Hari ini - Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 07 Dec 2021

Ini Kendala Jika SIM Akademik Kampus Kurang Memadai

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Bagaimana kondisi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Akademik di perguruan tinggi anda? SIM Akademik merupakan salah satu hal yang paling penting untuk mengelola perguruan tinggi.

Namun beberapa perguruan tinggi masih memilih untuk menggunakan SIM Akademik yang masih membutuhkan kinerja secara manual, offline, dan tidak terintegrasi.

Sehingga kemungkinan besar akan muncul kendala-kendala yang nantinya akan merugikan perguruan tinggi, bahkan hingga sampai mempengaruhi akreditasi.

Kendala Jika SIM Akademik Kampus Kurang Memadai

Apa saja kendalannya? Cek poin-poin berikut ini :

1. Kesalahan Data saat Input KRS

Hal ini dapat terjadi pada mahasiswa dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk menggantinya jika menggunakan SIM Akademik yang belum terintegrasi dengan data kemahasiswaan.

2. Nilai Mata Kuliah Lama Update

Untuk mengupdate nilai mata kuliah akan memakan waktu yang tidak sedikit untuk crosscek nilai satu-persatu dari sekian banyak Mahasiswa.

3. Data PDDikti Tidak Lengkap dan Tidak Update

Perguruan tinggi wajib melakukan pelaporan ke PDDikti sehingga data PDDikti lengkap dan update. Namun hal itu susah terwujud jika masih menggunakan SIM Akademik yang belum terintegrasi dengan Feeder PDDikti.

4. Perpanjangan Akreditasi Terhambat

Pemantauan Perpanjangan Akreditasi tahap 1 dilakukan berdasarkan data pada PDDikti. Pemantauan tahap ini dilakukan secara machine to machine antara PDDikti dan SAPTO Ban-PT. Sehingga jika data PDDikti tidak lengkap, maka kemungkinan tidak akan lolos tahap 1 dan akreditasi kampus dapat terhambat.

Maka sangat penting menggunakan SIM Akademik yang telah terintegrasi dengan platform lain seperti Feeder PDDikti, LMS, SIM Kepegawaian, dan lain-lain.

Lalu apa yang bisa SEVIMA bantu?

Salah satu layanan penyedia Siakad berbasis cloud dan sudah dijamin stabil adalah siAkad Cloud. siAkad Cloud adalah produk andalan SEVIMA yang telah membantu banyak perguruan tinggi dalam mempermudah pengelolaan administrasi akademik, selain itu implementasinya pun singkat dan ringkas karena kampus tidak perlu menyiapkan infrastruktur, seperti server dan lainnya.

Dan paling penting adalah sudah teruji di 200 perguruan tinggi di Indonesia. Plus perguruan tinggi Anda tidak perlu tambahan tim IT untuk mengelolanya, karena telah dikonsep sesederhana mungkin. Anda bisa langsung melakukan permintaan demo disini: siakadcloud.com

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×