Hari ini - Event Exclusive Training – Workshop Pengelolaan Keuangan Perguruan Tinggi: Mencari Solusi Alternatif untuk Masalah Anggaran, Perbendaharaan, dan Pelaporan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita • 16 Aug 2024

Dari Palopo ke Surabaya, Perjuangan Universitas Andi Djemma Menuju Digitalisasi Kampus

Erna SEVIMA

Berada 350 kilometer dari Makassar tidak menyurutkan semangat Universitas Andi Djemma Palopo untuk terus berkembang dan berinovasi. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang bercita-cita melakukan digitalisasi pendidikan, perwakilan kampus rela melakukan perjalanan panjang yang memakan waktu hingga dua hari menggunakan jalur darat menuju Surabaya. Tujuan utamanya untuk menambah wawasan dan ilmu dalam penerapan digitalisasi kampus.

Perjalanan darat dari Palopo ke Surabaya bukanlah perjalanan yang mudah. Dengan jarak yang cukup jauh dan waktu tempuh yang panjang, tentu menguras tenaga tim dari Universitas Andi Djemma. Namun, semangat mereka tidak pernah surut, karena sadar akan menjadi investasi berharga untuk masa depan kampus.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Andi Djemma Palopo, Dr. Sukriming Sapareng, SP., MP, memimpin langsung perjalanan ini. Bersama timnya, ia mengunjungi kantor SEVIMA di Surabaya. “Kami khusus belajar bagaimana pengelolaan sebuah universitas berbasis digital secara langsung di kantor SEVIMA,” kata Sukriming kepada SEVIMA pada 7 Agustus 2024.

Universitas Andi Djemma Palopo telah bekerjasama dengan SEVIMA sejak Juni 2024 dalam upaya digitalisasi kampus. SEVIMA sendiri adalah perusahaan teknologi pendidikan (Edutech) yang memberikan solusi sistem informasi akademik terintegrasi di Indonesia. Dengan pengalaman 21 tahun, SEVIMA telah melayani 1.200 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, serta digunakan oleh 3,5 juta mahasiswa dan dosen.

Selain kunjungan ke SEVIMA, rombongan Universitas Andi Djemma juga melakukan studi banding ke beberapa kampus di Jawa Timur. Di antaranya adalah Universitas Merdeka Malang, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), dan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG). Di setiap kampus, tim dari Universitas Andi Djemma mempelajari berbagai aspek pengelolaan universitas, termasuk pengelolaan pasca sarjana dan peningkatan penjaminan mutu di program studi.

“Kami juga mengunjungi beberapa universitas untuk belajar tentang bagaimana pengelolaan pasca sarjana dan meningkatkan penjaminan mutu di prodi, terutama prodi baru di pasca sarjana,” ucapnya.

Perjalanan panjang ini tidak hanya menambah wawasan dan pengetahuan bagi para perwakilan kampus, memperkuat komitmen Universitas Andi Djemma Palopo terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Semangat untuk belajar dan berkembang inilah yang akan menjadi modal utama mereka dalam mewujudkan visi kampus yang lebih modern dan berbasis digital.

Tags:

Sevima sevima platform universitas andi djemma

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×