Dunia Kampus | siAkad Cloud

Amankah Menyimpan Data Di Cloud SEVIMA? Dan Apa Keuntungannya?

SEVIMA.COM – Penyimpanan Cloud adalah salah satu inovasi dalam dunia teknologi saat ini atau sering kita kenal dengan cloud computing. Tapi, masih banyak yang mempertanyakan apakah sistem penyimpanan berbasis cloud itu aman? Dan, apa keuntungannya apabila kita menggunakan cloud?

Nah, jika Anda atau perguruan tinggi belum yakin dengan keamanan Cloud SEVIMA, mari kita kupas satu persatu mengenai kekhawatiran tersebut.

1. Amankah Menyimpan Data di Cloud Itu Aman?

Jika ada yang bertanya apakah cloud itu aman atau tidak, jawabannya adalah sangat aman. Keamanan informasi merupakan hal yang sangat penting setelah fleksibilitas dan aksesibilitas yang ditawarkan dalam layanan IT. Keamanan ini termasuk dalam menjaga data agar terhindar dari kebocoran informasi maupun serangan-serangan cyber yang dapat merusak data maupun penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ada tingkatan 3 data center atau “Dier 3 Data Center” yaitu merupakan data center dengan redudant storage / media penyimpanan, jaringan internet dan power yang lebih dari 1 sumber, sehingga jika terjadi masalah di line utama bisa beralih ke line cadangan tanpa down time.

Tier 3 menjamin up time 99% per tahun dengan down time kurang dari 4 jam per tahun. Komponen-komponen dalam data center dapat di ganti tanpa down time, misalkan upgrade memory / komponen CPU. Jadi, masih mikir kalau cloud itu gak aman?

2. Pentingnya Aspek Keamanan

Aspek keamanan dari sebuah layanan IT merupakan hal yang paling penting, apalagi berbicara data untuk sebuah perguruan tinggi. Oleh dari itu SEVIMA bekerjasama dengan perusahaan penyedia cloud Amazon Web Services (AWS) yang sudah terjamin keamanannya dan berstandar international. Cloud AWS juga sudah dipercaya oleh banyak super Apps di dunia dan juga Indonesia, seperti; traveloka, gojek dll.

Selain itu, AWS mengimplementasikan dan mengelola langkah-langkah keamanan teknis dan organisasional yang berlaku untuk layanan infrastruktur AWS cloud di bawah kerangka kerja dan sertifikasi jaminan keamanan yang diakui secara global, termasuk ISO 27001, ISO 27017, ISO 27018, PCI DSS Level 1, dan SOC 1, 2, dan 3. Langkah-langkah keamanan teknis dan organisasional ini divalidasi oleh penilai pihak ketiga yang independen, dan dirancang untuk mencegah akses tanpa otorisasi atau pengungkapan konten pelanggan.

Misalnya, ISO 27018 adalah kode praktik Internasional pertama yang berfokus pada perlindungan data pribadi di cloud. Ini didasarkan pada standar keamanan informasi ISO 27002 dan memberikan panduan implementasi terkait kontrol ISO 27002 yang berlaku untuk Personally Identifiable Information (PII) yang diproses oleh penyedia layanan cloud publik. Ini menunjukkan kepada pelanggan bahwa AWS memiliki sistem kontrol yang diterapkan yang secara khusus menangani perlindungan privasi konten mereka.

Langkah-langkah teknis dan organisasional AWS yang komprehensif ini konsisten dengan tujuan peraturan umum untuk melindungi data pribadi. Pelanggan yang menggunakan layanan AWS tetap memiliki kontrol atas kontennya dan bertanggung jawab menerapkan langkah-langkah keamanan tambahan sesuai kebutuhan spesifik masing-masing, termasuk klasifikasi konten, enkripsi, manajemen akses, dan kredensial keamanan.

Selain itu ada beberapa alasan mengapa aspek keamanan ini menjadi perhatian khusus dan menjadi sangat penting bagi sebuah layanan IT. Keamanan sebuah data, baik yang bersifat umum maupun sensitif telah diatur oleh hukum dan negara juga ikut bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Kewajiban menjaga data pelanggan juga telah diatur pada undang-undang perlindungan konsumen, termasuk Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), sehingga perusahaan sebagai penyedia layanan data pelanggan wajib melindungi data-data pelanggan atau mereka akan berurusan dengan hukum tindak pidana.

3. Apa Keuntungan menggunakan Cloud?

Jika sudah dijamin keamanannya, sekarang kita bicara keuntungan menggunakan cloud. Kita tahu saat ini, zaman sudah semakin berkembang dan teknologi semakin canggih. Nah, dengan menggunakan teknologi cloud computing, apa saja keuntungan yang akan didapat?

a. Hemat Biaya

Mungkin alasan ini yang menjadikan kampus ramai – ramai menggunakan cloud. Tidak mengharuskan berinvestasi server tertentu dengan beban maintenance yang tidak sedikit. Pendekatan pay-as-you-go akan memberikan kontrol penuh pada pengguna untuk melakukan scale up dan scale down sesuai kapasitas keperluan kampus. Bayangkan saja harga sebuah software Siakad perbandingan harga versi cloud dan versi desktopnya bisa hingga 5 kali lipat. Sudah hemat berapa persen itu ??

b. Fleksibilitas

Layanan berbasis cloud sangat ideal untuk perguruan tinggi yang sedang berkembang, terkait kebutuhan bandwidth. Ketika kebutuhan kampus semakin meningkat kebutuhan bandwidth juga akan meningkat, kampus anda hanya perlu upgrade paket saja, sangat praktis tidak perlu investasi hardware yang mahal :).

c. Relevan

Sejak demam mobile apps semakin banyak yang diprediksi akan terus meningkat, penggunaan cloud akan semakin relevan untuk perkembangan bisnis Anda. Diprediksi tahun 2020 70 persen perusahaan di Asia Tenggara akan memanfaatkan cloud untuk mempermudah bisnis mereka (diberitakan : metrotvnews.com). Dan masih banyak lagi.

Lalu, apalagi yang harus rekan-rekan khawatirkan. Kami yakin pelayan yang baik dan keamanan data kampus adalah segalnya bagi pihak kampus untuk menjaga kepercayaan dan sebagai tanggung jawab kampus terhadap stakeholder.

Jadi, sekarang sudah tahu kan apakah Cloud Computing aman atau tidak dan apa saja keuntungannya menggunakan penyimpanan berbasis cloud? Tunggu apa lagi yuk bergabung dengan beberapa kampus yang telah merasakan keuntungan Siakad Cloud: siakadcloud.com

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar