3 Hari Lagi - Sebelum Event SEVIMA Training – Mastering 360° Marketing Strategy for Campus Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 08 May 2023

Apa Itu LLDIKTI dan Apa Tugas dari LLDIKTI?

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COMApa itu LLDikti? Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDikti) merupakan satuan kerja di bawah Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang mempunyai tugas dan fungsi di bidang fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

LLDikti merupakan transformasi lembaga dari Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) yang dahulu mengkoordinasikan perguruan tinggi swasta di tiap wilayah kerja.

LLDikti terbentuk dengan adanya Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 15 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi pada tanggal 10 April 2018. 

LLDikti juga merupakan transformasi dari Koordinasi Perguruan Tinggi (Kopertis) yang sudah terbentuk sejak tahun 1968 dan telah mengalami beberapa kali perubahan, terakhir dengan ditetapkannya Peraturan Mendikbudristek Nomor 35 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi.

Baca juga: Pembagian LLDIKTI di Indonesia, Medan, Aceh, Surabaya Masuk LDDikti Mana sih?

Apa Tugas LLDikti?

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi bahwa LLDikti mempunyai tugas utama untuk membantu meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta di wilayah kerjanya. Adapun tugas-tugas LLDikti, meliputi:

  1. Pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan tinggi.
  2. Pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan perguruan tinggi.
  3. Pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu pengelolaan perguruan tinggi
  4. Pelaksanaan fasilitasi kesiapan perguruan tinggi dalam penjaminan mutu eksternal.
  5. Pengelolaan data dan informasi perguruan tinggi.
  6. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan fasilitasi peningkatan mutu perguruan tinggi.
  7. Pelaksanaan administrasi.

Sehingga, keberadaan LLDIKTI akan membantu masyarakat mendapatkan pelayanan pendidikan berkualitas dari seluruh perguruan tinggi di suatu wilayah. Sebab setiap kinerja, program studi, kurikulum pendidikan, dan sebagainya akan dilaporkan perguruan tinggi ke LLDikti tersebut.

Kemudian, LLDikti juga akan memastikan seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kemendikbud. Keberadaan LLDikti tentu penting untuk memastikan setiap perguruan tinggi mampu menyelenggarakan pendidikan berkualitas.

Pembagian Wilayah LLDIKTI di seluruh Indonesia

Dalam Permendikbud Nomor 24 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi bahwa LLDikti memiliki cakupan 16 wilayah kerja yang tersebar di seluruh Indonesia. Berikut ini adalah pembagian wilayah LLDikti, meliputi:

  1. LLDikti Wilayah I berlokasi di Medan dengan wilayah kerja Provinsi Sumatera Utara.
  2. LLDikti Wilayah II berlokasi di Palembang dengan wilayah kerja Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung.
  3. LLDikti Wilayah III berlokasi di DKI Jakarta dengan wilayah kerja Provinsi DKI Jakarta.
  4. LLDikti Wilayah IV berlokasi di Bandung dengan wilayah kerja Provinsi Jawa Barat dan Banten.
  5. LLDikti Wilayah V berlokasi di Yogyakarta dengan wilayah kerja Provinsi DI Yogyakarta.
  6. LLDikti Wilayah VI berlokasi di Semarang dengan wilayah kerja Provinsi Jawa Tengah.
  7. LLDikti Wilayah VII berlokasi di Surabaya dengan wilayah kerja Provinsi Jawa Timur.
  8. LLDikti Wilayah VIII berlokasi di Denpasar dengan wilayah kerja Provinsi DKI Bali dan NTB.
  9. LLDikti Wilayah IX berlokasi di Makassar dengan wilayah kerja Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.
  10. LLDikti Wilayah X berlokasi di Padang dengan wilayah kerja Provinsi Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Jambi.
  11. LLDikti Wilayah XI berlokasi di Banjarmasin dengan wilayah kerja Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.
  12. LLDikti Wilayah XII berlokasi di Ambon dengan wilayah kerja Provinsi Maluku dan Maluku Utara.
  13. LLDikti Wilayah XIII berlokasi di Banda Aceh dengan wilayah kerja Provinsi Aceh.
  14. LLDikti Wilayah XIV berlokasi di Biak dengan wilayah kerja Provinsi Papua dan Papua Barat.
  15. LLDikti Wilayah XV berlokasi di Kupang dengan wilayah kerja Provinsi NTT.
  16. LLDikti Wilayah XVI berlokasi di Gorontalo dengan wilayah kerja Provinsi Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara.

LLDikti mempunyai peran yang penting sebagai kepanjangan tangan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dukungan layanan peningkatan mutu dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Baca juga: SEVIMA dan LLDIKTI Sumut Kerjasama Pecahkan Masalah Administrasi Kampus

Dengan adanya pembagian wilayah LLDikti akan memudahkan proses koordinasi atau kerja sama antar perguruan tinggi di berbagai wilayah di Indonesia. Kini, Anda lebih mengenal LLDikti, baik tugas maupun cakupan wilayahnya, kan? Jadi, kampus Anda berada di wilayah LLDikti yang mana?

 

Gambar : Canva.com

Tags:

LLDIKTI

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×