10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 03 Jun 2022

8 Tips Persiapan Sertifikasi Dosen (Serdos) Dijamin Lancar

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM–  Sertifikasi dosen atau Serdos merupakan salah satu momen yang penting guna meningkatkan kualitas dosen di masa yang akan datang. Serdos merupakan program dari Kemendikbud Ristek yang ditujukan kepada dosen di seluruh Indonesia agar kualitas dan kesejahteraan dosen di Indonesia bisa meningkat hebat. 

Agar seorang dosen bisa lulus melakukan Serdos ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum Serdos berlangsung.

Nah, kira-kira persiapan apa saja ya yang harus dilakukan dosen untuk mempersiapkan sertifikasi dosen 2022? Simak di bawah ini. 

Baca juga: Apa Manfaat Sertifikasi Dosen? Cari Tahu Yuk!

8 Tips Mempersiapkan Serdos 

Ada 8 tips yang bisa dilakukan oleh para dosen agar goal tersebut tercapai dalam serdos 2022. Nah, berikut adalah tips yang bisa dilakukan agar lulus serdos.

1. Dosen bisa mengikuti TKBI dan TKDA

Agar sukses lulus Serdos 2022, dosen harus lulus passing grade pada tes TKBI dan TKDA. TKBI dan TKDA merupakan penilaian wajib yang harus dipenuhi dosen untuk bisa mengikuti seleksi Serdos. Kedua tes tersebut biasanya harus disipakan oleh dosen jauh-jauh hari sebelum proses Serdos berlangsung. 

TKBI dan TKDA merupakan lembaga pelatihan yang ditunjuk dan diakui oleh Kemendikbud Ristek. Jadi, dosen harus mencari tahu terlebih dahulu semua lembaga dan organisasi yang masuk dalam kedua daftar tersebut. Nah, setelah itu dosen bisa mendaftar ke pelatihan tersebut. 

2. Dosen wajib mengikuti pelatihan PEKERTI dan AA

Syarat wajib selanjutnya adalah mengikuti pelatihan PEKERTI dan AA. Agar kedua syarat tersebut bisa dipenuhi, para dosen bisa mengikutinya jauh-jauh hari. Mengingat  jadwal pelaksanaannya tidak dilaksanakan setiap hari. 

Kedua pelatihan ini biasanya diselenggarakan oleh kampus tertentu yang penyelenggarakan PEKERTI dan AA. Jadi, bagi Anda yang ingin melaksanakan program ini, Anda harus mengikuti pelatihan tersebut sejak awal tahun. Sehingga saat Serdos gelombang pertama dimulai di pertengahan tahun, Anda bisa menyiapkan persyaratan tersebut tanpa terburu-buru. 

3. Dosen menyiapkan PDD UKTPT

Demi proses persiapan Serdos bisa berjalan dengan baik, dosen harus menyiapkan PDD UKTPT. PDD UKTPT ini merupakan beberapa unsur yang harus dipenuhi oleh dosen dalam bentuk rekaman. Rekaman tersebut meliputi kegiatan mengajar, mengabdi kepada masyarakat, dan komponen lainnya. 

Baca juga: Mau Ikut Sertifikasi Dosen, Ini Syarat & Tips Yang Harus Anda Tahu

4. Dosen wajib update data profil di SISTER

SISTER merupakan salah satu aplikasi penting yang bisa digunakan dosen untuk mengembangkan karir. Seluruh data diri beserta kegiatan dosen yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi bisa tersimpan di dalam aplikasi ini. 

Aplikasi SISTER ini sendiri terhubung dengan aplikasi lain yang berkaitan dengan dosen. Sehingga seluruh data dan penilaian terkait prestasi dosen Tri Dharma Perguruan Tinggi akan diambil melalui SISTER ini. 

5. Dosen disarankan sering berkomunikasi dan berkoordinasi dengan operator

Dosen bisa mempersiapkan serdos 2022 dengan melakukan koordinasi dan komunikasi dengan operator. Cara ini bisa memudakan para dosen untuk bisa melakukan update data pada SISTER sesuai dengan data di SISTER pusat. Ini sangat penting dilakukan lho, mengingat agar dosen bisa lulus serdos 2022 tanpa kendala. 

6. Dosen wajib dan disiplin mengerjakan BKD

BKD atau kepanjangan dari Beban Kinerja Dosen merupakan muara dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. BKD merupakan syarat utama agar Serdos yang diikuti bisa berjalan dengan lancar. Kegiatan ini sendiri biasa dilakukan selama 4 semester hingga 2 tahun berturut-turut. 

Dosen diwajibkan untuk rutin menyusun BKD dan melakukan pelaporan sesuai dengan tenggang waktu yang sudah ditentukan. Sehingga seluruh proses menuju pendaftaran Serdos bisa dilakukan tepat waktu. 

7. Dosen wajib menyiapkan rekaman penjelasan proses pembelajaran

Rekaman pengajaran dan pendidikan juga menjadi sebuah dokumentasi penting yang wajib disiapkan sebelum mengikuti Serdos. Dosen diwajibkan melampirkan video di PDD UKTPT dengan durasi maksimal 30 menit. Video tersebut bisa diambil dari proses mengajar di aplikasi Zoom atau melalui media pembelajaran lainnya. 

8. Dosen bisa bergabung dan aktif pada grup sertifikasi dosen 

Tips terakhir adalah, dosen wajib mengikuti dan aktif di grup sertifikasi dosen yang tersedia di Telegram. Di sini dosen bisa saling bertukar pikiran dan saling sharing knowledge agar sukses dan lulus Serdos. Maka dari itu, Anda bisa mengikuti grup tersebut pada Telegram yang tersedia dengan nama grup Sertifikasi Dosen Nasional.

Sebuah usaha yang dilakukan dengan persiapan yang sangat matang pasti akan membuahkan hasil. Maka dari itulah, kedelapan tips tersebut bisa menjadi gambaran tersendiri bagi dosen agar bisa lulus dan menyiapkan SERDOS 2022 dengan maksimal. Selamat berjuang! 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×