Dunia Kampus

Aplikasi CBT SEVIMA Dapat Digunakan Untuk Tryout Uji Kompetensi (UKOM)

SEVIMA.COM – Uji Kompetensi atau singkatnya disebut sebagai UKOM, merupakan ujian yang diselenggarakan bagi calon tenaga kesehatan. Tujuan dari UKOM sendiri untuk mengasah kemampuan calon peserta di bidang masing-masing sebelum terjun ke instansi kesehatan, calon tenaga kesehatan harus lulus dalam melaksanakan UKOM. 

Selepas lulus UKOM nanti, mahasiswa atau lulusan kesehatan akan mendapatkan mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR).  Nah, STR  inilah yang penting untuk mengetahui uji kelayakan para calon tenaga kesehatan di masa yang akan datang. 

Untuk mendapatkan sertifikat UKOM, tak semudah seperti yang dibayangkan. Butuh proses dan upaya yang lancar agar proses pelaksanaan UKOM bisa berhasil. Salah satu upaya yang biasa dilakukan adalah dengan menyelenggarakan Tryout UKOM. 

Kegiatan tryout UKOM merupakan sebuah simulasi yang penting untuk memberikan pengalaman ujian nyata kepada mahasiswa dan lulusan kesehatan. Simulasi ini biasanya di setting seperti layaknya ujian UKOM pada umumnya. 

Baca juga: Tips Agar Mahasiswa Lulus UKOM dengan Nilai Maksimal

Manfaat Web Ujian Online (CBT)

Kegiatan tryout akan jauh lebih mudah bila menggunakan CBT (Computer Based Test). CBT sangat mudah untuk diaplikasikan saat pelaksanaan tryout karena berbasis komputer dan internet. 

Peserta hanya perlu memilih jawaban dengan menggunakan kursor saja. Seluruh soal ujian akan disajikan melalui komputer. Menariknya, seluruh peserta akan mendapatkan soal yang berbeda. 

Inilah yang membuat CBT jadi lebih mudah dipahami dan digunakan oleh penggunanya. Sehingga saat ujian berlangsung peserta bisa langsung mengetahui hasil yang didapatkan dari ujian tersebut. 

Saat pelaksanaan UKOM, para peserta akan dihadapkan dengan rangkaian soal dengan menggunakan sistem CBT. Metode ini tak hanya mempermudah panitia penyelenggara saja. Namun juga para mahasiswa yang mengikuti UKOM. Mereka akan jadi lebih awas dengan waktu pengerjaan soal. 

Jika proses tryout UKOM dilakukan dengan menggunakan CBT, maka akan membuat para peserta UKOM ini menjadi lebih terbiasa saat melaksanakan UKOM. 

Baca juga: Mengenal Uji Kompetensi (UKOM) Pada Perguruan Tinggi Kesehatan

Kegunaan CBT Sevima untuk tryout UKOM

Proses pelaksanaan ujian dengan sistem CBT SEVIMA  ini terbilang sangat mudah digunakan. Peserta bisa langsung memilih jawaban yang benar pada layar komputer. Semua proses ujian akan jauh lebih mudah dan tidak ribet. Para peserta akan jauh lebih fokus saat melakukan pelaksanaan. 

Berikut adalah beberapa kegunaan dan manfaat CBT SEVIMA saat tryout UKOM berlangsung, antara lain:

1. Nilai akan muncul otomatis

Seluruh nilai yang akan muncul pada CBT SEVIMA akan secara otomatis masuk ke nilai kelas perkuliahan. 

2. Mendeteksi kecurangan

Tak hanya itu saja, bagi para peserta tryout tersebut juga akan mendeteksi kecurangan yang diikuti mahasiswa. Inilah yang akan mempermudah penggunaan CBT SEVIMA saat melangsungkan tryout. 

3. Alur CBT sangat jelas

Alur CBT tersebut bisa diakses pada kelas perkuliahan yang digunakan untuk menentukan peserta perkuliahan. Kemudian bank soal ujian bisa disiapkan dan di masukkan ke dalam CBT akademik. 

Saat pelaksanaan, pelaksanaan bisa dimonitoring oleh panitia dengan sangat mudah. Dalam monitoring ini, para panitia akan mengetahui jumlah soal yang sudah berhasil diselesaikan peserta ujian. 

4. Bisa melakukan evaluasi hasil ujian

Ketika digunakan untuk tryout, panitia ujian bisa mengevaluasi hasil ujian peserta. Panitia bisa lebih mudah mengetahui soal mana saja yang mudah dan tergolong sulit untuk dikerjakan. 

Jadi, perguruan tinggi Anda dapat memanfaatkan CBT yang ada di aplikasi siAkad Cloud untuk tryout UKOM. Selamat mencoba!

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar