Dunia Mahasiswa | Pengetahuan IT

7 Pekerjaan Paling Dicari di Dunia Cloud Computing

SEVIMA.COM– Dunia teknologi terus berkembang dengan pesat. Pekerjaan yang berbau teknologi saat ini terus dicari. Perkembangan dunia teknologi menjadi ujung tombak berkembangnya dunia industri di seluruh pelosok bumi. 

Tak heran, beberapa pekerjaan terkait Cloud COmputing yang sering dicari. Nah, beberapa pekerjaan ini bisa jadi inspirasi kamu untuk mengukir karir di masa yang akan datang. Mau tahu apa saja jurusan tersebut? Yuk simak ulasan di bawah ini. 

1. Arsitek Cloud

Arsitek di bidang Cloud rupanya juga menjadi incaran banyak orang. Pekerjaan ini menjadi salah satu kunci utama untuk merancang struktur sistem Cloud. Dengan kemampuan yang dimiliki, pekerjaan ini bisa memudahkan pengguna untuk lebih merasa aman dan nyaman saat menggunakan Cloud. 

Untuk bisa mendapatkan posisi ini biasanya dibutuhkan tenaga ahli dari jurusan Teknik Informatika atau Komputer. Selain itu, mereka harus memiliki pengaman dalam bidang Shell, VBScript, Perl/Python, dan juga Windows dan Linux.

Baca juga: Langkah Mudah Login EdLink dengan Akun siAkad Cloud

2. Cloud Software Engineer

Cloud Software Engineer atau bisa dibilang sebagai CSE. merupakan sebuah pekerjaan yang memiliki tugas untuk mendesain dan mengembangkan sebuah modul software. Yang mana software ini sangat cocok untuk melakukan integrasi dan penyimpanan penyedia Cloud. 

Buat kamu yang merupakan lulusan Teknik Informatika dan komputer, kamu bisa mendaftar di bidang ini. Syaratnya sendiri biasanya kamu bisa mengembangkan software dengan berbasis Linux, teknologi SOA, dan mengunggah software ke infrastruktur Cloud. 

3. Sales Cloud

Untuk mengembangkan dunia bisnis di bidang Cloud, lapangan pekerjaan ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka IT dan berbau bisnis. Ketika menduduki posisi ini, biasanya kamu akan diberi mandat untuk memasarkan dan mengembangkan customer di perusahaan kamu. Sehingga produk cloud yang terjual bisa meningkatkan omset yang melimpah buah perusahaan. 

Untuk posisi ini, biasanya dibutuhkan  lulusan dari bidang bisnis atau manajemen. Tak hanya itu, kamu juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dan efektif ketika menghadapi berbagai macam klien. 

4. Cloud Consultant

Agar proses pengembangan Cloud bisa berjalan dengan lancar, perusahaan pasti banyak sekali yang membutuhkan posisi ini. Posisi ini memiliki peran penting untuk mengembangkan teknologi cloud secara matang. 

Agar bisa masuk di posisi ini, maka dibutuhkan para ahli IT yang sudah bekerja sama dengan penyedia vendor-vendor penyedia layanan cloud yang terpercaya. 

5. Cloud System Engineer

Kalau yang satu ini merupakan salah satu pekerjaan yang bisa mendukung implementasi cloud. Salah satunya membangun sistem secara virtual. Sehingga implementasi cloud bisa dikembangkan dengan sangat baik. 

Lulusan Teknik Informatika atau komputer sangat dibutuhkan untuk mengisi lowongan ini. Apalagi bagi mereka yang memiliki pengalaman dunia internet, hosting, dan model OSI akan semakin pas bila mengisi posisi ini. 

6. Cloud Network Engineer

Agar proses implementasi, dukungan operasional, hingga maintenance pada perangkat bisa berjalan dengan baik, posisi ini banyak sekali dibutuhkan. Apalagi untuk memperbaiki perangkat jaringan dan jalur komunikasi dalam infrastruktur Cloud. 

Lulusan Ilmu Komputer yang memiliki berbagai pemahaman rekayasa jaringan bisa mendaftar di posisi ini. Apalagi memiliki kemampuan pemrograman, akan sangat membantu kamu masuk di posisi ini. 

7. Cloud Product Manager

Bertugas untuk melakukan identifikasi posisi produk, pemasaran, penjualan, hingga melakukan detail semua produk, posisi ini merupakan inti dari bisnis Cloud. 

Agar bisa menduduki posisi ini, maka dibutuhkan lulusan sarjana bisnis, manajemen informatika, atau beberapa orang yang memiliki pengalaman setara sangat cocok untuk masuk di posisi ini. 

Baca juga: Pakar IT “Roy Suryo”: Inovasi Cloud computing di Perguruan Tinggi Lebih Memudahkan dan Efisien

Itulah ketujuh pekerjaan yang paling dibutuhkan di bidang Cloud. Yang mana beberapa posisi tersebut memang sangat dibutuhkan saat ini. Jadi, buat kamu yang cocok dan memiliki pengalaman tersebut, buruan capai karir mu di bidang cloud. Selamat berjuang!

Buat kamu yang ingin belajar dan mengenal cloud computing di pelatihan gratis dan mendapat sertifikat, langsung saja daftarkan dirimu di kelas merdeka edlink : https://edlink.id/panel/groups/explore 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar