#revolutionizeEducation | Dunia Akademik | Kampus Merdeka | Regulasi Pendidikan Tinggi

Aturan Skema Konversi Nilai Untuk Kegiatan Kampus Merdeka

SEVIMA.COM – Sejak beberapa waktu lalu, Kemendikbud Ristek telah mengumumkan program yang akan dijalani oleh setiap perguruan tinggi. Program tersebut biasa disebut sebagai program Kampus Merdeka.

Program kampus merdeka merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaporkan oleh setiap perguruan tinggi ke Feeder PDDIKTI. Dalam melakukan pelaporan tersebut sayangnya tak semudah seperti yang dibayangkan. Ada beberapa rekan perguruan tinggi yang kurang paham dan mengerti bagaimana harus melakukan proses pelaporan kampus merdeka tersebut.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas. Berikut adalah Aturan Skema konversi Nilai untuk kegiatan Kampus Merdeka. Simak ulasan di bawah ini ya. 

Baca juga: Simak! Berikut Data Mahasiswa Kampus Merdeka yang Wajib Dilaporkan di PDDIKTI

Jenis Konversi Nilai Kegiatan Kampus Merdeka

1. Free Form

Dalam kegiatan kampus merdeka selama 6 bulan, sama artinya dengan menempuh sebanyak 20 SKS. Yang mana tak perlu lagi melakukan penyetaraan dengan mata kuliah atau Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang telah dirumuskan oleh program studi. 

Nilai yang dihasilkan dalam freeform ini kemudian akan ditulis sebagai portofolio di SKPI mahasiswa. 

2. Structure Form

Pada kegiatan kampus merdeka terdapat 20 SKS yang sesuai dengan kurikulum atau CPL yang telah ditempuh oleh mahasiswa. 20 SKS ini kemudian akan disetarakan dengan mata kuliah yang akan ditawarkan yang mana kompetensinya akan sejalan dengan kegiatan pada kampus merdeka.

 

3. Hybrid Form

Jenis konversi yang satu ini merupakan gabungan free form dan structure form. Jenis skema konversi ini menggunakan SKS dari mata kuliah existing dan mata kuliah tambahan (mata kuliah di luar dari program studi).

Contoh:

12 SKS Structure Form

  • Industri Proses Kimia : 3 SKS
  • Rekayasa reaksi Kimia : 3 SKS
  • Kontrol proses Kimia : 3 SKS
  • Unit Operasi : 3 SKS

8 SKS Free Form 

  • Problem Solving : 3 SKS
  • Kemampuan Komunikasi : 3 SKS
  • Leadership : 2 SKS

Baca juga: Penting! Alur Pendataan Kampus Merdeka di PDDikti Feeder

Lalu, dapat diterapkan di mana saja konversi nilai tersebut?

Ada beberapa program yang bisa diterapkan untuk melakukan konversi nilai. Beberapa program tersebut antara lain.

  1. Magang dan studi independen bersertifikat
  2. Kampus mengajar
  3. Pertukaran mahasiswa merdeka
  4. IISMA
  5. Wirausaha Merdeka

Dari beberapa aturan konversi tersebut Anda harus benar-benar dilakukan secara tepat sasaran. Dengan begitu kegiatan yang dilakukan pun bisa berjalan dengan lancar. Untuk memahami kemudahan dalam melakukan pelaporan perguruan tinggi, Anda bisa memanfaatkan PDDIKTI Feeder 4.0 Kampus Merdeka. Anda tak perlu pusing lagi terkait melakukan pelaporan PDDIKTI Feeder dengan implementasi kampus merdeka di perguruan tinggi Anda. 

Cukup gunakan siAkad Cloud agar pelaporan PDDIKTI terkait bisa diimplementasikan dengan mudah di kampus Anda. sehingga, kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pun bisa berjalan dengan lancar. Tunggu apalagi, inilah saat yang tepat untuk menggunakan siakadcloud.com

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar