. Berikut kami rangkum berdasarkan penelitian yang mencakup prospek pekerjaan, gaji alumni, dan juga popularitas. Namun, ini bukan berarti setiap program studi yang tercantum di sini akan menjamin Anda untuk mendapatkan pekerjaan mapan atau gaji yang besar. Hanya saja, masing-masing jurusan ini menawarkan tantangan intelektual yang unik dan akan membantu Anda mengembangkan keahlian dan keterampilan yang bisa anda terapkan di berbagai posisi profesional.

Baca juga: Agar Tidak Menyesal, Ini 5 Pertimbangan Penting Untuk Memilih Jurusan

7 Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan

1. Komputer

Dalam jurusan ini, Anda tidak hanya akan belajar lebih banyak tentang komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak. Namun, Anda juga akan belajar tentang aplikasi pengetahuan tersebut, seperti bagaimana mengaplikasikan teknologi dengan berbagai skenario bisnis.

Sebagai jurusan ilmu komputer, Anda akan dihadapkan pada bidang-bidang seperti robotika, program pengenalan bahasa alami, kecerdasan buatan, bahasa pemrograman, analisis numerik, dan masih banyak lagi. Apa pun segmen industri yang ingin Anda kejar, pemecahan masalah adalah komponen utama dalam jurusan ilmu komputer, .

2. Komunikasi

Dalam bidang ini, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk meneliti berbagai jenis presentasi seperti pidato dan naskah juga strategi di balik pesan yang digunakan pembicara dan penulis untuk menyampaikan poin mereka. Anda akan belajar tentang pesan verbal dan nonverbal, reaksi audiens, dan berbagai efek lingkungan komunikasi yang berbeda.

Semua ini akan mempersiapkan Anda terhadap beragam pilihan karir dalam bisnis, periklanan, sumber daya manusia, hubungan masyarakat, pemerintahan, pendidikan, media, dan layanan sosial.

3. Bahasa dan Sastra Inggris

Program bahasa Inggris berfokus pada sastra, bahasa, dan penulisan. Dalam jurusan ini, anda akan menghadapi berbagai karya fiksi, puisi, dan nonfiksi yang menarik sepanjang sejarah dari berbagai belahan dunia.

Menganalisis karya pikiran dan imajinasi terbesar yang telah dihasilkan peradaban manusia pasti akan mempertajam kemampuan kritis, emosional, kreativitas, dan moral Anda. Gelar ini akan mengantarkan masa depan anda untuk berkarir dalam bidang hukum, jurnalisme, penerbitan, studi pascasarjana, dan beberapa bidang lainnya.

4. Psikologi

Jurusan psikologi fokus pada fitur-fitur pikiran manusia seperti pembelajaran, kognisi, kecerdasan, motivasi, emosi, persepsi, kepribadian, gangguan mental, dan cara-cara di mana preferensi individu kita diwarisi dari orang tua kita atau dibentuk oleh lingkungan kita.

Dilansir Kampuspsikologi.com, 3 dari 10 fakultas psikologi terbaik di Indonesia adalah UGM, UI, dan Unair. Pilih kampus yang top agar mencari pekerjaan lebih mudah setelah Anda menyelesaikan studi.

Di lapangan, psikolog berusaha untuk mendidik, berkomunikasi, dan menyelesaikan banyak masalah seputar perilaku manusia. Dalam dunia kerja, gelar ini dapat menuntun Anda untuk menjadi terapis atau konselor.

Anda juga bisa menjadi seorang guru, spesialis perkembangan anak, pengacara, atau konsultan, tergantung pada pengalaman dan studi pascasarjana yang Anda gunakan untuk melengkapi gelar Anda.

5. Ekonomi

Selain jurusan – jurusan di atas, Ekonomi juga menjadi favorit. Ekonomi melibatkan banyak sekali pemikiran kritis dan matematis. Studi tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Bidang ini merupakan ilmu yang sangat diperlukan untuk memahami seluk-beluk dunia modern. Bidang ini juga merupakan persiapan yang sangat baik untuk masa depan Anda dalam dunia bisnis, serta untuk studi pascasarjana di bidang hukum, kebijakan publik, dan studi internasional.

6. Keperawatan

Jika anda termasuk individu yang penuh kasih namun memiliki pemikiran yang hebat terkait rumitnya dunia kedokteran akan sangat cocok meniti karir dalam bidang keperawatan. Selain berkutat dengan proses evaluasi, diagnosa, dan pengobatan masalah kesehatan, ada juga peluang untuk bekerja dalam bidang yang berhubungan dengan teknologi yang terus berkembang dan sangat canggih. 

Hanya saja, ujian sertifikasi diperlukan setelah lulus dari program keperawatan terakreditasi sebelum Anda dapat terdaftar secara resmi. Tapi tenang saja, prospek pekerjaan perawat tidak hanya berlimpah tetapi juga bervariasi, tersedia dalam bidang-bidang seperti geriatri, neurologi, onkologi, kebidanan, dan pediatri.

Baca juga: Ambil Jurusan IT? Ini 7 Pilihan Karir yang Menjanjikan

7. Bisnis

Pernahkah Anda berpikir bahwa Anda terlahir sebagai pemimpin? Jika ya, gelutilah dunia bisnis. Anda akan membutuhkan keterampilan luar biasa. Jangan memandang remeh bidang ini. Anda perlu adanya bakat dalam memecahkan masalah, menghitung angka, dan membuat keputusan. Dan yang paling utama adalah keterampilan komunikasi yang baik! 

Saat belajar bisnis, Anda akan mendapatkan landasan menyeluruh dalam teori dan prinsip akuntansi, keuangan, pemasaran, ekonomi, statistik, dan fungsi sumber daya manusia. Anda akan diajari tentang bagaimana menganggarkan, mengatur, merencanakan, mempekerjakan, mengarahkan, mengendalikan, dan mengelola berbagai jenis organisasi. 

Jurusan bisnis juga akan membuat Anda memikirkan masalah seperti keragaman, etika, politik, dan dinamika lain yang berperan dalam setiap lingkungan kerja. Pastikan daya saing itu mengalir. Ingat, dunia bisnis adalah segalanya.

Itulah jurusan – jurusan di perkuliahan yang menjanjikan. Apapun jurusan yang anda pilih, pastikan anda akan benar-benar serius dalam menjalaninya. Dalam artian, anda memilihnya bukan sekedar untuk gaya-gayaan karena banyak teman yang mengambilnya. Semua kembali pada diri anda sebagai pelakunya. Semoga sukses!

Bagikan artikel ini

Komentar