Dunia Kampus | Pelaporan PDDikti

Penting! Alur Pendataan Kampus Merdeka di PDDikti Feeder

SEVIMA.COM – Aplikasi PDDikti Feeder sangat dibutuhkan untuk melakukan pendataan dan pelaporan data di sebuah perguruan tinggi. Mengingat pentingnya PDDikti Feeder bagi perguruan tinggi, maka tak heran jika aplikasi ini selalu dilakukan pembaharuan secara berkala. Saat ini PDDikti Feeder sudah memasuki update 4.1.

Fitur yang ada pada PDDikti Feeder 4.1 sudah disesuaikan dengan program Kampus Merdeka Merdeka Belajar (MBKM). Seperti yang kita tahu, terdapat 8 bentuk pembelajaran dalam kampus merdeka. Lalu bagaimana sih Alur Pendataan Kampus Merdeka di PDDikti Feeder?

Baca juga: Kumpulan Installer Feeder PDDikti All Version dari v.1 sampai v.4.1

Alur Pendataan Kampus Merdeka di PDDikti Feeder

Di dalam alur pendataan kampus merdeka, akan dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori pertukaran pelajar dan non pertukaran pelajar yang mana bisa Anda lihat pada bagan berikut ini: 

Gambar 1. Bagan alur pendataan Kampus Merdeka

Pendataan Kampus Merdeka Pertukaran Pelajar

Pada proses pertukaran pelajar ini nantinya akan dibagi menjadi dua hal, yaitu pertukaran pelajar internal dan pertukaran pelajar eksternal. Perbedaan pertukaran pelajar internal dan eksternal tersebut terletak pada proses pendataan nilai mata kuliah. Nah, proses pendataan nilai pertukaran pelajar internal biasanya didatakan langsung di kelas perkuliahan yang diambil peserta. 

Sedangkan pada pertukaran pelajar eksternal akan di dapat dari platform Kampus Merdeka yang mana nilainya didatakan langsung melalui fitur nilai transfer. Untuk memudahkan Anda dalam memahaminya, kami akan mengajar Anda untuk membahasnya satu per satu. 

  • Pertukaran pelajar internal

  1. Pada proses pendataan pertukaran pelajar internal ini, Anda bisa membuka Aktivitas Perkuliahan Mahasiswa pada menu Perkuliahan di laman PDDikti Feeder. 
  2. Setelah membuka laman tersebut, Anda bisa mengubah Status Mahasiswa menjadi Kampus Merdeka bagi mahasiswa yang mengikuti program tersebut. 
  3. Jika sudah Anda ubah, Anda bisa membuka menu Perkuliahan lalu buka Kelas Perkuliahan. Bagi mahasiswa yang sudah didatakan sebagai salah satu peserta kelas merdeka, maka mahasiswa tersebut bisa langsung dimasukkan ke sebagai peserta kelas yang akan dilaksanakan oleh prodi lain. 
  • Pertukaran pelajar eksternal

  1. Proses pendataan pertukaran pelajar eksternal ini bisa dimulai dengan membuka Aktivitas Perkuliahan Mahasiswa pada menu Perkuliahan pada aplikasi PDDikti Feeder. Pastikan untuk mengubah status mahasiswa menjadi kampus merdeka ya. Setelah mengubanya, Anda bisa memastikan bahwa mahasiswa tersebut bisa mengikuti kelas merdeka. 
  2. Setelah itu, Anda bisa membuka menu mahasiswa, kemudian pada Daftar Mahasiswa tersebut Anda bisa mencari daftar mahasiswa yang mengikuti program kampus merdeka. Setelah itu klik nama mahasiswa yang Anda cari. 
  3. Jika status mahasiswa sudah terdaftar sebagai peserta Kampus Merdeka, maka akan muncul fitur Nilai Transfer agar bisa mendatakan nilai hasil dari konversi kegiatan Pertukaran Pelajar tersebut. 

Pendataan Kampus Merdeka Non Pertukaran

  1. Proses pendataan pada aplikasi PDDikti Feeder untuk Non Pertukaran, bisa Anda mulai dari membuka Aktivitas Perkuliahan Mahasiswa pada menu Perkuliahan. Setelah itu, Anda bisa mengisi Status Mahasiswa menjadi Kampus Merdeka untuk mahasiswa yang mengikuti program itu. 
  2. Setelah sudah diubah, Kampus Merdeka Non Pertukaran pelajar kegiatan tersebut bisa didatakan sebagai Aktivitas Mahasiswa yang tertera pada menu perkuliahan. Pada laman ini, pastikan Anda memilih label Kampus Merdeka ya. 
  3. Apabila Anda sudah selesai mendatakan seluruh aktivitas mahasiswa, nilai-nilai tersebut bisa Anda konversikan pada menu Perkuliahan. Nah, barulah setelah itu Anda bisa membuka Konversi Kampus Merdeka. Setelah itu, Anda bisa mengkonversikan hasil aktivitas Kampus Merdeka pada mata kuliah yang relevan. 
  4. Perlu dipahami, untuk Non Pertukaran Pelajar, pendataan nilai dilakukan dengan konversi.

Baca juga: 5 Cara Kampus Pelaporan ke Feeder PDDIKTI, Mana Paling Efektif?

Itulah mekanisme yang bisa Anda terapkan untuk melakukan pendataan pada Kampus Merdeka di PDDikti Feeder. Dengan memahami langkah tersebut, diharapkan akan memudahkan Anda dalam mengaplikasikan program MBKM di kampus Anda. 

Bagi Anda, admin atau operator yang menangani pelaporan PDDikti perguruan tinggi yang tidak ingin merasakan ribetnya ini itu dalam update install Feeder PDDikti, mulai dari versi 1 hingga 4. Sayangi waktu Anda dan gunakan siAkad Cloud, bebas dari ini itu update Feeder PDDikti.

Bagikan artikel ini

Komentar