7 Hari Lagi - Sebelum Event Kopdar RIAU: Strategi Sukses Automasi Akreditasi Perguruan Tinggi & Prodi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita • 15 Aug 2024

Ingin Sistem Akademik Terintegrasi, Universitas Citra Bangsa Percayakan Pada SEVIMA

Erna SEVIMA

Di tengah musim penerimaan mahasiswa baru, Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang mengambil langkah strategis dengan memanfaatkan layanan SEVIMA Platform. Langkah ini merupakan bagian dari visi besar Yayasan Citra Bina Insan Mandiri (CBIM) yang menaungi kampus, untuk menciptakan sistem yang saling terintegrasi, guna memudahkan proses pengawasan dan mendukung operasional kampus secara lebih efektif.

Ketua Dewan Pembina Yayasan CBIM, Abraham Paul Liyanto, melihat perkembangan teknologi sebagai sebuah tantangan sekaligus peluang yang tak boleh disia-siakan. Ia melihat teknologi bergerak begitu cepat—tidak lagi dalam hitungan tahun, melainkan bulan, hari, bahkan jam. Untuk itu, pihak yayasan bertekad melakukan digitalisasi kampus yang saling terintegrasi.

“Karena sekarang sudah musim pendaftaran, dua bulan lagi proses belajar mengajar sudah harus jalan. Semuanya harus terintegrasi secepatnya. Teknologi dan perkembangan digital sangat cepat, tidak hitungan tahun, tapi bulan, hari, bahkan per jam,” kata Paul kepada SEVIMA, 13 Agustus 2024.

Sejak didirikan pada tahun 2019, Universitas Citra Bangsa telah mencoba berbagai layanan sistem akademik, namun belum menemukan yang sesuai dengan kebutuhan. “Kami telah mencari solusi selama beberapa tahun, namun banyak sistem yang masih terpisah-pisah. Ini menyulitkan kami dalam pengawasan dan kontrol. SEVIMA menawarkan solusi integrasi yang kami butuhkan,” ucapnya.

Namun, Paul juga menyadari tantangan terbesar bukan hanya pada sistem yang digunakan, tetapi juga pada sumber daya manusia yang mengoperasikannya. “Tantangannya terletak pada SDM. Tidak semua orang memiliki minat atau kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi baru. Jika sistem sudah ada namun SDM tidak siap, maka usaha ini bisa sia-sia,” ujarnya.

Transformasi digital yang dijalankan Universitas Citra Bangsa bukan sekadar tentang mengikuti tren, tetapi merupakan komitmen nyata untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa. Langkah ini menunjukkan bagaimana institusi pendidikan dapat berperan aktif dalam membentuk masa depan yang lebih baik melalui teknologi.

SEVIMA, sebagai perusahaan teknologi pendidikan (Edutech) pionir dalam solusi sistem informasi akademik terintegrasi di Indonesia. Selama 21 tahun, SEVIMA telah melayani 1.200 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, serta digunakan oleh 3,5 juta mahasiswa dan dosen.

Tags:

Sevima sevima platform sistem akademik

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×