Dunia Dosen | Dunia Kampus | Featured | Tips & Trik

Agar Bisa Menjadi PTN-BH, Kampus Harus Punya Manajemen Keuangan yang Baik

SEVIMA.COM – Standar kelayakan finansial memang menjadi salah satu hal yang paling krusial di dalam perguruan tinggi. Kelayakan finansial tersebut sangat penting untuk memenuhi seluruh kebutuhan dan kegiatan kampus. Seluruh laporan keuangan dan kegiatan yang dikelola pun harus memenuhi standar yang berlaku sesuai dengan kebutuhan kampus tersebut.

Disamping itu, untuk menjadi PTN-BH juga perguruan tinggi harus memperhatikan tata kelola sistem keuangan baik dan transparan. Sehingga pendapatan, pendistribusian, dan sumber-sumber pendanaan pun harus di perhatikan dengan baik dan detail.

Berikut 3 standar minimum kelayakan finansial perguruan tinggi di kebijakan Kampus Merdeka yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020, isinya tentang perubahan atas peraturan Mendikbud No 88 Tahun 2014 tentang perubahan perguruan tinggi negeri menjadi PTN badan hukum.

1. Pengelolaan keuangan dan aset sesuai dengan peraturan perundang-undangan

Pengelolaan keuangan dan aset di dalam perguruan tinggi sudah diatur di dalam undang-undang yang berlaku. Disebutkan dalam PP Nomor 26 Tahun 2015, bahwa setiap perguruan tinggi wajib untuk melakukan pengelolaan terhadap sumber keuangan yang dimiliki.

Terlebih perguruan tinggi tersebut sudah berstatus sebagai PTN-BH. Keuangan tersebut harus dikelola dengan baik karena anggaran tersebut bersumber dari anggaran pendapatan belanjaan Negara yang harus dipertanggung jawabkan dengan baik.

2. Laporan keuangan harus memperoleh opini wajar tanpa pengecualian selama 2 (dua) tahun berturut-turut

Laporan yang dibuat harus bersifat accountable dengan prinsip pengelolaan asset dan keuangan yang sehat. Hasil laporan yang dibuat untuk melakukan laporan keuangan yang sangatlah penting untuk melaporkan pendanaan keuangan yang sudah ada.

Sehingga, agar perguruan tinggi tersebut bisa dikatakan layak untuk berubah status menjadi PTN-BH, maka perguruan tinggi tersebut diminta untuk membuat laporan keuangan dengan catatan yang baik dan lengkap selama dua tahun berturut-turut.

Baca juga: 5 Tips Membuat Laporan Keuangan di Akhir Bulan/Tahun dengan Cepat & Akurat

3. Kemampuan menggalang dana selain dari biaya pendidikan dari mahasiswa

Biasanya, sumber penghasilan dari perguruan tinggi hanya mengacu pada keuangan dari mahasiswa dan biaya pendidikan saja. Namun, ketika perguruan tinggi tersebut akan berubah menjadi PTN-BH, perguruan tinggi tersebut juga harus mengupayakan kemampuan memperoleh pendapatan dari sumber-sumber lain.

Seperti pengelolaan tata ruang, sarana prasarana, hasil kegiatan-kegiatan yang dilakukan perguruan tinggi, dan dari berbagai sumber lainnya.

Bagaimana solusi untuk memperbaiki sistem keuangan di dalam perguruan tinggi?

Perguruan tinggi diharapkan mampu mengelola keuangan dengan benar dan transparan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki sistem keuangan pada perguruan tinggi.

Seperti halnya menggunakan kemudahan dan kecanggihan teknologi masa kini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sistem keuangan kampus, seluruh sistem keuangan akan bisa diakses dengan mudah dan transparan.

Untuk sistem keuangan yang sering digunakan oleh perguruan tinggi untuk memudahkan pengelolaan keuangan adalah sistem Finance Cloud. Dengan menggunakan Finance Cloud, anda akan dimudahkan untuk menata semua keuangan di kampus anda. Sehingga, perguruan tinggi anda pun akan mudah untuk bertransformasi menjadi PTN-BH.

Bagikan artikel ini

Komentar