3 Hari Lagi - Sebelum Event SEVIMA Training – Mastering 360° Marketing Strategy for Campus Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 13 Jun 2023

Platform Tracer Study Sesuai Dikti untuk Meningkatkan Akreditasi 

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa paradigma akreditasi pendidikan tinggi adalah outcome-based accreditation. Tracer study ini dinilai penting karena menjadi salah satu kriteria evaluasi kinerja Perguruan Tinggi (PT) dan Program Studi (PS) untuk menilai luaran hasil pendidikan.

Tracer studi ini juga untuk pemenuhan Kriteria 9 tentang “Luaran dan Capaian Tridharma Perguruan Tinggi”. Seperti kita ketahui Kriteria 9 ini memiliki bobot penilaian paling tinggi diantara kriteria  yang lain. Bahkan, hasil tracer study pada kriteria ini telah dijadikan sebagai salah satu syarat perlu peringkat akreditasi Unggul dan Baik Sekali oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Selain itu, seperti yang tertuang dalam aturan DIKTI  Pelaporan Hasil Pelacakan Jejak Alumni (Tracer Study) Tahun 2022 bahwa Pelaksanaan tracer study dilaporkan sesuai dengan pelaporan indikator kinerja PT dan kementerian dalam 4 (empat) triwulan yaitu periode Maret, Juni, September dan Desember.

Baca juga: Tracer Study di UPMI Bali Beres dengan SEVIMA siAkadCloud

Kenapa Tracer Study Penting?

Dikutip dari laman lldikti3.kemdikbud.go.id, terdapat beberapa alasan mengapa tracer study sangat penting dilakukan di perguruan tinggi, diantaranya:

  1. membantu memahami tingkat kompetensi lulusan, 
  2. meningkatkan relevansi program pendidikan, 
  3. memperbaiki kualitas program pendidikan, 
  4. meningkatkan reputasi perguruan tinggi, dan 
  5. menentukan arah dan tujuan masa depan perguruan tinggi.

Baca juga: Tracer Study Masih Jadi Momok Bagi Perguruan Tinggi, Ini Solusinya!

Aplikasi Tracer Study Berstandar Dikti Meningkatkan Akreditasi 

Untuk memenuhi beberapa aturan dari pemerintah baik itu untuk akreditasi, Indikator Kinerja Utama (IKU) atau untuk menilai luaran hasil pendidikan, perguruan tinggi perlu memiliki tools atau aplikasi yang sudah memenuhi standar itu. Agar memudahkan mentracking para alumni dan mendapatkan kuesioner yang valid.

Salah satu sistem atau aplikasi yang sudah mengimplementasikan dan menyesuaikan dengan regulasi DIKTI adalah modul Karirlink di SEVIMA Platform. Karirlink merupakan salah satu bentuk platform Tracer Study yang sudah memenuhi standar Dikti. Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai sarana evaluasi dan pengembangan perguruan tinggi melalui data-data yang diperoleh dari alumni. 

Menariknya, Karirlink menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh lulusan baru atau alumni, perguruan tinggi, dan perusahaan hanya dengan mengaksesnya melalui handphone.

Meskipun sudah diterapkan dari dulu dengan berbagai manfaat, ternyata banyak perguruan tinggi belum memiliki sistem Tracer Study yang mumpuni. Karena itu, SEVIMA Platform menyediakan sebuah modul pelacak alumni (tracer study) terintegrasi untuk membantu pergurun tinggi dan juga pengembangan karir alumni. Seperti:

  • Menjalankan program Tracer Study Sesuai Standar PDDIKTI

Seperti disebutkan sebelumnya, Karirlink menyediakan tracer study yang dapat digunakan untuk memenuhi IKU1.  Sesuai standar Dikti, setidak terdapat 3 kuesioner yang harus diisi oleh alumni dalam jangka waktu 2 tahun, diantaranya pra tracer study, tracer study 1, dan tracer study 2. 

  • Penyebaran Email Kuesioner untuk Alumni

Tanpa perlu memasukkan data berulang kali, email kuesioner otomatis akan dikirimkan kepada alamat email mahasiswa yang telah lulus secara berkala sesuai jadwal yang telah ditentukan. Dengan kemudahan akses tersebut, alumni tidak perlu repot mengisi  data dari awal.

  • Dashboard Outcome Perguruan Tinggi Sesuai APT dan APS

Setelah hasil jawaban kuesioner tracer study diperoleh, data tersebut dapat diakses oleh pimpinan dan manajemen perguruan tinggi kapan saja dan dimana saja melalui dashboard. Kemudian, dari data yang ada dapat digunakan untuk mengevaluasi mutu perguruan tinggi. Pertanyaan “apakah sudah sesuai antara lulusan dengan kebutuhan industri atau apakah kurikulum yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan lulusan dimasa depan?”,  Idapat terjawab dengan hasil laporan tracer study. Selain itu,  Data itu juga difungsikan untuk pelaporan akreditasi, baik Akreditasi Perguran Tinggi (APT) dan Akreditasi Program Studi (APS).

  • Mempersiapkan Karier Mahasiswa dengan CV Builder

Untuk melamar pekerjaan, alumni harus membuat resume atau  Curriculum Vitae (CV).  Menariknya, fasilitas lainnya yang disediakan Karirlink adalah mahasiswa dapat membuat atau meng-update Curriculum Vitae (CV) dengan sangat mudah seperti update status.

  • Membuka Portal Lowongan Kerja, Event (Web & Mobile)

Sulitnya mencari pekerjaan pada platform yang terpercaya menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh Alumni. Untuk itu, Karirlink memfasilitasi para alumni dalam bentuk portal lowongan kerja yang dapat diakses melalui website dan aplikasi. Selain itu, terdapat berbagai event yang dapat meningkatkan keterampilan alumni untuk menambah peluang lolos seleksi lamaran.

  • Melamar pekerjaan melalui aplikasi

Kemudahan melamar pekerjaan menjadi salah satu fasilitas karirlink. Terdapat berbagai bidang dan perusahaan yang menyediakan lowongan di Karirlink. Alumni dapat dengan mudah mengaksesnya dan terjamin aman. Tidak perlu repot, hanya menggunakan handphone, alumni dapat mengirimkan lamaran pekerjaan.

Baca juga: Gandeng SEVIMA, IAIN Parepare Kembangkan Career Center dan Tracer Study bagi Alumni

Bagaimana sudah siap meningkatkan akreditasi dan mutu kampus?  Segera bergabung dengan Karirlink,  Anda dapat sukses laporan tracer study, membangun kerjasama mitra dan mendukung pusat karir kampus hanya dalam satu aplikasi. Dapatkan semua informasi tentang Karirilink di karirlink.id.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×