Flash News

Beralih ke Digital, PMB di IAIN Langsa Kurangi Penggunaan Kertas

SEVIMA.COM – Sebuah penyelenggara pendidikan tak bisa lepas dari penggunaan kertas. Padahal sejak beberapa tahun terakhir banyak kampanye terkait dengan pengurangan penggunaan kertas atau paperless untuk menyelamatkan lingkungan.

IAIN Langsa merupakan salah satu perguruan tinggi yang bisa mengurangi penggunaan kertas setelah melakukan transformasi digital. Bahkan penerimaan mahasiswa baru (PMB) yang semula menggunakan banyak kertas, kini sudah berkurang drastis.

Sekjur Bimbingan Konseling IAIN Langsa, Dedy Surya mengatakan sebelum beralih ke digital dalam penerimaan mahasiswa baru, banyak kertas menumpuk di kantor akademik. Namun hal itu tak lagi terjadi sekarang.

“Sekarang dengan menggunakan aplikasi PMB sangat terbantu, tidak ada lagi kertas yang menumpuk di kantor akademik kami,” kata Dedy kepada SEVIMA.

Ia mengatakan IAIN Langsa melakukan transformasi digital bekerjasama dengan platform SEVIMA dengan menggunakan produk SEVIMA siAkadCloud. Pertama kali yang dilakukan dalam melakukan transformasi digital yakni pengisian KRS secara online.

“Setelah pengisian KRS online, layanan digitalisasi yang dikembangkan lagi yakni PMB, baik pendaftaran dari jalur mandiri maupun pendaftaran ulang,” ucapnya.

Menurutnya setelah menggunakan SEVIMA siAakadCloud pihak kampus bisa mengurangi penggunaan kertas atau paperless dalam jumlah yang cukup banyak.

Platform SEVIMA memiliki aplikasi ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (Aplikasi CBT). Aplikasi ini merupakan solusi yang tepat untuk perguruan tinggi, karena Aplikasi CBT telah banyak digunakan di Indonesia.

Aplikasi CBT Komputer juga bisa digunakan untuk membuat Try Out dalam rangka Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Tes Bahasa Inggris (IELTS atau TOEFL), maupun Seleksi Pegawai Negeri Sipil (SKD Kedinasan / CASN), tes, perlombaan, dan berbagai macam ujian lainnya. Baca lebih lengkap dengan klik artikel berikut sevima.com.

Seperti diketahui produksi kertas mencapai 331 juta ton pada tahun 2002 (Holik,2006 dalam N. Nurul Q, 2014;25). Angka ini naik tujuh kali lipat sejak tahun 1950.

Pengunaan kertas dapat merusak lingkungan, mengingat bahan utama kertas adalah kulit pohon. Berapa banyak pohon yang harus ditebang untuk memenuhi kebutuhan kertas jika tidak segera beralih ke digital?

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar