Dunia Dosen | e-learning | Tips & Trik

Cara Membuat Modul Perkuliahan Daring yang Efektif dan Menarik

SEVIMA.COM – Akibat dari dampak pandemi, membuat seluruh lini harus merasakan perubahan yang sangat luar biasa. Tidak hanya dari faktor ekonomi saja, namun juga dari faktor pendidikan. Perkuliahan online digadang-gadang sebagai salah satu solusi yang bisa digunakan selama masa pandemi ini. Sayang, tidak semua dosen bisa mengemas metode ini dengan sangat menarik.

Kesulitan tersebut dikarenakan belum lengkapnya sistem dan aplikasi yang memadai. Sehingga, dosen memerlukan strategi yang tepat untuk menjalankannya. Dengan adanya metode perkuliahan online ini, dosen harus siap dan tepat untuk menyampaikan perkuliahan online tersebut. Sebagai pengajar yang profesional, dosen diharapkan bisa mengatasi permasalahan ini dengan cepat.

Untuk mengatasi permasalahan ini, dosen perlu untuk membuat metode agar mencapai Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dengan baik, meskipun dilakukan secara online. Lalu, apa saja strategi yang harus dimiliki seorang dosen dalam menciptakan suatu pembelajaran yang efektif? Berikut ulasannya.

1. Pelajari implementasi kuliah daring/online yang baik

Yang harus Anda lakukan adalah pelajari lebih dalam tentang perkuliahan online. Seperti prosedur penggunaan fitur yang ada di aplikasi/Learning Management System (LMS). Dengan mempelajari ini akan membantu Anda untuk menentukan materi perkuliahan yang ingin disampaikan, bagaimana penyampaiannya, hingga tahap evaluasi pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Selain mempelajari tentang sistem perkuliahan online, Anda juga bisa mengikuti Webinar-webinar yang mengulas tentang perkuliahan online, untuk bekal Anda dalam melakukan pembelajaran yang lebih efektif dan menarik.

2. Pahami karakteristik mahasiswa, Apakah bersahabat dengan teknologi

Setelah mempelajari tentang implementasi kuliah online, yang harus Anda lakukan adalah pelajari kebiasaan mahasiswa Anda, apakah para mahasiswa banyak mengetahui tentang teknologi/tool yang sekarang Anda gunakan. Pastikan semua mahasiswa paham tentang LMS yang digunakan, agar perkuliahan berjalan dengan baik.

Selain itu pelajari juga apakah mereka cukup mudah memahami penyampaian materi dengan menggunakan satu media pembelajaran saja? Lakukan pengamatan dan berinteraksi secara langsung dengan mahasiswa Anda agar mendapat cara yang pas untuk menyampaikan materi. 

3. Pelajari lebih dalam mata kuliah yang akan disampaikan

Sebelum menyampaikan materi, menyiapkan materi sangat diperlukan. Buatlah materi semenarik mungkin sesuai dengan kreativitas yang Anda miliki. Menyiapkan materi semenarik mungkin, sangat diharapkan untuk menghindari tingkat kebosanan mahasiswa dalam perkuliahan online. 

4. Buatlah presentasi pengajaran yang menarik

Selain mempersiapkan materi, pembuatan presentasi juga sangat dibutuhkan untuk mengaturnya semenarik mungkin. Dengan membuat presentasi ini lebih menarik, maka dosen bisa melakukan pendalaman dan penyampaian materi kepada mahasiswa lebih efektif.

5. Siapkan berbagai macam metode pembelajaran online

Untuk mengatasi perkuliahan yang dilakukan secara online, dosen diharapkan menyiapkan materi dan metode yang efektif. Banyak dosen yang kerap kali menyampaikan materi secara monoton. Ini menyebabkan mahasiswa menjadi malas dan bosen mengikuti perkuliahan online. Untuk mengantisipasinya, dosen dan kampus harus menyediakan platform yang memadai. Dengan demikian, kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar.

6. Buatlah penugasan yang menarik

Meskipun kegiatan belajar mengajar tidak dilakukan secara tatap mata, Anda perlu membuat penugasan yang menarik dan bisa dilakukan walaupun secara online, seperti pembuatan podcast atau video untuk memacu kreativitas mereka. Dengan begini, daya saing serta produktivitas mahasiswa akan semakin meningkat.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kuis online, dan pembuatan kuis online ini bisa berkaitan dengan studi kasus yang bersinggungan dengan kehidupan mahasiswa akan membuat mereka agar lebih bersemangat untuk menyelesaikannya. 

7. Pahami standar evaluasi dalam kuliah online

Bikin standar evaluasi khusus untuk pembelajaran online. Standar ini dibuat untuk mengingat metode pembelajaran online berbeda dengan offline. Disini Anda harus mempertimbangkan aspek distraksi saat belajar, materi yang disampaikan, hingga jenis penugasan yang Anda buat. Anda dapat memberikan bobot penugasan lebih tinggi jika dirasa poin penting dalam pembelajaran ada di penugasan, sedangkan ujian akhir hanya sebagai pendukung.

Menerapkan metode-metode tersebut diharapkan bisa membantu para dosen untuk mencapai capaian pembelajaran dengan baik. Meskipun seluruh kegiatan dilakukan secara online, harapannya seluruh kegiatan belajar mengajar masih tetap bisa berjalan seperti semestinya. 

Nah, bagi Anda para pengajar yang ingin mendalami metode-metode pembelajaran tersebut, nantikan ulasan detail yang akan Anda temukan pada Webinar SEVIMA. Bagi Anda yang belum bergabung, kami undang Anda untuk berdiksusi bersama pemateri terbaik melalui laman berikut ini.

Bagikan artikel ini

Campuspedia
Instagram
Komentar
[gs-fb-comments]