Dunia Dosen | Dunia Kampus

Apa yang Dimaksud Lokakarya? Pengertian, Ciri-Ciri & Persiapannya

SEVIMA.COM – Setiap permasalahan kerap kali muncul di kehidupan sehari-hari, salah satunya permasalah yang terjadi di lingkungan dunia pendidikan. Permasalah disini perlu dicari titik tengan dan jalan keluarnya, seperti penentuan kurikulum, capaian belajar sebuah mata kuliah, mata kuliah di sebuah program studi dll. Permasalahan yang terjadi tersebut kerap kali harus dimusyawarahkan untuk ditemukan jalan keluarnya.

Oleh karenanya, dibutuhkan sebuah wadah untuk melakukan musyawarah dan mufakat agar permasalahan tersebut bisa terselesaikan. biasanya , wadah seperti itu disebut sebagai Lokakarya atau workshop. 

Baca juga: Apa Fungsi dan Manfaat SISTER bagi Dosen

Apa Itu Lokakarya?

Lokakarya adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya. Lokakarya ini biasa juga disebut sebagai workshop. Di mana kegiatan yang diadakan biasanya dibahas langsung bersama para ahli. 

Tak hanya itu, kegiatan yang dilakukan ini akan mencari solusi atau permasalahan yang terjadi. Biasanya para ahli di bidang pendidikan ini akan melakukan kegiatan secara rutin pada waktu tertentu. 

Beberapa orang yang biasanya terlibat pada acara ini adalah pendidik, manajer, pemimpin perusahaan, dan juga ahli di bidang khusus. 

Ciri-ciri Lokakarya

Ciri-ciri lokakarya tersebut bisa Anda temui seperti ulasan di bawah ini:

  1. Masalah yang dibahas akan spesifik. Biasanya berasal dari permasalahan para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. 
  2. Seluruh proses penyelesaian masalah tersebut biasanya dilakukan dengan cara musyawarah. Selain itu juga dilakukan observasi terhadap bidang keilmuan tersebut. 
  3. Untuk bisa berpartisipasi aktif, para peserta kegiatan ini harus memiliki gagasan atau ide yang akan bertujuan untuk mencari solusi secara bersama-sama. 

Baca juga: Dosen, Ini 4 Aplikasi Yang Dapat Membantu Fokus Pada Peningkatan Kinerja

Langkah Persiapkan Lokakarya

Untuk melakukan dan melaksanakan lokakarya tersebut rupanya ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan. Beberapa di antaranya:

1. Menentukan tujuan 

Agar sebuah permasalahan bisa didapatkan dengan mudah, maka perlu adanya solusi dari permasalahan tersebut. Sehingga tujuan utama harus ditemukan secara jelas di dalam pertemuan ini. 

2. Melakukan identifikasi kebutuhan peserta

Setiap peserta wajib diidentifikasi dengan baik dalam setiap pelaksanaannya. Sehingga kebutuhan setiap peserta bisa terpenuhi dengan baik. 

3. Merancang presentasi

Untuk merancang presentasi ini, rupanya ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi. Beberapa tahapan tersebut antara lain:

  • Perkenalan topik, perkenalan diri dan kelompok
  • Melakukan penyusun daftar topik beserta sub topik pendukung 
  • Membuat aturan yang digunakan sepanjang kegiatan. 

4. Melakukan alokasi waktu

Agar proses bisa berjalan dengan lancar, maka tim panitia harus menyiapkan alokasi waktu. Sehingga seluruh proses yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar. 

Itulah beberapa ulasan singkat seputar lokakarya. Semoga kegiatan lokakarya yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar ya!

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar