7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 16 Jun 2023

Apa Itu Single Sign On (SSO), Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Kemajuan teknologi memudahkan kita untuk mengakses banyak aplikasi atau situs. Salah satu masalah yang dirasakan pengguna banyak aplikasi adalah lupa password saat akan login akun. Sangat manusiawi memang manusia bisa saja lupa, namun jika ini sering terjadi bisa berisiko pada keamanan akun atau Anda harus kerepotan mengurus administrasi.

Untuk mengatasi resiko tersebut, hadir suatu sistem login yang disebut dengan Single Sign On (SSO). Mungkin bagi banyak orang istilah ini masih sangat asing. Jadi, untuk lebih jelas apa itu Single Sign On (SSO), manfaat dan cara kerjanya, yuk langsung simak.

Baca juga: SEVIMA Bersiap Tingkatkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi Berstandar Internasional Melalui ISO 27001

Pengertian Single Sign On (SSO)

SSO adalah suatu sistem autentikasi yang dirancang untuk menanggulangi  masalah lupa kata sandi pada sebuah akun serta memudahkan pengguna untuk masuk ke banyak situs atau aplikasi sekaligus. Sistem ini sudah dapat digunakan oleh organisasi institusi bahkan perguruan tinggi.

Prosesnya sangat mudah, ketika Anda membuat akun untuk pertama kalinya, sistem akan menyimpan informasi username dan password untuk digunakan pada beberapa aplikasi. Contoh yang biasa terjadi yaitu, ketika Anda sudah log in google dan ingin masuk website tertentu, Anda akan ditawari membuat akun baru atau login dengan akun Google. 

Tidak hanya itu, SSO dapat memberikan berbagai manfaat bagi penggunanya, diantaranya:

Manfaat Single Sign On (SSO)

1. Mudah dan Hemat Waktu

SSO dapat mengurangi beban administrator IT ketika terjadi pemutusan kontrak kerja karyawan. Karyawan yang sudah keluar otomatis tidak dapat melakukan login di akun perusahaan. Sehingga ini akan mempersingkat waktu dan mengurangi resiko kesalahan yang dilakukan admin.

2. Keamanan Pengguna Terjamin

Dengan sistem ini, keamanan menjadi hal yang utama, apalagi terkait identitas. Sehingga sistem ini juga didukung dengan Two-factor authentication (2FA) yang memungkinkan pengguna untuk melakukan verifikasi ganda dan  multi factor authentication (MFA) yang mengharuskan pengguna verifikasi dua kali atau lebih.

3. Tidak Khawatir lupa password

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa banyaknya akun memberikan peluang untuk seseorang menjadi lupa. Untuk itu dengan adanya SSO ini membuat seseorang lebih merasa terjamin karena tidak perlu menggunakan kredensial yang berbeda-beda untuk banyak akun.

4. Akses Cepat

Kebutuhan akan penggunaan aplikasi pada waktu yang sama dapat menyebabkan aplikasi error atau terjadi gangguan malware. Itu bisa dihindari dengan SSO, seluruh karyawan atau yang berkepentingan dapat mengakses aplikasi dengan cepat dan mudah.

Cara kerja Single Sign On (SSO)

Sudah kita ketahui bahwa penggunaan SSO ini dapat memberikan manfaat pada keamanan akun. Untuk itu, kita harus mengetahui bagaimana cara kerjanya, disadur dari Gudang SSL,  berikut ini adalah cara kerja SSO, yaitu: 

  • Pertama, pengguna mengakses suatu aplikasi atau website yang diinginkan, yang disebut dengan service provider.
  • Kemudian service provider mengirim sebuah token yang memuat beberapa informasi tentang pengguna seperti email ke sistem SSO (identity provider), sebagai bagian dari permintaan untuk mengautentikasi pengguna tersebut.
  • Identity provider lalu akan mengecek apakah pengguna sudah diautentikasi. Jika sudah, Identity provider akan memberikan izin akses kepada pengguna untuk mengakses service provider.
  • Bila pengguna belum masuk, maka akan diminta memverifikasi kredensial yang disediakan oleh identity provider, bisa berupa username dan password, serta autentikasi tambahan dengan mengirimkan kode OTP.
  • Setelah proses validasi selesai dilakukan, identity provider mengirimkan kembali token kepada service provider untuk mengonfirmasi bahwa autentikasi telah berhasil.
  • Token yang diterima service provider telah divalidasi sesuai kesepakatan yang diatur sebelumnya (misalnya service provider tidak akan menyebarkan identitas pengguna yang telah didapatkan dari identity provider, dll).
  • Pengguna berhasil mendapatkan akses terhadap service provider.

Baca juga: Waspada! Ini Pentingnya Security Password buat Keamanan Data Kamu

Itulah penjelasan apa itu Single Sign On (SSO), manfaat dan cara kerjanya. Saat ini, SSO dapat menjadi solusi yang memudahkan bagi para pengguna untuk bisa mengakses banyak aplikasi hanya dengan satu kredensial saja. Sehingga, sistem ini sudah diimplementasikan di banyak perusahaan atau institusi.

Nah, SEVIMA Platform sebagai platform pendidikan sudah menggunakan metode Single Sign On (SSO), sehingga menggunakan platform pendidikan seperti sistem informasi akademik, sistem elearning, sistem akreditasi, hangga cukup menggunakan satu login untuk mengakses semua platform, sehingga lebih mudah dan meningkatkan produktivitas civitas kampus. Bagaimana siap menggunakan teknologi SSO dengan SEVIMA Platform?

 

Gambar: Canva.com

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×